Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 18th September 2010
GadoGado's Avatar
GadoGado GadoGado is offline
Ceriwis Geek
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 13,165
Rep Power: 32
GadoGado memiliki kawan yg banyakGadoGado memiliki kawan yg banyakGadoGado memiliki kawan yg banyak
Default All About Nitrous

Ntrous... atau bekennya dari N2O ini sering disamakan dengan NOS atau nitrous oxide system. sebetulnya NOS adalah merk nitrous buatan Holley Motor Company...

nitrous ini, apapun merknya prinsip kerjanya sama. nitrous yg mengandung N2O ini kondang di ajang balap terutama drag race n tuning di modifikasi mesin.

cara kerjanya, nitrous yg berbentuk cair dalam tabung bertekanan ini cepet menguap di tekanan atmosphere. senyawa ini yg masuk ke combustion chamber ini pecah menjadi 2 unsur yaitu nitrogen dan oxygen... kadar oxygen di senyawa nitrous oxide ini melebihi 1/2 kadar oxygen di udara. bercampurnya oxygen ini dengan senyawa hidrokarbon yg selalu terdapat di bahan bakar seperti bensin, solar maupun alkohol ini menghasilkan tekanan kompresi yg ngedongkrak tenaga mesin dlm waktu instan selama nitrous ini masih berada di chamber... peranan nitrogen disini adalah sebagai pendingin... kompresi n output tenaga yg instan ini bakal menghasilkan panas yg meningkat instan juga... struktur diatomik nitogen di N2 ini sangat stabil sehingga boost besar pun memungkinkan...

penggunaan purge valve yg sering dikatakan ''keren'' ini sebetulnya ada gunanya... purge valve ini fungsi utamanya sebagai alat pembuang angin di saluran. sehingga nitrous langsung berada di selenoid.

tipe pemasangannya ada beragam

1. wet system
pemasangan diantara manifold n throttle body. atau single nozzle di saluran intake. pemasangan ini mencampurkan nitrous dan bahan bakar di nozzle sehingga dinamakan wet system... pemasangan ini relatif paling simple n settingan lebih mudah.

2. dry system
pemasangan ini membutuhkan extra injektor buat bahan bakar... pemansangan nozzle di saluran intake. nitrous akan bercampur dengan bensin di extra injektor ini, lalu kemudian bercampur lagi dengan injektor bahan bakar, baru masuk ke chamber. pemasangan n settingan lebih rumit karena setting air-fuel ratio lebih susah. carnya bisa dengan mengakali MAF sensor. nozzle ini biasanya diset dlm sudut 90 derajad.

3. direct port system
pemasangan yg paling rumit. ini membutukan pengeboran di manifold. pemsaangan yg langsung ke intake port mesin. prinsipnya mirip dengan wet system. cm nozzle yg bercampur bahan bakar+nitrous ini disalurkan secara mandiri ke tiap cylinder. ada lagi jenis direct system yg multi-point. ini menghasilkan tenaga paling besar. nitrous disalurkan memalui 1 nozzle utk 1 cylinder. ini juga memungkinkan pemasangan selenoid yg lebih besar.

masuknya nitous ini via selenoid n fogger.. jenisnya pun beragam.

pemakaian nitrous identik dengan kecepatan instan n tenaga instan. banyak yg terjadi di mesin utk menghasilkan ini. salah satu yg perlu diketahui, penambahan tenaga ini selain jg identik sama panas, identik juga dengan kenaikkan kompresi. kenaikkan kompresi ini yg bnisa mengakibatkan mesin berumur pendek.

buat mobil n/a
kompresi yg udah tinggi disarankan utk tidak memasang nitrous dengan settingan yg tinggi. ini sangat fatal buat mesin. hanya settingan rendah yg dianjurkan buat keawetan mesin di jangka panjang.

buat mobil forced-induction
baik turbo maupun supercharged. pemasangan nitrous juga harus diperhitungkan secara teliti sebagai mana hanya mesin n/a. walaupun mesin forced-induction udah berkompresi rendah, disaat boost masuk, kompresi naek drastis. ini menghasilkan lonjakan tenga yg besar. disaat kompresi tinggi oleh boost, pemakaian nitrous bisa fatal klo gak disertai timing, setting yg tepat. boost yg tinngi oleh turbo/supercharger, ditambah nitrous bisa berakibat komponen mobil rusak. mulai dari head, valves. sampe piston, conrod bahkan sampe crankcase klo extreme... ada juga yang sampai retaknya blok dikarenakan mesin gak bisa menahan lonjakan kompresi dan panas yg dihasilkan nitrous.

pemasangan nitrous, apapun tipe n merknya. harus dipasang di orang yg mengerti dan ahli.

merk terkenal seperti pencetus nitrous, NOS. sampe NX express, VENOM n merk laen2nya udh menbuat sytem nitrous... VENOM merupakan salah satu merk termahal disini. ini dikarenakan udah dilengkapi dengan modul utk mengatur settingan nitrousnya.

Sekian infonya... semoga berguna buat semua...! /no1

Reply With Quote
  #2  
Old 12th January 2011
logite's Avatar
logite logite is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Location: Room OTO & all ...
Posts: 2,679
Rep Power: 53
logite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophet
Default

info menarik nih
buat yg suka drag....ijin sundul ndan..
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 12:32 AM.


no new posts