Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 25th April 2016
LahKocak's Avatar
LahKocak LahKocak is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Posts: 456
Rep Power: 10
LahKocak mempunyai hidup yang Normal
Default Kontroversi Winglet MotoGP

no repost



...salam hangat buat ceriwissers semuanya. menyambut 30th penyelenggaran GP Jerez, trit kali ini berisi tentang motoGP (jelas cuuk, jdulnya aja motoGP). Walaupun udah sampai seri ke-4, msih tep aja kontroversi terkait regulasi baru musim ini. Kalo Michellin sih dah bsa diatasi, tinggal satunya, WINGLET!!



Apaan tuh Winglet??

ok deh...winglet is sayap tambahan pada motor yg fungsinya buat aerodinamis (mengatur laju angin). nih contoh winglet



pada repsol honda



then, ducati

Disitu kecepatan angin (v), berbanding terbalik dg tekanan(p). so, winglet dibuat dg mengalirkan angin kebawah sayap (Vb lebih besar) agar ada gaya tekan dari atas ke bawah (Pa lebih besar).



Pendapat para riders

Pemakaian perangkat Winglet ini mulai ramai dibicarakan sejak Ducati Desmosedici GP14.2 (motor Andrea Iannone) menyerempet pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez pada pembuka balapan di sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina beberapa waktu yang lalu. Saat itu, posisi Iannone begitu dekat winglet sisi kiri pada Ducati menghantam punggung Marquez. Meskipun Marquez tidak mengalami cidera, namun hantaman winglet berbekas pada baju balapnya.

Insiden tersebut lantas menyita perhatian race direction, dan segera menganalisa hasil rekaman insiden yang terekam dari kamera yang ada di motor pembalap. Insiden tersebut juga membuat kamera belakang di RC213V tunggangan Marquez terjuntai saat memasuki pit. Dengan kejadian itu diharapakan nantinya race direction membuat regulasi yang akan mengatur letak/posisi dan struktur winglet tersebut .



lalu gimana pendapat para riders?? ikuti wawancara ts bersama para rider motogp...cekidot



Dani Pedrosa

Valentino Rossi, malah secara blak-blakan mengakui kalau dirinya bukan penggemar berat sayap aerodinamika atau winglet tersebut “Saya tidak suka winglet karena jelek! Lagipula saya tak merasakan adanya pengaruh. Selain itu, ketika melaju di kecepatan tinggi, winglet ini sering kali menimbulkan turbulensi. Saat Anda mengekor di belakang motor dengan winglet yang besar, motor Anda akan kehilangan keseimbangan,” dan juga menambahkan “Saya tidak tahu apakah winglet ini akan membuat perbedaan dan mempengaruhi tingkat keselamatan. Jika winglet-nya kecil, saya rasa tidak terlalu berbahaya. Tapi, intinya saya tetap tidak suka!,”

...waahhh, tegas banget ya!!



next, juara kemarin

Jorge Lorenzo

Bradley Smith, juga mengaku terganggu dengan keberadaan Winglet di motornya dan merasa tidak mendapatkan benefit apapun dari penggunaan winglet tersebut "Ketika membuntuti motor ber-winglet, motor kami goyah, seolah menjadi ringan. Motor kami bergetar, dan dalam kecepatan 340 km/jam, tepat sebelum Anda mengerem, ini bukanlah yang terbaik. Selain itu, tampaknya terjadi turbulensi ketika Anda mengerem di belakang Ducati. Begitu aneh,"

...aneh ndasmu..



kalo menurut para pengamat gimana yah...

Matteo Guerinoni

...oh, shiitt....

"Saya pikir tidak (akan dilarang). Tahun lalu kamu keluar di Qatar dengan menggunakan winglet dan semua orang tertawa. Separuh musim berlalu ada tim lain yang memakainya. Sekarang hampir setiap orang memakainya," dan menambahkan "Tentu saja beberapa pebalap akan melakukan protes, tapi pada akhirnya seluruh pabrikan akan memasangnya. Saya pikir itu adalah sebuah evolusi di olahraga ini dan Ducati merupakan pelopornya. Hanya itu yang saya bisa katakan,"...



Meski memicu perdebatan, winglet sepertinya tidak akan dilarang penggunaannya di MotoGP tidak seperti yang terjadi di di Moto2 dan Moto3 dimana Grand Prix Commission (GPC) yang beranggotakan Dorna Sports, Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) dan Asosiasi Konstruktor Balap Motor (MSMA) secara resmi telah mengumumkan larangan penggunaan perangkat aerodinamika tambahan seperti sayap atau winglet di Moto2 dan Moto3. Larangan penggunaan winglet ini efektif berlaku sejak musim ini untuk Moto2, sementara larangan untuk Moto3 baru berlaku tahun depan 2017.



gmana nih pendapat ceriwissers semuanya?? jangan nanti liat di TRANS7 yah...



melonnya gan, buat upah capek wawancara

jangan lupa rate biar makin maju motoGP



ceriwissers BIJAK, meninggalkan JEJAK



sumber: kompasiana, google image, buku fisika ts</div></div></div>

Reply With Quote
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 08:13 PM.


no new posts