FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
no repost
![]() ...salam hangat buat ceriwissers semuanya. menyambut 30th penyelenggaran GP Jerez, trit kali ini berisi tentang motoGP (jelas cuuk, jdulnya aja motoGP). Walaupun udah sampai seri ke-4, msih tep aja kontroversi terkait regulasi baru musim ini. Kalo Michellin sih dah bsa diatasi, tinggal satunya, WINGLET!! Apaan tuh Winglet?? ok deh...winglet is sayap tambahan pada motor yg fungsinya buat aerodinamis (mengatur laju angin). nih contoh winglet pada repsol honda ![]() then, ducati ![]() Disitu kecepatan angin (v), berbanding terbalik dg tekanan(p). so, winglet dibuat dg mengalirkan angin kebawah sayap (Vb lebih besar) agar ada gaya tekan dari atas ke bawah (Pa lebih besar). Pendapat para riders Pemakaian perangkat Winglet ini mulai ramai dibicarakan sejak Ducati Desmosedici GP14.2 (motor Andrea Iannone) menyerempet pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez pada pembuka balapan di sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina beberapa waktu yang lalu. Saat itu, posisi Iannone begitu dekat winglet sisi kiri pada Ducati menghantam punggung Marquez. Meskipun Marquez tidak mengalami cidera, namun hantaman winglet berbekas pada baju balapnya. Insiden tersebut lantas menyita perhatian race direction, dan segera menganalisa hasil rekaman insiden yang terekam dari kamera yang ada di motor pembalap. Insiden tersebut juga membuat kamera belakang di RC213V tunggangan Marquez terjuntai saat memasuki pit. Dengan kejadian itu diharapakan nantinya race direction membuat regulasi yang akan mengatur letak/posisi dan struktur winglet tersebut . lalu gimana pendapat para riders?? ikuti wawancara ts bersama para rider motogp...cekidot ![]() Dani Pedrosa ![]() ...waahhh, tegas banget ya!! ![]() next, juara kemarin Jorge Lorenzo ![]() Bradley Smith, juga mengaku terganggu dengan keberadaan Winglet di motornya dan merasa tidak mendapatkan benefit apapun dari penggunaan winglet tersebut "Ketika membuntuti motor ber-winglet, motor kami goyah, seolah menjadi ringan. Motor kami bergetar, dan dalam kecepatan 340 km/jam, tepat sebelum Anda mengerem, ini bukanlah yang terbaik. Selain itu, tampaknya terjadi turbulensi ketika Anda mengerem di belakang Ducati. Begitu aneh," ...aneh ndasmu.. ![]() kalo menurut para pengamat gimana yah... Matteo Guerinoni ![]() ...oh, shiitt.... "Saya pikir tidak (akan dilarang). Tahun lalu kamu keluar di Qatar dengan menggunakan winglet dan semua orang tertawa. Separuh musim berlalu ada tim lain yang memakainya. Sekarang hampir setiap orang memakainya," dan menambahkan "Tentu saja beberapa pebalap akan melakukan protes, tapi pada akhirnya seluruh pabrikan akan memasangnya. Saya pikir itu adalah sebuah evolusi di olahraga ini dan Ducati merupakan pelopornya. Hanya itu yang saya bisa katakan,"... ![]() Meski memicu perdebatan, winglet sepertinya tidak akan dilarang penggunaannya di MotoGP tidak seperti yang terjadi di di Moto2 dan Moto3 dimana Grand Prix Commission (GPC) yang beranggotakan Dorna Sports, Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) dan Asosiasi Konstruktor Balap Motor (MSMA) secara resmi telah mengumumkan larangan penggunaan perangkat aerodinamika tambahan seperti sayap atau winglet di Moto2 dan Moto3. Larangan penggunaan winglet ini efektif berlaku sejak musim ini untuk Moto2, sementara larangan untuk Moto3 baru berlaku tahun depan 2017. ![]() ![]() ![]() ceriwissers BIJAK, meninggalkan JEJAK sumber: kompasiana, google image, buku fisika ts</div></div></div> Terkait:
|
![]() |
Thread Tools | |
|
|