FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Indonesia berhasil meciptakan mobil paling irit se-Asia. Hal ini dibuktikan ketika Institut Teknologi Surabaya mempertahankan gelarnya sebagai perancang mobil paling irit dalam Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2011 yang digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia 7-9 Juli 2011. Pada kategori Urban Concept, mobil �Sapu Angin 4″ buatan mahasiswa ITS berhasil mengumpulkan nilai efisiensi 149,8 kmpl (kilometer per liter) mengalahkan tujuh tim lainnya yang bersaing di kelas tersebut. �Kuncinya ada pada peningkatan power pada mobil rancangan kami. Di samping itu, beban mobil juga kami buat seringan mungkin,� ujar manajer tim ITS 4, Eko Hardianto, yang ditemui Tempo setelah acara penerimaan hadiah, Sabtu, 9 Juli 2011. Kemenangan tim ITS 4 dengan mobil Sapu Angin-nya kian lengkap setelah ditetapkan sebagai juara dalam kelas alternative-diesel fuel urban concept, karena menggunakan bahan bakar FAME (Fatty Acid Methyl Ester) atau biodiesel. �Kami menggunakan bahan bakar biodiesel karena lebih ramah lingkungan,� kata mahasiswa jurusan Teknik Mesin tersebut. Indonesia mendominasi kelas Urban Concept setelah mobil Cikal Nusantara karya mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) mengukuhkan diri di tempat kedua dengan perolehan 116,7 kmpl. Sementara di tempat ketiga, tim ITS 3 dengan mobil Sapu Angin 3 melengkapi kemenangan Indonesia setelah membubuhkan 113 kmpl. Sayang, pada kategori untuk kategori Futuristik (prototipe), mobil karya pelajar Indonesia masih tertinggal dari peserta negara lain. Di kategori mobil berbentuk kapsul luar angkasa ini, peserta asal Thailand, Luk Jao Mae Khlong Prapa, keluar sebagai juara setelah meraih 2.213 kmpl, sekaligus memecahkan rekor tahun lalu 1.522 kmpl yang dibuat tim asal Thailand lainnya, ATE 1. Tim ITS 5 dengan mobil Sapu Angin 5 hanya berhasil mengumpulkan angka 353 kmpl dan berada di posisi 12. Disusul kemudian oleh tim Rakata dari Institut Teknologi Bandung yang meraih 244 kmpl di tempat ke-13. Selain penilaian keiritan mobil di dua kategori tersebut, beberapa peserta asal Indonesia juga mendapat penghargaan dari panitia. Cikal Nusantara karya mahasiswa ITB meraih penghargaan pada kelas gasoline fuel award. Sementara tim Semart 1 dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memenangkan salah satu kategori bergengsi Technical Innovation Award. Dan tim Rakata dari ITB yang berhasil mendapatkan communication award. Berikut spesifikasi dari 10 kendaraan hemat BBM ini Kendaraan dari UI 1. Garuda Kesavha Evolution[/b] ![]() Sasis: Semi monocoque Bodi: fiberglass panjang tinggi dan lebar: 273 cm, 80 cm dan 80 cm wheelbase: 187 cm berat tanpa pengemudi: 50 kg rim: 14 inci mesin: Suzuki Smash Titan 115 cc Bahan bakar: bensin Target di SEM: 1.000 km per liter 2. Kalabia (Nama diambil dari bahasa Papua yang artinya Hiu) ![]() Sasis: Semi monocoque Bodi: fiber/akrilik panjang tinggi dan lebar: 248 cm,120 cm dan 123 cm wheelbase: 148 cm berat tanpa pengemudi: 120 kg rim: 14 inci mesin: Shogun 125 cc Bahan bakar: bensin Target di SEM: 500 km per liter Kendaraan dari UGM 1. Semar Prototype ![]() Sasis: Aluminium Bodi: fiberglass panjang tinggi dan lebar: 300 cm, 70 cm dan 110 cm wheelbase: 160 cm berat tanpa pengemudi: 50 kg rim: 14 inci mesin: 4 langkah, 1 silinder 90 derajat, 110 cc Bahan bakar: bensin Target di SEM: di atas 280 km per liter 2. Semar Urban ![]() Sasis: Aluminium Bodi: fiberglass panjang tinggi dan lebar: 250 cm, 110 cm dan 125 cm wheelbase: 137,5 cm berat tanpa pengemudi: 100 kg rim: 14 inci mesin: 4 langkah, 1 silinder 100 cc Bahan bakar: bensin Target di SEM: 300 km per liter Kendaraan dari ITB 1. Cikal Nusantara ![]() Sasis: Aluminium Bodi: serat karbon panjang tinggi dan lebar: 250 cm, 110 cm dan 128 cm wheelbase: 100 cm berat tanpa pengemudi: 150 kg rim: 16 inci mesin: ICE 110 cc Bahan bakar: bensin Target di SEM: 100 km per liter 2. Rakata ![]() Sasis: Full monocoque Bodi: serat karbon panjang tinggi dan lebar: 280 cm, 56 cm dan 77 cm wheelbase: 104 cm berat tanpa pengemudi: 60 kg rim: 17 inci mesin: 125 cc Bahan bakar: etanol Target di SEM: 600 km per liter Kendaraan dari ITS 1. Sapu Angin 3 ![]() Sasis: Aluminium custom Bodi: fiberglass/polyurethan foam panjang tinggi dan lebar: 260 cm, 112 cm dan 125 cm wheelbase: 150 cm berat tanpa pengemudi: 90 kg rim: 17 inci mesin: Honda Revo 110 cc Bahan bakar: bensin Target di SEM: 300 km per liter "Kami sudah memperbaiki dari sisi elektronik dan berat kendaraan, sehingga kami harapkan nanti kami mendapat angka yang lebih baik," ujar team Manager ITS Anditya Yudhistira. 2. Sapu Angin 4: ![]() Sasis; aluminium bodi: fiberglass/polyurethan foam panjang tinggi dan lebar: 260 cm, 112 cm dan 125 cm wheelbase: 150 cm berat tanpa pengemudi: 90 kg rim: 17 inci mesin: Mesin diesel 210 cc Bahan bakar: solar Target di SEM: 300 km per liter "Ini satu-satunya mobil dari tim Indonesia yang memakai bahan bakar solar. Kami sudah melakukan perbaikan dari kestabilan dan titik berat yang merata," ujar Team Manager Eko Hardianto. 3. Sapu Angin 5 ![]() Sasis: Aluminium Bodi: fiberglass/polyurethane foam panjang tinggi dan lebar: 280 cm, 60 cm dan 108 cm wheelbase: 149 cm berat tanpa pengemudi: 40 kg rim: 21 inci mesin: Mesin Paijo 90 cc yang dikembangkan sendiri oleh mahasiswa ITS Bahan bakar: bensin Target di SEM: 1.500 km per liter, di SEM 2010 mencapai 234 km per liter. "Unit controlnya sudah diperbaiki dan masalah kestabilan dipecahkan dengan menambah turning radius," ujar Team Manager Rahmad Hidayat. Kendaraan dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) ![]() Sasis: st42 Bodi: fiberglass panjang tinggi dan lebar: 312 cm, 70 cm dan 108 cm wheelbase: 203,5 cm berat tanpa pengemudi: 42,4 kg rim: 16 inci mesin: SOHC 4 langkah 35 cc Bahan bakar: bensin Target di SEM: 1.500 km per liter Dan kita boleh berharap bahwa penerapan BBM irit ini tidak cuma terbatas pada mobil konsep semata, namun dapat diterapkan pada kendaraan harian. Semoga! Baca juga Threat ane yg lain ya gan !!! ( Fantastic !!! ) SKEV-1 Mobil Sport Listrik Karya Anak Bangsa (Hot News !!!) Calon Gedung Tertinggi ke-5 Dunia Dibangun di SCBD Jakarta Malaysia Takjub Dengan Senjata SS2 buatan Pindad Hebat, Indonesia Bisa Menciptakan Pesawat Tanpa Awak. (Bangga) Indonesia Mampu membuat Kapal Perang KRI Krait-827 ( Mengerikan Gan !!! ) TNI Ujicoba rudal, Malaysia dan Singapore Pucat Pasi !!! Alangkah Bodohnya Negeri Ini, Mampu Bikin Pesawat Sendiri Tapi Membeli ke Negara Lain Pengkhianatan Bangsa di Balik Pembelian Pesawat MA-60 ( Mantaps !!! ) 21 Negara Telah Gunakan CN 235 untuk Operasi Militer Mereka Menteri - Menteri Goblok Dalam Pemehrintahan SBY Seputar CN-235 Perbedaan Antara Presiden Soekarno dengan Presiden SBY terkait Konflik Malaysia !!! Heboh! Inilah Cetak Biru Desain Pesawat Tempur Indonesia Yang Telah Bocor di Internet Anak-anak Indonesia Ternyata Ahli Rancang Robot, Terbukti Jadi Juara Olimpiade Robot Mantap Gan !!! Tahun 2012 Nanti, Satelit Buatan Mahasiswa Indonesia Siap Mengorbit ( Wow Mantap !!! ) NASA Ternyata Gunakan Teknologi Made In Indonesia Mantafs! NASA Tertarik Dengan Robot Buatan Dua Siswi Indonesia dan Mengundang Mereka Good� good �good, Batu Bata Anti Gempa Buatan Anak SMA Indonesia Raih Emas Di Olimpade Indonesia Berhasil Ciptakan Mobil Paling Irit Di Asia Ini Baru Berita! TNI AD Juara Umum Menembak Internasional Lagi! Robot Buatan Indonesia Raih Emas Dalam Kontes Internasional Robogames 2010 Malaysia Pesan 23 Unit Panser Made in Pindad Hebat, Indonesia Bisa Menciptakan Pesawat Tanpa Awak. Terkait:
|
![]() |
|
|