Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
Motorjagoan's Avatar
Motorjagoan Motorjagoan is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 975
Rep Power: 14
Motorjagoan mempunyai hidup yang Normal
Default [SHARE INFO/TIPS] valve seats beda bahan, beda khasiatnya gan cekidot !





permisi agan agan nih ane mau sekedar share info/tips lagi buat yg mau ubah valve seats motor agan-agan..

langsung sajaaaa ke obrolannya







[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for buka gan:




Banyak hal di kepala silinder, tak hanya sebagai sarang kem dan katup saja, melainkan ada hal-hal mendetail, seperti kubah silinder, sudut klep maupun dudukan klep atau valve seats. Berbicara soal valve seats ini, ada banyak bahan baku bisa digunakan.

Aplikasinya banyak, mulai dari tunggangan harian, hingga kebutuhan untuk balap yang sudah menggunakan klep lebar, seperti diameter 24 dan 28. Otomatis, perlu dudukan klep berbeda dibanding standarnya,

Soal bahan pun beragam, ada yang terbuat dari besi cor, lantas bahan bronze dan besi KNL. Umumnya yang dipakai adalah bahan ancuran (besi cor,red), dan bronze.

Bahan ancuran itu, biasanya dipakai menggantikan valve seats bawaan pabrik yang sudah aus. Bawaan pabrik pun menggunakan bahan ancuran, namun sudah mengalami proses hardening sendiri agar lebih kuat,

Biasanya, valve seats standar ini bisa habis setelah terkikis karena proses skir klep. Lantas, untuk menggantikannya lagi dipakai bahan yang mirip aslinya. Sedangkan bronze, digunakan pada tunggangan balap yang memang kinerjanya lebih berat.

Bahan bronze cukup kuat, banyak dipakai pada motor-motor balap, Bahan ini mengandung magnesium, aluminium dan besi, Jadi, cukup kuat meski ringan.

Daya tahannya pun cukup lama, jika dipakai setahun seri balap pun tak akan rusak. Tetapi, umumnya karena benturan antara klep dan piston, bisa mempengaruhi daya tahan valve seats dan bos klepnya,

Maklum saja, tunggangan balap kerap pakai piston dengan kompresi tinggi alias jenong, bukan tak mungkin mengalami benturan dengan klep.

Lalu, jika ingin awet bagaimana? "Ketika melakukan skir klep, sebaiknya tak menggunakan bahan amril seperti biasanya, cukup gunakan autosol saja,

Untuk membuat valve seats ini, biaya yang diperlukan adalah Rp 600 ribu untuk bahan KNL dan Bronze serta Rp 500 ribu untuk bahan besi ancuran alias besi cor.

Tak hanya valve seats, bahan bronze juga dipakai untuk bos klep. Bisa disesuaikan dengan batang klep yang mungkin diameternya lebih lebar...




keterangan : kalau agan-agan mau nyoba pun bisa ke bengkel-bengkel yg menyediakan/bisa mengubah dari bahan ancuran ke bronze( biasanya bengkel balap menyediakan/bisa ngubahnya gan)









beberapa pict bahan dan pict sudut klep




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for bahan:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for bahan lagi:















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for sebelum terpasang:















[spoiler=open this] for terpasang bahan bronze:














buat pict ane copas dari mbah google gan hehe





sekian dari ane gan dan ane gak nerima
tapi kalo dikasih dengan senang hati ane terima gan hehe...

maaf kalo trit ane gak berkenan atau kurang srek sama agan ane terima kritik dan saran agan agan yaahh





TESTIMONIAL with my THREAD => SCARYMARY




Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 10:53 PM.


no new posts