FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Gossip & Gallery Gossip, artist, images of unique and interesting all here. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Spoiler for Sekilas Goodyear: ![]() Spoiler for Pembuatan Ban: ![]() Quote: Pencampuran Bahan Pembuatan sebuah ban radial dimulai dengan mempersiapkan berbagai jenis bahan mentah seperti pigmen, zat-zat kimia, kurang-lebih 30 jenis karet yang berbeda, benang-benang, kawat bermanik-manik (bead wire) dan sebagainya. Proses lalu dimulai dengan mencampurkan bahan-bahan dasar karet dengan oli proses, warna hitam karbon, pigmen, anti-oksidan, akselerator dan berbagai zat tambahan lainnya. Masing-masing dari bahan ini menambahkan sifat tertentu dari campuran ( compound ) ini. Semua bahan ini diaduk dalam blender raksasa yang dikenal sebagai mesin Banbury. Mesin ini bekerja dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi. Bahan campuran yang panas, hitam dan lembek ini diproses berulang-ulang kali. Quote: Pencetakan Ban Setelah itu, karet ini didinginkan ke dalam beberapa bentuk. Biasanya diproses menjadi lembaran-lembaran yang lalu dibawa ke kilang pemisah. Kilang ini memasukkan karet tadi di antara pasangan penggulung (roller) berulang-ulang sehingga menjadi komponen-komponen ban. Mereka lalu dibawa dengan ban berjalan lalu menjadi dinding samping, telapak ataupun bagian-bagian lain dari ban. Ada jenis karet yang melapisi rajutan benang yang akan menjadi badan dari ban. Rajutan ini datang dalam rol-rol yang besar dan mereka juga sama pentingnya dengan campuran karet yang dipakai. Berbagai jenis benang dipakai, termasuk polyester, rayon atau nylon. Kebanyakan dari ban untuk kendaraan penumpang dewasa ini menggunakan badan yang terbuat dari benang polyester. Quote: Kawat Pengikat Sebuah komponen lainnya, yang berbentuk gulungan, disebut bead. Komponen ini memiliki dari kawat baja high-tensile yang berfungsi sebagai tulang ban yang akan menempel pada pinggiran velg mobil. Kawat baja tersebut diselaraskan dengan pita yang dilapis dengan karet untuk pelekat, kemudian digulung dan diikat untuk selanjutnya disatukan dengan bagian ban lainnya. Ban-ban radial dibuat menggunakan satu atau dua mesin ban. Di bagian dalam sekali dari ban ada dua lapis karet lembek sintetis yang disebut interliner. Lapisan-lapisan ini akan mengurung udara dan membuat ban menjadi tubeless. Quote: Lapisan Kemudian ada dua lapisan rajutan ply. Dua strip yang dinamakan apex membuat kaku area pas di atas bead. Lalu ditambahkan sepasang strip chafer, yang dinamakan demikian karena keduanya mencegah kerusakan yang diakibatkan pinggiran velg ketika ban dipasang. Mesin perakit ban membentuk ban-ban radial menjadi bentuk yang sudah sangat dekat dengan dimensi final untuk memastikan bahwa semua komponen yang berjumlah banyak itu berada dalam posisi yang tepat sebelum ban masuk ke mesin pencetak. Quote: Tapak Ban Lalu pembuat ban menambahkan sabuk baja yang menahan kebocoran dan menekan telapak ban ke permukaan jalan. Telapak ban adalah bagian terakhir yang dipasang. Setelah sebuah pemutar otomatis menjepit semua komponen sehingga menempel kuat satu dengan yang lain, ban radial yang kini disebut green tire kini siap untuk diperiksa dan disempurnakan. Quote: Pengadukan dan Pemanasan Bahan Alat penekan curing memberi ban bentuk final serta pola telapaknya. Alat yang panas seperti setrika membentuk dan memvulkanisir ban. Cetakan ini digrafir dengan pola telapak, kode-kode di dinding samping sebagaimana diwajibkan oleh peraturan yang berlaku. Ban-ban dipanaskan dalam temperatur lebih dari 300 derajat selama 12 hingga 25 menit tergantung ukurannya. Begitu mesin cetak terbuka, ban-ban akan keluar dari cetakannya dan langsung jatuh ke ban berjalan yang lalu akan membawanya ke bagian finish dan inspeksi terakhir. Quote: Pemeriksaan Kalau ada yang tidak beres dengan banatau dicurigai tidak beres, walaupun hanya cacat sedikit, ban itu ditolak (reject). Sebagian dari cacat bisa dideteksi hanya dengan mata dan tangan pemeriksa yang sudah terlatih, sebagian lagi baru bisa ditemukan menggunakan mesin-mesin khusus. Inspeksi tidak hanya di permukaan saja. Ada ban yang ditarik dari lini produksi dan diperiksa dengan X-ray untuk mendeteksi kelemahan-kelemahan yang tersembunyi atau kerusakan-kerusakan internal. Di samping itu, para teknisi pengendalian mutu secara rutin membongkar ban yang diambil secara acak untuk mempelajari setiap detil dari konstruksinya yang mempengaruhi performa, kenyamanan dan keselamatan pemakai. Spoiler for jenis-jenis ban: Quote: Penumpang Goodyear memproduksi ban untuk berbagai jenis kondisi berkendara. Dewasa ini mobil-mobil baru yang top biasanya menggunakan ban-ban yang lebih lebar, dengan profil rendah, yang meningkatkan pengendalian maupun penampilan. Ban-ban jenis ini menekankan daya cengkeram yang agresif dan respon. Di waktu lalu hal ini berarti kapabilitas yang terbatas dalam cuaca buruk, kompromi yang cukup besar pada kenyamanan dan usia telapak ban. Tetapi sekarang banyak ban Goodyear, termasuk ban-ban radial untuk performa ekstra tinggi dengan nama produk Eagle yang dibuat menggunakan teknologi terdepan memberikan performa yang mengagumkan, kapabilitas untuk mengatasi berbagai macam cuaca di samping kenyamanan dan daya tahan ban. EAGLE F1 Asymmetric ![]() With Active CornerGrip technology Eagle F1 GS-D3 ![]() Ban Radial High Performance yang unggul Excellence ![]() Goodyear Excellence, menghadirkan terobosan 3 Zone. Assurance ![]() Assurance Baru dengan ArmorGrip TechnologyTM dirancang untuk . Eagle NCT5 ![]() Khusus dirancang untuk kondisi jalan di Asia. Ducaro GA ![]() Responsif. Gaya. Tidak Berisik. Semuanya dalam satu ban. GT3 ![]() Dirancang dengan teknologi Bubble-BladeTM untuk memberi sistem rem pengendalian di jalan basah dan kering. Ducaro GDI ![]() Ban Awet Berpenampilan Sporty Quote: Pickup, Van and 4x4 Setiap kali Anda membawa kendaraan Anda off-road, kendaraan itu harus menempuh kondisi mengemudi yang berbeda dari kondisi jalan raya di kota . Apakah Anda menginginkan ban-ban khusus untuk off-road yang penuh dengan lumpur maupun aspal, atau hanya kenyamanan berkendara di perkotaan, Goodyear punya ban yang tepat untuk kendaraan Anda. Wrangler HP AllWeather ![]() Ban berukuran 4x4 yang pandai menyesuaikan diri Wrangler DT ![]() As Tough As The Roads They Drive On. Wrangler AT/SA ![]() Wrangler� yang Mengusung SilentArmor Technology Wrangler AT/S OBL ![]() Exclusively For SUV Owners. Wrangler AT/R OWL ![]() Wrangler MT/R ![]() As Tough As The Roads They Drive On. Cargo G28 ![]() Jarak tempuh jauh, tahan lama Quote: Truk Apapun jenis muatannya, apapun kondisi jalannya, anda akan mendapatkan ban yang tepat dari produk ban komersial nomor satu. Goodyear menjadi pilihan utama karena selalu memberikan inovasi tehnologi untuk aplikasi ban komersial. Pilihan kami yang beragam memberikan anda kebebasan untuk memilih. Oleh sebab itu pilihan anda menjadi sangat jelas, Goodyear � Selalu selangkah di depan. HI MILER G2020 ![]() Ban premium generasi terbaru dengan paduan sempurna pada ketahanan telapak. HI MILER G2020DT ![]() Ban generasi terbaru dengan kelebihannya pada alur telapaknya yang dalam. HI MILER G2020 HD ![]() Ban Goodyear premium generasi terbaru yang khusus didesain untuk kendaraan dengan muatan yang berlebih. HI MILER G141 ![]() Konstruksinya dibuat dari dua jenis komponen/ karet khusus... TIMBER KING ![]() Ban extra heavy-duty yang mampu menapak dan mencengkeram mantap di medan-medan berat. sumber : klik disini Maap Kalo ![]() ![]() Bantuin ![]() ![]() ![]() Kasih Komentar dong ![]() Terkait:
|
![]() |
Thread Tools | |
|
|