Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Business > Dunia Kerja

Dunia Kerja Tips-tips dan cerita seputar dunia kerja

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 6th May 2011
blueparadise's Avatar
blueparadise blueparadise is offline
Super Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 5,258
Rep Power: 114
blueparadise has disabled reputation
Default 4 Solusi Mengatasi Konflik di Kantor

Dalam dunia kerja, pasti menemui berbagai karakteristik rekan kerja. Pemikiran dan pandangan antar rekan kerja pun memiliki perberbedaan. Nah, perbedaan itulah yang kerap menimbulkan konflik.

"Pada saat kita bertemu orang, bahkan sahabat atau soulmate sekalipun pasti menemukan konflik," ujar psikolog Ratih Ibrahim, saat ditemui Wolipop pada acara Rexona di Jakarta Theater, Rabu (20/04/2011).



Jadi, sebenarnya wajar saja jika konflik terjadi. Konflik memang terkesan menyulitkan. Sehingga perlu diatasi secara bijak, agar situasi yang menekan dapat terlewati dengan baik. Apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan konflik? Berikut tipsnya !

1. Berpikir rasional

Dalam menghadapi masalah, berpikir rasional sangat penting. Dengan mengalisa permasalahan secara logis, maka lebih mudah dalam memecahkan masalah rumit.

"Kita harus punya kapabilitas dan mampu melihat konflik dari atas. Dengan begini, kita jadi bisa rasional dalam menganalisa sebuah konflik," tutur Ratih.

2. Persiapan

Ratih juga menambahkan untuk mengatasi sebuah permasalahan dibutuhkan persiapan. Dengan mempersiapkan dan membuat rencana-rencana, maka akan lebih mampu dan percaya diri saat menghadapi sebuah permasalahan.

"Persiapan juga penting. Jadi, kita harus antisipatif terhadap kemungkinan konfliknya yang akan terjadi. Kalau diri kita mantab kita mampu mengantisipasi ketika berhadapan dengan masalah, sehingga menjadi lebih tangguh," papar Ratih.

3. Jangan bersikap sinis

Seperti dikutip eHow, hindari bahasa tubuh, ekspresi wajah dan nada suara yang menunjukkan permusuhan. Bersikap sinis seperti itu, malah memancing pertikaian yang lebih besar. Tunjukkan sikap asertif bukan agresif. Perilaku asertif adalah tingkah laku interpersonal yang mengungkap permasalahan secara terbuka, jujur, tegas dan langsung pada tujuan. Sikap asertif dilakukan untuk mencapai win-win solution, tapi tetap menjunjung nilai kesopanan tanpa saling memancing emosional.

4. Fleksibel

Keyakinan pada diri memang perlu ditanamkan. Tapi sebagai makhluk sosial, Anda tetap perlu fleksibel dan tidak terlalu berpegang teguh pada keyakinan. Seperti dikutip dari Morebusiness, dengan fleksibelitas lebih mudah untuk menyamakan visi.


Sumber : wolipop.com

__________________



Reply With Quote
  #2  
Old 20th December 2018
indah75's Avatar
indah75 indah75 is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Location: Klaten
Posts: 5,189
Rep Power: 16
indah75 mempunyai hidup yang Normal
Default

selesaikan masalah dengan cara yang profesional nanti akan selesai dengan baik, jangan terlalu menggunakan perasaan.
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 11:01 AM.


no new posts