FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
|||||||
|
|||||||
![]() This Thread is proudly Present by ![]() Teman-teman ceriwiser mungkin pernah melakukan pengiriman barang melalui kurir-kurir terkemuka di Indonesia. Entah pengiriman ini untuk tujuan bisnis (mungkin yang punya Online Shop seperti saya) ataupun untuk tujuan pribadi. Nama-nama yang terkemuka terkadang tidak menjamin bahwa barang yang agan kirim akan sampai di tempat tujuan dengan selamat, apalagi untuk barang-barang yang mudah rusak. Maklum, namanya juga manusia, pasti tidak ada yang sempurna....hehe.... Nah di sini, saya yang punya sedikit pengalaman dalam hal pengiriman barang-barang yang mudah rusak (kebetulan online shop saya menjual kerajinan tangan kertas yang rentan rusak). Banyak sekali kejadian-kejadian yang saya alami mulai dari Barang sampai ke tempat tujuan dalam keadaan rusak sampai layanan Yakin Esok Sampai yang baru benar-benar "sampai" 3 hari kemudian.... Namun sebelumnya, saya mengingatkan terlebih dahulu bahwa artikel ini tidak ditujukan untuk menjelek-jelekan suatu Kurir tertentu, melainkan untuk membantu teman-teman ceriwiser dalam melakukan pengiriman barang melalui kurir yang dipercayai masing-masing,,,, Berikut tips-tipsnya : [/quote] Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Originally Posted by cahyariduo ![]() ane mau nambahin om....pengalaman ane dalam jual beli online.....dan alhamdulillah sampai hari ini belum pernah ada kendala berarti..... 1. pastikan menulis nama, alamat dan no telp dengan jelas......baik pengirim maupun penerima.....karena kebanyakan kita malas mencantumkan alamat dan no telp pengirim dengan jelas ........ini berguna semisal alamat pengiriman kita kurang jelas, pihak kurir akan menghubungi pengirim untuk menanyakan alamat dan no telp penerima kembali....... 2. jika perlu bikin dengan tulisan besar HUBUNGI PENERIMA UNTUK PROSES PENGANTARAN........ 3. jangan menipu isi kiriman...artinya...isi kiriman HP di bilang acessoris.....karena ketika hilang yang diganti paling 10x ongkos kirim sesuai deskripsi resi kiriman... ingat...pastikan itu tertulis jelas di RESI pengiriman.....biasanya kita dikasih kertas Bukti Pemeriksaan Isi Kiriman......... 4. jika nilai barang menurut kita riskan...jangan takut untuk di asuransi kan....karena nilai asuransi itu 0.2% dari nilai barang gan......walau asuransi ini untuk asuransi kehilangan....bukan kerusakan........(lebih baik sedia payung sebelum hujan kan).............. 5. tambahkan packing kayu dan bubble pack agar supaya kiriman itu aman dan terjaga sampai di tujuan ( pastikan juga di resi ada tulisan PACKING KAYU)....... 6. jika kiriman itu berupa dokumen ada baiknya di bungkus plastik didalam ...... 7. Pastikan kiriman kita tidak menyalahi regulasi penerbangan bukan hanya regulasi Jasa Kurir....di tiap tempat kita melakukan pengiriman pasti ada pengumuman ini...kalo perlu searching di gugel......seperti :Parfum, Cairan, Senjata Tajam maupun makhluk hidup karena untuk case tertentu ada peraturan tambahan : misal nya untuk makhluk hidup harus ada surat karantina, untuk parfum maupun cairan kayaknya emang gak bole di regulasi penerbangan.... 8. lihat jenis servis kiriman yang kita lakukan dan pastikan dimonitor via web atau telp kantor terdekat dikota anda...... 9. jika terjadi : a. kiriman telat tidak sesuai servis, segera hubungi Costumer Service nya.....kalo di JNE, paket YES bisa garansi uang kembali loh.....dan jangan bosan menghubungi....kalau perlu datangi kantor nya b. jika kiriman kita hilang, jangan di komplain cuma lewat telepon....datangi langsung kantornya....bawa resi kiriman....dan biasanya respon sangat cepat dibandingkan lewat telepon....biaya pergantian kiriman biasanya 14 hari kerja paling lama gan......disini perlu kerja sama dan pihak pengirim dan penerima mendatangi kantor dan harus pro aktif.......... 10. pastikan barang jualan anda sudah dibayar, karena sudah banyak kasus penipuan...jangan takut gunakan rekening bersama.....dan pastikan isi kiriman anda benar.....karena jika pembeli anda tidak membayar dan isi kiriman anda salah.....pihak kurir akan kerepotan untuk menarik kiriman anda...... sekian tips tambahan dari ane gan......ini merupakan hasil pengalaman pribadi dan hasil diskusi dengan teman yang punya counter / tempat pengiriman barang....... Sekian Tips-tips dari ane, apabila agan-agan punya tips yang lain boleh dishare supaya kita semua bisa lebih aman dalam melakukan pengiriman. [/center] Terkait:
|
![]() |
|
|