Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 27th May 2012
kuningtelur's Avatar
kuningtelur kuningtelur is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2012
Posts: 1,948
Rep Power: 16
kuningtelur mempunyai hidup yang Normal
Default [FYI Matic Moto Owner] Pentingnya Oli Gardan

Thread ini saya mulai untuk membahas pentingnya oli gardan/oli gear/oli belakang pada motor matic anda seperti Mio, Xeon, Mio Soul, Vario, Beat, Scoopy, Spacy, Skywave, Spin, Skydrive dsb.



Tadinya saya ingin membuat thread ini di FR2 agar lebih masuk & nyambung sama bahasannya, namun setelah saya pikir2 lebih baik di lounge supaya ceriwiser yang umum juga mengetahui info ini.



Mulai yah ceritanya..



Seorang bapak yang mengendarai Mio berwarna hijau berhenti mendadak saat menjelang berbuka puasa di depan bengkel terpercaya motopit, ban belakangnya mengunci sangat keras hingga sama sekali tidak bisa digerakan. Salah satu anggota tim dari motopit melihat hal tersebut dan langsung memindahkannya ke lokasi workshop motopit dengan cara ban belakang digotong bersama 2 orang.



Kecurigaan sudah merebak dengan munculnya bau hangus yang sangat menusuk dari rumah CVT Mio tersebut, bersamaan dengan ban belakang mengunci dan tingginya suhu di bagian rumah CVT yang tidak seperti biasanya, maka yakinlah 100% bahwa masalah pasti berada di bagian CVT. Dengan penanganan yang sigap, tim motopit segera membuka rumah CVT dan menemukan akar masalahnya.



Rupanya kampas gardan Mio tersebut hancur menjadi serpihan yang juga mengenai mangkuk gardannya.



Sebelum membahas kelanjutan masalah ini, mari kita sedikit review mengenai sistem kerja motor matic

secara sederhana.




[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Gambar CVT Matic:




Sumber gambar : http://arantan.files.wordpress.com/2...rantan-cvt.jpg














Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Cara Kerja CVT Motor Matic:




Sumber : http://autocini.blogspot.com/2009/05...ada-matic.html



Semua komponen CVT terdapat pada boks CVT atau secara kasat mata bentuknya adalah lengan ayun sebelah kiri motor matik kita, yang terlihat begitu besar dan berat. Disitu terdapat tiga komponen utama yaitu puly depan(Drive Pulley), puly belakang(Driven Pulley) dan v-belt. Puly depan dihubungkan ke crankshaft engine(kruk-as), sedangkan puly belakang dihubungkan ke as-roda. Yang menghubungkan puly

depan dan puly belakang adalah v-belt.





Pada saat stationer atau putaran rendah, puly depan memiliki radius yang kecil dibandingkan dengan puly belakang atau rasio gigi ringan. Seiring dengan bertambahnya putaran mesin (rpm), maka puly depan

radiusnya juga ikut membesar sedangkan puly belakang justru mengecil atau sama dengan rasio gigi berat.





Untuk kerja v-belt hanya menghubungkan kedua puly tersebut agar dapat berjalan secara bergantian. Jadi saat puly depan membesar maka yang menyebabkan puly belakang mengecil adalah karena desakan dari

v-belt, karena panjang v-belt selalu sama pada proses ini.



Karena kerja CVT yang linear, maka mesin matik dapat menghasilkan akselerasi yang halus tanpa adanya kehilangan tenaga.



Driven Pulley terdiri dari beberapa bagian yang perlu pelumasan agar bisa bekerja optimal.











Setelah saya berbicara dengan sang pemilik, ternyata bapak tersebut tidak mengetahui mengenai adanya yang namanya oli gardan matic. Sejak baru sampai hari yang mempertemukan saya dengan bapak tersebut, Mio-nya telah berjalan 19ribuan kilometer tanpa diganti oli gardannya sekalipun.



Hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini.


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Kampas gardan & Mangkuk gardan yang hancur:
















Kampas gardan Mio tersebut hancur menjadi serpihan yang juga mengenai mangkuk gardannya, menyebabkan kampas gardan dan mangkuk gardan perlu diganti baru saat itu juga, jika tidak maka Mio-nya tidak akan bisa berputar roda belakangnya.



Setelah cerita-cerita, ternyata kejadian ini merupakan kejadian kedua yang dialami oleh Mio sang bapak, kejadian sebelumnya terjadi kurang lebih 3 minggu sebelum kejadian ini, V-belt Mio nya putus ditengah jalan, yang menyebabkan si bapak harus menggantinya dibengkel terdekat dengan harga yang cukup tinggi.



Biaya yang dikeluarkan si bapak sudah sangat jauh melebihi dari harga oli gardan yang beredar di pasaran.




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Beberapa contoh Oli Gardan yang ada dipasaran:














Dengan harga Oli Gardan yang berkisar 10ribuan dan anjuran pabrikan bahwa setiap 3x ganti oli mesin, ganti oli gardan 1x, sungguh bukan biaya yang besar jika kita rutin menggantinya bukan?



Umumnya CVT hanya perlu diservis pada sekitar 10ribuan km, dan umumnya umur dari V-belt adalah 25ribuan km, dimana kampas gardan & mangkuk gardannya bisa jauh lebih panjang lagi umurnya.



Disini saya tidak ada maksud untuk sok tahu atau menggurui(hanya sekalian iklan terselubung untuk bengkel motopit kami ), apalagi buat jualan oli gardan. Disini saya hanya berusaha memberikan informasi yang saya ketahui untuk anda-anda sekalian yang memiliki motor matic agar tidak kejadian seperti bapak ini.



Jadi jika next time anda servis atau ganti oli motor matic anda, silahkan informasikan ke mekanik anda bahwa anda ingin juga oli gardannya diganti.



Walaupun saya tidak ada bermaksud iklan bengkel, namun tidak ada salahnya kan untuk menyebutkan alamat bengkel saya, siapa tahu ada yang daerah kegiatannya di Joglo dan sekitarnya, bisa mampir disini.





motopit adalah bengkel motor terpercaya yang hadir di Joglo, Jakarta Barat.



Alamat kami :

Jalan Joglo Raya no 24A, Joglo, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Opening Hour:

Senin s/d Jumat - 9.30 s/d 19.30, Sabtu 9.00 s/d 17.00

Minggu by appointment only.


[spoiler=open this] for Peta Lokasi:












Kontak : 021-99559748



Kalaupun tidak datang ke motopit juga tidak ada masalah, namun bagi yang sudah merasa terbantu dengan thread ini mohon bantuannya untuk dan minta bagi yang udah ISO.



Sekali lagi bukan maksud jualan, tapi kalo ada yang perlu produk-produk motor dibawah ini, silahkan di klik aja linknya yang menuju lapak ane di FJB.



Motobatt-Aki Motor Teknologi Gel. Aki motor bebek, matic, sport, super sport dsb.

HID 9Nine incl Pasang

Set Cakram Belakang+Teromol Jari2 Yamaha




Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 08:34 AM.


no new posts