Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
kerashati's Avatar
kerashati kerashati is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,992
Rep Power: 16
kerashati mempunyai hidup yang Normal
Default [BUKAN UNTUK UMUM] Kode Khusus Pilot(Pesawat Penumpang) kepada Awak Pesawat

dijamin no repsol gan, kalau HT sy dihubungi ya gan.., kalau bermanpaat biasalah gan sendolnya



mudah2an thread kali ini insya Allah akan menambah wawasan agan ttg dunia airlines yg keren dan menarik utk dibahas, walau agan belum pernah naik pesawat(krn sy tau pasti komennya banyakan "gak pernah naik pesawat gan.." hihi) tapi lihatlah (hehehe; ketawa sinis) setelah membaca tulisan ini agan klo naik pesawat nanti, sudah bisa cerita sama teman di samping seat agan dgn penuh percaya diri dan seolah-olah sudah pernah naik pesawat hampir tiap hari kyk eksekutip pulang pergi luarnegeri..hehe

bae�lah, langsung saja, eh sekali lagi sy ulangi



[UNTUK PERTAMAX KALIX NYA DIPOSTING DI KASKUS]:

[BUKAN UNTUK UMUM]




Tulisan ini sy beri tajuk:

Kode-kode Perintah Pilot Maskapai Penerbangan kepada Awak Pesawat





Sebelum kita bahas istilah kode2 khusus pilot di kokpit untuk awak pesawat/flight attendant/pramugari/pramugara, lebeh bae� kita bahas dulu istilah2 dlm dunia maskapai penerbangan:


[/spoiler][spoiler=open this] for istilah:






Apron Tempat parkir pesawat

Baggage / Bagasi Barang barang bawaan

Boarding Naik ke pesawat

Booking Proses pemesanan dan pembelian tiket

Cabin Attendant Tim Kabin atau lebih dikenal dengan Pramugari atau Pramugara

Cabin Crew Kru Pramugari atau Pramugara

Check In Pendaftaran calon penumpang yang sudah mempunyai tiket, sebelum keberangkatan

Dangerous Goods Barang-barang yang termasuk dalam daftar membahayakan keselamatan penerbangan

Departure Kota asal Keberangkatan

Delay Keterlambatan keberangkatan atau kedatangan

Destination Tujuan akhir suatu penerbangan

Divert Mendarat di bandara yang bukan tujuan � dialihkan ke bandara lain

E-ticket Tiket pesawat elektronik, dikirim dari internet booking engine ke email sebagai bukti pembelian

Landing Mendarat

Pax (Passenger) Penumpang pesawat udara

RON (Remain Over Night) Pesawat tinggal untuk bermalam

Take off Meninggalkan landasan

Reservasi Pemesanan tiket baik melalui online maupun offline

Runway Landasan untuk pesawat mengambil ancang-ancang dalam take off atau juga sebagai tempat landing









dan utk melengkapi thread ane ini, Agan2 perlu tau nih istilah Flight Attendant (FA) dan istilah Cabin Attendant (CA).

sebenarnya gan artinye sama saja awak pesawat/pramugari/pramugara

Yuuk mari langsung ke tulisan intinya



Sebenarnya kode2 khususnya berbeda setiap maskapai penerbangan tapi polanya agak mirip2lah setiap maskapai dalam maupun luar negeri

Kita mulai dari saat kita mulai masuk pesawat dan duduk m4NieZt, saat pintu pesawat sudah mulai ditutup dan sesaat lagi akan mulai take off.





melalui speaker pesawat (yg juga terdengar oleh kita penumpang), si pilot akan bilang kode begini untuk flight attendant/awak pesawat/pramugari/pramugara:



�Flight Attendant, door closed, arm slide and report�

Atau �door closed,arm slide and crosscheck�
kalau di maskapai amrik biasanya bilang begini � Flight attendants � please prepare doors for departure / opening and cross check�

Artinya si awak pesawat disuruh utk menutup pintu, dan memastikan semuanya telah di cek keamanannya dgn bae�..

Setelah itu jika semuanya sdh di cek, biasanya kita akan mendengar lagi si awak akan menjawab:

�Door closed, slide armed and crosscheck�



Lalu setelah itu saat mau take off,

kita akan dengar si awak akan mereport lagi kepada pilot dengan bilang :

�Cabin Ready for takeoff�

artinya semuanya sudah siap utk take off



Lalu saat mau landing (mendarat) passing 10.000ft, kita akan mendengar dari pilot di kokpit akan memerintahkan awak dgn kode :

�flight attendant, prepare for arrival� atau �flight attendant, 10 minutes to land�



Saat kabin sudah siap, terus dia akan report lagi ke pilot dgn bilang:

�cabin ready for landing�

Setelah itu kita akan dengar lagi pilot akan mengumumkan begini:



�flight attendant, on station secured for landing� atau �Station Potition�





saat mesin sudah mati total di parking gate, pilot akan mengumumkan begini kepada awak

�flight attendant, disarm slide and crosscheck�



ada lagi nih fakta menarik, ternyata Setiap 15 minutes F/A harus call ke cockpit untuk crosse check keadaan didepan. Aman kah? Masih sadar kah? Setahu saya cuma satu-satunya airline di Indonesia yang standardnya begini.

Nah bagaimana klo dalam kondisi darurat/emergency?, Allahul Musta�an..,(mudah2an tidak terjadi ), biasanya kan klo emergency gan si awak sudah terlatih utk tetap dalam kondisi tidak panic, lah..kita sebagai penumpang yg dgn muka2 lugunya pasti tidak tau kecuali jika nampak keras guncangannya seperti turbulensi keras dll,� nah biar kita tau klo situasi sebenarnya bagaimana2, mari kita liat deh apa kode announce pilot kepada awak, jika terjadi emergency si pilot akan memerintahkan begini kepada awak:

�Cabin crew on station� atau �cabin crew emergency stations� atau �ting tong�



Nah bagaimana jika situasi emergency tadi sudah bisa ditangani?

Maka kita akan mendengar pilot akan mengumumkan kepada awak begini:

�remain seated. situation under control�







sekian dulu yah gan postingan kali ini, semoga bermanfaat. jangan lupa dirate ya gan

terimakasih untuk http://www.indoflyer.net/forum/



sumber: www.rezamaulana.com



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 10:41 AM.


no new posts