Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge > Gossip & Gallery

Gossip & Gallery Gossip, artist, images of unique and interesting all here.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 14th November 2011
priatampan's Avatar
priatampan priatampan is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: Nov 2011
Posts: 5,852
Rep Power: 21
priatampan mempunyai hidup yang Normal
Default Disain pembangunan jembatan jawa-sumatera (jembatan selat sunda)



satu lagi rencana pembangunan maha karya anak Indonesia gan, jembatan selat sunda, ga tau ya ini udh ada yg ngepost belum, tp saya mau bagi bagi info aja, moga moga aja belum..




Spoiler for karya besar bangsa Indonesia:















Quote:





Jembatan Selat Sunda adalah salah satu proyek besar pembuatan jembatan yang melintasi Selat Sunda sebagai penghubung antara Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Proyek ini dicetuskan pada tahun 1960 dan sekarang akan merupakan bagian dari proyek Asian Highway Network (Trans Asia Highway dan Trans Asia Railway). Dana proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) direncanakan berasal dari pembiayaan Konsorsium diperkirakan menelan biaya sekitar 10 miliar Dollar Amerika atau 100 triliun rupiah yang akan dipimpin oleh perusahaan PT Bangungraha Sejahtera Mulia {BSM). Menurut rencana panjang JSS ini mencapai panjang keseluruhan 31 kilometer dengan lebar 60 meter, masing-masing sisi mempunyai 3 lajur untuk kendaraan roda empat dan lajur ganda untuk kereta api akan mempunyai ketinggian maksimum 70 meter dari permukaan air. JSS telah dilakukan Soft Launching 2007 Jembatan Selat Sunda dan akan dimulai pembangunannya pada tahun 2010 dan diperkirakan dapat mulai dioperasikan pada tahun 2025.












Quote:





Jembatan Selat Sunda Ditawarkan ke China

Kompas

Kompas - Jumat, 9 April



JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menawarkan megaproyek Jembatan Selat Sunda senilai Rp 100 triliun ke China. China menyiapkan 15 miliar dollar AS untuk diinvestasikan ke negara-negara ASEAN. Indonesia bisa memanfaatkan untuk menyelesaikan jembatan penghubung Jawa-Sumatera itu.



�China menyiapkan dana besar ke ASEAN, termasuk untuk Indonesia. Kami mendorong proyek yang meningkatkan konektivitas antarwilayah, antara lain Jembatan Selat Sunda,� kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Kamis (8/4).



Guna menarik investor China, Indonesia menawarkan investasi di infrastruktur dan pengembangan industri manufaktur. Dana asal China tersebut akan dipertukarkan dengan mata uang negara masing-masing.



Ada dua opsi yang bisa diambil terhadap status dana dari China, yakni menjadi dana investasi atau pinjaman proyek. �Kami belum tahu seperti apa skema yang tepat. Namun, kami menyiapkan profil proyeknya,� ungkap Hatta.



Pemerintah telah memegang lima kajian pembangunan Jembatan Selat Sunda, dibangun berupa jembatan, terowongan dasar laut, atau terapung di bawah permukaan laut seperti terowongan yang menghubungkan Inggris-Perancis saat ini.



Jika opsi terowongan yang dipakai, nilai investasinya Rp 49 triliun, jangka waktu pemakaian 20 tahun. Adapun jika berupa jembatan, butuh investasi Rp 117 triliun, tetapi daya tahannya sanggup menampung lonjakan kendaraan hingga 100 tahun.



Pada 2050 diprediksi arus lalu lintas di jalur itu 57.600 kendaraan per hari. Jika mengandalkan penyeberangan feri seperti saat ini, maksimal hanya melayani



18.000 kendaraan per hari. Sementara jika dilakukan kombinasi feri dan terowongan, masih 32.900-49.500 kendaraan per hari pada 2050 yang tidak dapat tertampung di penyeberangan Selat Sunda.



Berdasarkan pertimbangan itu, opsi membangun jembatan menjadi pilihan karena bisa menampung semua kendaraan hingga 100 tahun terhitung sejak 2030, saat jembatan selesai dibangun. Jembatan akan dibangun dengan enam jalur untuk dua arah, dilengkapi rel ganda kereta api.



Bentuk kelompok kerja



Terkait hubungan dagang dengan China, kata Hatta, ia akan membentuk kelompok kerja Indonesia-China, yang membahas keluhan industri yang memproduksi 228 jenis produk. Produk- produk itu bakal terkena perdagangan bebas ASEAN-China.



Saat ini neraca perdagangan Indonesia ke China defisit. Ini karena ada impor peralatan untuk proyek pembangkit listrik 10.000 MW yang sangat besar. �Peralatan itu harus impor meskipun tidak dari China, mungkin dari Eropa,� ujar Hatta.



Ekonom Iman Sugema menegaskan, persaingan dengan China harus dimenangi karena setiap penurunan daya saing akan berdampak pada penambahan pengangguran di Indonesia meski di sisi lain, munculnya barang buatan China membuat kesejahteraan rakyat meningkat.



�Harga barang China murah sehingga daya beli masyarakat membaik. Namun, terjadi tekanan di sisi produsen,� ungkap Iman. (OIN)






Spoiler for channel thunnel di europe:



















Spoiler for terowongan dasar laut:















Spoiler for perkiraan disain jembatan:


























segitu gan info yang bisa saya kasih, semoga bermanfaat, kalo info kurang berkenan, mohon maap gan, maklum, saya masih nubie..

klo ga keberatan, berikan penghijauan gan, ehehehe



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 06:46 AM.


no new posts