FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() ![]() ![]() Dari penampilan website nya, saya biasanya mengecek apakah website itu dirawat atau diupdate secara berkala. Jika web seperti tampak tak diurus, harga produk yang tertera beda dengan yang dijual, maka Anda perlu lebih waspada lagi. Saya memahami bahwa toko online tak selalu diupdate produknya. Seandainya diupdate, mungkin penambahan barang atau perubahan harga dan ongkos kirim. Tapi saya selalu membiasakan untuk selalu memberi ucapan semacam Happy Sunday atau Happy Weekend untuk menandakan bahwa toko online saya itu masih hidup dan kredibel. 2. Kontak yang bisa dihubungi Cari dan simpan nomor hape, nomor telepon rumah (kalau ada), yahoo messenger, email dan alamat kantor (jika ada). Karena toko online bisa dibuat oleh perorangan, ada kalanya alamat kantor ini tidak dicantumkan. Kebanyakan juga, penjual tak memiliki barang yang ready dan toko untuk menyimpan barang. Tak masalah asalkan kontak yang bisa dihubungi tertera jelas dan aktif. Untuk menghindari kesan sebagai penjual gadungan, saya membiasakan untuk selalu membalas setiap pertanyaan yang masuk sesegera mungkin. Entah itu via email, BBM, Yahoo Messenger, SMS bahkan via telepon. 3. Tidak mengangkat telpon Calon pembeli biasanya menanyakan hal-hal yang sebenarnya sudah ada di website. Mungkin ia sebenarnya ingin mendengar suaramu, yang benar-benar nyata manusia dan bukan mesin penjawab telpon. Angkatlah telpon walaupun itu tidak penting. Bukankah telpon dicantumkan agar calon pembeli bisa menelpon kamu? 4. Contact support yang lambat Bayangkan jika kamu akan membeli sebuah sepatu, dan menunggu satu jam untuk dilayani. Padahal kamu hanya ingin bertanya apakah ada ukuran yang lebih besar. Pikiran yang mungkin timbul adalah: �Ini orang niat jualan gak sih?�, atau mungkin: �Saya mau beli kok gak diladeni!�. Begitu pula calon pembeli. Segera respon SMS/BBM/YM/Telpon secepat mungkin agar calon pembeli merasa bahwa ia memang benar-benar diperhatikan. 5. Contact support tak lengkap Tak semua orang memiliki BlackBerry dan tak semua orang mau membuka Yahoo Messenger hanya untuk menghubungimu. Sediakan contact support yang selengkap mungkin seperti: YM, Pin BB, Email, SMS, Telpon dan mungkin juga Skype. 6. Menggunakan satu rekening saja Ada kalanya di daerah luar Jawa, sebut saja Banjarmasin, Manado, Samarinda dll jarang ada atau bahkan tak ada Bank BCA. Karena itu, sediakan rekening alternatif seperti Bank Mandiri dan Bank BNI. Minim, sediakan BCA dan Mandiri. Akan lebih baik lagi jika rekening yang disediakan lebih dari yang saya sebutkan. Tips: buat rekening atas nama perusahaan yang terdaftar secara hukum, contoh: UD�, CV�, PT� 7. Menomor satukan harga Harga murah memang seperti gula manis yang disukai semut. Tapi jangan semata-mata karena harga murah, kamu jadi seenaknya memperlakukan pelanggan. Perlu diperhatikan bahwa pertama yang dilihat mungkin harga/produk. Tapi setelah mereka bercakap-cakap denganmu, servis-lah yang nomor satu. Meski harga sedikit lebih mahal, saya jamin calon pembeli akan membeli barangmu asalkan servis ramah dan memuaskan. 8. Ketidakpastian kapan barang dikirim Ketersediaan produk biasanya tidak pasti, apalagi jika produk dibuat sesuai orderan, contoh: kue kering. Tapi bukan berarti kamu harus �menggantung� calon pembeli. Beri kepastian kapan produk tersedia dan siap dikirim. Sertakan juga estimasi lama pengiriman. Tips: biasanya jika menjelang Lebaran atau hari raya besar lainnya, ekspedisi akan mengalami hambatan. Jadi, tanyakan dulu kepada ekspedisi yang bersangkutan mengenai kepastian estimasi pengiriman. Online Support Online support 24 jam? Kenapa tidak! 9. Loading web yang sangat berat Rata-rata pengunjung sabar menunggu loading website sekitar 5 � 15 detik. Lebih dari itu, jangan harap mereka akan membeli produk di website kamu. Desain yang bagus memang harus, tapi bukan berarti loading berat kan? Tips: Optimasi gambar yang digunakan dengan Photoshop. Bila perlu, slice gambar menjadi ukuran kecil sehingga proses loading lebih cepat. Gunakan gambar yang disimpan di server sendiri. 10. Tak ada alamat Mayoritas orang Indonesia masih takut jika disuruh berbelanja online. Karena itu, cantumkan alamat website yang jelas sehingga orang tau jika lapak kamu benar-benar nyata. 11. Tak ada petunjuk cara pembelian Sediakan halaman khusus untuk menjelaskan cara membeli barang di website kamu. Bagian yang paling sulit ialah: membuat cara yang rumit menjadi semudah mungkin bagi calon pembeli. 12. Website seperti tak ada penghuninya Maksud saya disini ialah, bagaimana pengunjung bisa merasakan website tersebut diperbaharui secara berkala atau bahkan tiap hari? Tips: Sediakan semacam news bar untuk memberitahukan kondisi hari ini, ucapan selamat hari raya atau sekedar mengucapkan selamat berakhir pekan. 13. Bekerja Di Deler Resmi setidaknya memberikan profil deler resmi (foto-foto) yg sesuai agar konsumen tau tataletak pengambilan BPKB atau STNK . SCARA BANYAK YG BILANG RESMI PADAHAL ORANG TERSEBUT TIDAK BEKERJA DI TEMPAT TERSEBUT ini bisa merugikan pihak pembeli. Yang Melayani Penjualan Sepeda Motor YAMAHA Baru, Baik Secara Kredit, Maupun Cash / Tunai , Dan Ber-Garansi Resmi. Kami Melayani Penjualan Satuan Maupun Kolektif. Perorangan Maupun Coorporate. Sementara Ini Kami Hanya Melayani Kredit Untuk Wilayah : Jakarta, Depok, Tangerang, Dan Bekasi Fasilitas Kredit Oleh : [/spoiler] Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
Terkait:
|
![]() |
|
|