Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
PalingBisa's Avatar
PalingBisa PalingBisa is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 336
Rep Power: 13
PalingBisa mempunyai hidup yang Normal
Default AC Mobil Tidak Dingin ? Coba periksa beberapa komponen ini..

AC Mobil Tidak Dingin ? Coba periksa beberapa komponen ini..





Salah satu persoalan yang Selalu dikeluhkan pemilik mobil adalah penyejuk udara (Air Conditioner/ AC) yang tak dingin.

Kadangkala, meski volume disetel maksimum hawa kabin masih terasa panas dan pengap.



salah 1 masalah tersebut Bisa juga disebabkan masalah pada kompresor. Alat ini berfungsi sebagai pompa.

�Tapi belum tentu semuanya rusak, bisa saja ada beberapa komponen kompresor yang tak berfungsi,�



Lalu apa saja komponen pendukung yang rawan rusak?





MAGNETIC CLUTCH (magnit,Pulley dan Center Piece)

Magnet Clutch Compressor merupakan magnet buatan dengan memanfaatkan energi listrik aki mobil untuk menarik centerpiece kompresor agar melekat pada pulley kompresor

sehingga centerpiece memutar as kompresor mengikuti putaran pulley kompresor.

Namun apabila magnet Clutch tidak bekerja maka akan mengakibatkan sistem A/C tidak jalan alias panas tidak dingin lagi,

ini bisa di sebabkan oleh magnet clutch yang rusak/ terbakar / lemah.

dan Pulley Pada magnetic clutch berfungsi menyalurkan tekanan dari Center Piece agar menekan gas freon ke sistem AC, sesaat setelah mesin diaktifkan.

Bila pulley dan Center Piece aus, maka tekanan ke kompresor untuk memompa freon juga tidak maksimal. Akibatnya, AC tidak dingin.

Tak hanya itu. Akan muncul suara berisik seperti gesekan "Srogg.." ketika perangkat tersebut diaktifkan.

Hal itu terjadi gesekan antara pulley dan Center Piece tidak pas.




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Magnetic Clutch:






Pully





Magnet





Center Piece





Magnetic Clutch













Fuse / Sekring & Relay.

Bila sekering putus, maka arus listrik tidak akan mengalir ke kompresor. Walhasil, freon tak akan bersirkulasi dan AC tak dingin.

Karena itu, jika AC mobil anda tak dingin, jangan segera memvonis freon habis atau komponen AC bermasalah. Sebaiknya periksa dulu sekring listriknya.

Jika sekring tidak putus silahkan check ke Relay / Amplifiernya.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Fuse, Relay & Amplifier:






Fuse





Relay





Amplifier













Seal atau �O� ring

Komponen ini bentuknya seperti karet gelang atau huruf 'O'. Fungsinya untuk merekatkan sambungan antar bagian AC agar tekanan udara tidak bocor.

Seal karet itu rentan robek atau rusak karena faktor usia.

Karena itu, bila Anda memperbaiki AC, penggantian seal harus diprioritaskan..

"Walapun keliatannya masih bagus, sebaiknya diganti saja apabila sambungan nepel sudah dibuka, karena jika tidak, khawatir bisa terjadi kebocoran nantinya."









Kipas kondensor / Extra Fan

Perangkat ini bertugas mengalirkan udara agar kondensor mampu mendinginkan Freon yang panas.

Pada beberapa mobil, kipas ini menyatu dengan kipas pendingin mesin, contoh seperti mobil : Nissan Livina, Toyota Avanza, dll.

Masalah yang sering terjadi adalah, putaran kipas melemah / Mati Total.









Filter dryer

berfungsi untuk menyerap kotoran dan uap air yang terbawa bersirkulasi bersama Freon, Jika Komponen ini tersumbat akan menyebabkan ac tidak dingin.

Filter Dryer itu sebaiknya diganti setiap 1 tahun sekali dan berbarengan dengan service, sebab jika ingin menganti komponen yang 1 ini, freon harus terbuang.




[spoiler=open this] for Receiver Dryer Filter:






Dryer Filter Kia Carens 2





Dryer Filter Mercy New C-Class





Dryer Filter BMW 318i E36





Jeroan Dryer Filter















Katup ekspansi

Katup expansi berfungsi untuk merubah Wujud Freon yang Tadi nya panas menjadi supper dingin lalu masuk ke evaporator.

Katup expansi dilengkapi pegas katup, bola thermal, dan diafragma.

Katup ditekan oleh pegas agar selalu menutup sedangkan bola thermal selalu berusaha mendorong katup untuk membuka.

Bila peranti itu kotor atau tersumbat, maka gas Freon tidak akan tersembur maksimal. dan efeknya juga membuat ac jadi tidak dingin..











Oli kompresor berkurang atau habis


bila oli berkurang atau habis, kinerja sistem AC pun terhambat.

Walhasil, kinerja kompresor terganggu dan hawa dingin dari AC tak mengalir. dan yang paling parah jika oli Habis bisa menyebabkan kompresor MACET / Jebol.









Freon Kurang / Habis

Freon itu pada dasarnya tidak akan pernah berkurang / habis jika tidak terjadi kebocoran, karena cara kerja freon pada sistem pendingin apapun hanya bersirkulasi saja.

jadi jika ac mobil tidak dingin karena terdeteksi freon kurang, sebaiknya di check terlebih dahulu Kebocorannya dimana,

setelah diperbaiki kebocorannya setelah itu baru diisi freon kembali.



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:01 AM.


no new posts