FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Nah, yg satu ini mobil bertenaga angin yang ditenagai oleh baling-baling. Tentu saja yang ini memang tidak dirancang terbang. Melainkan ditujukan untuk dipakai jalanan seperti halnya mobil-mobil umumnya. Hanya saja kurang populer karena pengoperasiannya yg tidak mudah, keselamatan kurang, boros dan berisik. Tapi bisa memilikinya adalah satu hal yg sangat luar biasa.
Kenapa memasang baling-baling di mobil ? Ya karena Anda bisa ! Karena Anda ngga butuh transmisi, kopling, dan rem. Karena Anda dapat memanfaatkan tenaga angin dan mesin pesawat bertenaga besar, traksi yg besar dan tidak perlu mengkhawatirkan roda slip atau terjebak di lumpur atau salju. Beberapa dari mobil-mobil ini bahkan saat ini terlihat dioperasikan di pameran-pameran. Kebanyakan model mempunyai akselerasi yg rendah, dengan kecepatan maksimum yg bagus (hingga 170km/jam), boros, dan bising dari baling-baling. Tapi semua ini tidak menghalangi kebanggaan untuk memilikinya. Di awal tahun 1900-an ada beberapa kendaraan militer yang bentuknya sedikit gila; yg ini adalah sebuah "Sizaire-Berwick Wind Wagon" buatan tahun 1905 (dan beberapa model lainnya yg tidak diberi nama) Count Bertrand de Lesseps mendemonstrasikan Auto Aero-nya pada tahun 1912: ![]() Insinyur berkebangsaan Perancis Marcel Leyat membuat banyak "Helica", mobil-mobil bertenaga baling-baling buatan 1913 - 1926 (dibuat 30, dua diantaranya masih ada saat ini). Beberapa model mempunyai baling-baling yg terbuka, tak terlindungi, bagus untuk menyingkirkan sagala yang menghalangi jalannya. Sementara model-model yang lain ada yang dipasangi pelindung kayu. ![]() ![]() Beberapa Helica dibuat untuk dipacu, dan satu versi bahkan meraih rekor untuk kecepatan di trek balap Montlhery pada tahun 1927 dengan 170km/jam. Helica buatan 1922 yg kondisinya masih bagus (pemilik: Jean-Francois Bouzanquet) masih bisa ditemui di jalanan Perancis. ![]() Jika semuanya tidak berfungsi, copot rodanya dan masih bisa digantung di monorel. ![]() Tahun 1930 dan Kebangkitan Mobil Berbaling-baling Ada yg menarik dari ide mobil baling-baling streamline untuk Jerman. Ini adalah Maybach Experimental, dengan mesin pesawat 7 silinder radial dipasang di punggungnya. "Helicron" (1932) - satu contoh yg menarik ditemukan belum lama ini di Perancis tersembunyi di sebuah gudang. Sudah selesai diperbaiki, mesin 4-tak 2 silinder yg asli diganti dengan mesin 4 silinder berpendingin air dari Citroen GS (baling-balingnya dirangkai langsung ke crankshaft). Sudah dipertimbangkan mengenai keselamatannya untuk jalanan di Perancis dan mampu mencapai top speed 75km/jam. ![]() AeroCar Argentina (ditenagai mesin 6 silinder dari Chevrolet) bahkan dipertimbangkan untuk diproduksi massal di California 1995. Baling-baling yg sepenuhnya terbuka secara serius akan menyingkirkan pejalan kaki (customer potensial) di California, sehingga rencana ini tidak pernah direalisasikan. ![]() Atau lihat mobil-angin buatan 1985 ini yg baru-baru ini dijual di eBay seharga US 10.000 dollar. ![]() |
#2
|
||||
|
||||
![]()
kalo dilihat dari bentuk mobil'a..
kayak'a ragu ya kalw mobil ini bsa terbang ![]() |
![]() |
|
|