Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge > Gossip & Gallery

Gossip & Gallery Gossip, artist, images of unique and interesting all here.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 21st February 2010
Gondronkz's Avatar
Gondronkz Gondronkz is offline
Member
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 76
Rep Power: 0
Gondronkz mempunyai hidup yang Normal
Default Kumpulan Helicopter - Helicopter Raksasa !

Kumpulan Helicopter - Helicopter Raksasa !

.fullpost{display:inline;}

Diantara beberapa benda terbang buatan manusia, mungkin pesawat terbang yang bisa dijuluki sebagai burung besi. Alasannya, karena pesawat terbang memiliki sayap dan ekor. Meskipun cara terbangnya tidak dengan mengepakan sayap seperti cara terbangnya burung, tapi mekanisme manuvernya mirip seperti yang dimiliki burung. Tapi tidak demikian dengan Helicopter, kita tidak memasukkan roket dalam tulisan ini.

Daya angkat yang dihasilkan bukan karena adanya sayap. Dalam mengelompokkan jenis pesawat terbang berdasarkan ukuran yang dimiliki, digunakan beberapa dimensi standard. Yaitu panjang badan, lebar bentang sayap, dan bobot pesawat. Itu berbeda dengan dimensi yang dimiliki Helicopter. Selain diameter rotor, sering juga daya angkat pada saat take-off dijadikan acuan pengukuran. Yang memiliki ukuran paling besar pada kedua dimensi tersebut, itulah jenis Helicopter yang dianggap terbesar di seluruh kelas.

Spoiler for edited:


Hingga pada saat tulisan ini saya jadikan posting, jenis Helicopter yang dianggap berukuran terbesar di dunia adalah V-12. Helicopter ini buatan Mil dari Uni Sovyet pada dekade 1960an dan hanya diproduksi sebanyak dua unit saja.

Berbeda dengan Helicopter konvensional yang biasanya hanya memiliki satu rotor, V-12 memiliki dua rotor yang terpasang pada sayap di kanan dan kiri badan Helicopter. Kedua sayap itu lebih berfungsi sebagai fondasi rotor, bukan untuk menghasilkan gaya angkat. Setiap rotor memiliki diameter yang berukuran kurang lebih 67 meter. Pada saat take-off, V-12 memiliki gaya angkat hingga 105 ton.

Spoiler for tambahan:


Tapi meskipun selama bertahun-tahun memegang record sebagai Helicopter terbesar, Mil V-12 dianggap sebagai produk yang gagal. Helicopter ini dinilai sulit dikendalikan. Wajar jika hanya diproduksi dua unit saja. Hasil produksi yang pertama telah menjadi penghuni Russian Air Force Museum. Sedangkan produksi yang kedua tidak pernah keluar dari pabriknya yang berada di dekat kota Moskow.

Spoiler for edited:


Setelah gagal dengan konsep Helicopter V-12, Mil membuat helicopter besar yang lain dan disebut Mi-26. Helicopter ini bisa digunakan untuk kepentingan sipil dan militer. Dibandingkan dengan V-12, Mi-26 jauh lebih mudah dioperasikan. Produk ini dinilai berhasil dan pertama kali diuji coba terbang pada tanggal 14 Desember 1977. Kabarnya, diantara jenis helicopter yang berhasil diterbangkan, Mi-26 inilah yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Mempunyai daya angkat maksimum saat take-off sebesar 56 ton.

Rotornya yang memiliki delapan bilah baling-baling berdiameter 35 meter. Sudah lebih dari 200 unit Mi-26 yang dibuat oleh pabrik Mil. Sebagian digunakan sendiri oleh Rusia, dan sebagian lagi dieksport ke negara-negara sekutu Uni Sovyet. Untuk melihat kekuatannya, dapat dilihat pada gambar, helicopter Mi-26 sedang mengangkat sebuah helicopter jenis CH-47 Chinook buatan Boeing - AS yang juga masuk dalam kategori helicopter ukuran besar.

Spoiler for edited:


Mil sudah terlanjur terkenal sebagai pabrikan yang memproduksi helicopter berukuran raksasa. Dua jenis produknya sudah disebut sebelum, menempati peringkat pertama dan kedua helicopter terbesar. Lalu, peringkat ketiga dipegang oleh Mi-6 yang juga buatan Mil. Pada masa era perang dingin, kehadiran Mi-6 sempat menggetarkan para petinggi NATO.

Mi-6 mampu mengangkut 70 pasukan dengan persenjataan lengkap. Diameter rotornya masih sama seperti yang dimiliki Mi-26, 35 meter, dan digerakkan oleh mesin turboshaft Soloviev D-25V yang menghasilkan kemampuan maksimal take-off sebesar 44 ton. Mi-6 pertama kali diterbangkan pada bulan Juli 1957 dan langsung merajai dunia helicopter hingga kemunculan Mi-26 pada tahun 1977. Kabarnya helicopter jenis ini menjadi helicopter tempur pertama yang dioperasikan oleh TNI dan di tanah air lebih dikenal dengan nama Mi-35P Hind. Setelah dihasilkan sekitar 800 unit, M-6 tidak diproduksi lagi sejak tahun 1981 .

Spoiler for edited:


Mil masih punya produk raksasa lainnya, helicopter yang memegang ranking keempat terbesar. Namanya Mi-10 yang merupakan pengembangan dari Mi-6. Ada dua varian yang diproduksi. Mi10 K yang berkaki (tangkai roda) pendek dan M-10R yang berkaki panjang (seperti tampak pada gambar). Jika para pendahulunya lebih suka mengangkut cargo yang dimasukkan kedalam badan helicopter, M-10 lebih difungsikan untuk membawa cargo yang diletakkan dibawah badannya, terutama pada varian M-10R.

Diameter rotornya masih sama seperti yang dimiliki M-6 dan M-26. Mesin penggeraknya sama dengan yang digunakan pada type M-6, turboshaft Soloviev D-25V dengan daya maksimum take-off sebesar 38 ton. Pertama kali diterbangkan pada tanggal 15 Juni 1960. Hanya ada sekitar 55 unit M-10 yang diproduksi.



Setelah semua peringkat sebelumnya dipegang oleh helicopter buatan Rusia (Uni Sovyet), kini ranking kelima diduduki oleh helicopter buatan AS. Namanya mirip dengan nama pionir dunia helicopter yang juga jadi nama pabrikan pembuatnya, Sikorsky CH-53E. Helicopter ini merupakan modifikasi pada ukuran dan kekuatan dari jenis generasi sebelumnya, CH-53 Sea Stallion.

Spoiler for tambahan:


Keduanya diperuntukan sebagai sarana angkut kesatuan angkatan laut AS. Prototipe-nya yang pertama diterbangkan pada bulan Desember 1980. Diameter rotornya lebih kecil dibanding helicopter produksi Rusia yang sudah disebut tadi, yaitu hanya berukuran 24 meter yang digerakkan oleh mesin T64-GE-416 turboshaft yang menghasilkan maksimum take-off sebesar 33,3 ton. Sampai saat ini masih ada sekitar 100 unit Sikorsky CH-53E yang dioperasikan oleh angkatan laut AS. Menurut kabar type ini masih dikembangkan lagi dengan menggunakan nama Sikorsky CH-35K. Bagian yang diperbaharui adalah pada model bilah baling-baling dan mesin sehingga bisa menghasilkan maksimum take-off sebesar 38,42 ton, melebihi daya yang dimiliki M-10.



Produk helicopter berikutnya masih milik AS, Boeing Vertol MH-47E. Ini merupakan helicopter yang memiliki rotor ganda dan juga biasa disebut sebagai MH-47E Chinook. Bentuknya bisa dilihat pada gambar. Type ini diproduksi oleh Boeing. Masing-masing rotor MH-47E memiliki diameter selebar 18,3 meter dengan maksimum take-off sebesar 22,68 ton.

Spoiler for tambahan:


Helicopter ini pertama kali diterbangkan pada tanggal 21 September 1961. Helicopter jenis ini banyak terlibat dalam perang Vietnam. Sejak pertama kali dibuat, sudah ada lebih dari 1.179 unit MH-47E Chinook diproduksi. Selain AS sendiri, ada lebih dari 25 negara lain yang juga memiliki dan mengoperasikan MH-47E Chinook. Itu sesuai jika dilihat dari jumlah yang sudah diproduksi.

============ tambahan dari core ============
Spoiler for tambahan:
Spoiler for tambahan:
Hughes XH-17 : 50,000 lb (22,680 kg)

Massive rotor of the Hughes XH-17 Sky Crane



8. Sikorsky CH-54 : 47,000 lb (21,320 kg)


CH-54 Tarhe recovering a damaged F-4 Phantom II





























































Last edited by core_unstable; 21st February 2010 at 07:54 PM. Reason: Ane gedein gambarnya, plus ane tambah gambar-gambar heli yang lain.. asal ngga heli guk guuk guuuk aja yaa.. :gg:
Reply With Quote
  #2  
Old 21st February 2010
rajatega rajatega is offline
Newbie
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 31
Rep Power: 0
rajatega mempunyai hidup yang Normal
Default

indonesia punya ga tuh?
Reply With Quote
  #3  
Old 21st February 2010
coreunstable's Avatar
coreunstable coreunstable is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: Jan 2010
Location: Earth, Andromeda
Posts: 1,078
Rep Power: 17
coreunstable memiliki kawan yg banyakcoreunstable memiliki kawan yg banyakcoreunstable memiliki kawan yg banyak
Default

great post..
sayang gambarnya kecil..
kalo gambarnya gede ane kasih dah..
Reply With Quote
  #4  
Old 21st February 2010
jompo123's Avatar
jompo123 jompo123 is offline
Newbie
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 47
Rep Power: 0
jompo123 mempunyai hidup yang Normal
Default

ngaco bos helicopnya
kapan yak gw bisa beli ngarep ngarep
Reply With Quote
  #5  
Old 21st February 2010
danisboy danisboy is offline
Newbie
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 9
Rep Power: 0
danisboy mempunyai hidup yang Normal
Default

nais inpoh dan..
Reply With Quote
  #6  
Old 21st February 2010
Syalalala Syalalala is offline
Newbie
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 30
Rep Power: 0
Syalalala mempunyai hidup yang Normal
Default

Mantap Gan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Reply With Quote
  #7  
Old 21st February 2010
rambomodol rambomodol is offline
Newbie
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 10
Rep Power: 0
rambomodol mempunyai hidup yang Normal
Default

yang buatan habibiekecil
Reply With Quote
  #8  
Old 21st February 2010
CTsubasa's Avatar
CTsubasa CTsubasa is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: Jan 2010
Location: Mataram, NTB, Indonesia
Posts: 1,617
Rep Power: 20
CTsubasa mempunyai banyak pengalamanCTsubasa mempunyai banyak pengalamanCTsubasa mempunyai banyak pengalamanCTsubasa mempunyai banyak pengalamanCTsubasa mempunyai banyak pengalamanCTsubasa mempunyai banyak pengalamanCTsubasa mempunyai banyak pengalaman
Default

Gw paling suka deh heli Amerika...
Reply With Quote
  #9  
Old 21st February 2010
inglorious inglorious is offline
Newborn
 
Join Date: Feb 2010
Location: di rumah
Posts: 1
Rep Power: 0
inglorious mempunyai hidup yang Normal
Default

kapan indo punya yang kaya gitu
Reply With Quote
  #10  
Old 22nd February 2010
siendy siendy is offline
Newbie
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 29
Rep Power: 0
siendy mempunyai hidup yang Normal
Default

naise inpoooo

Quote:
Originally Posted by Gondronkz View Post
Kumpulan Helicopter - Helicopter Raksasa !

.fullpost{display:inline;}

Diantara beberapa benda terbang buatan manusia, mungkin pesawat terbang yang bisa dijuluki sebagai burung besi. Alasannya, karena pesawat terbang memiliki sayap dan ekor. Meskipun cara terbangnya tidak dengan mengepakan sayap seperti cara terbangnya burung, tapi mekanisme manuvernya mirip seperti yang dimiliki burung. Tapi tidak demikian dengan Helicopter, kita tidak memasukkan roket dalam tulisan ini.

Daya angkat yang dihasilkan bukan karena adanya sayap. Dalam mengelompokkan jenis pesawat terbang berdasarkan ukuran yang dimiliki, digunakan beberapa dimensi standard. Yaitu panjang badan, lebar bentang sayap, dan bobot pesawat. Itu berbeda dengan dimensi yang dimiliki Helicopter. Selain diameter rotor, sering juga daya angkat pada saat take-off dijadikan acuan pengukuran. Yang memiliki ukuran paling besar pada kedua dimensi tersebut, itulah jenis Helicopter yang dianggap terbesar di seluruh kelas.

Spoiler for edited:


Hingga pada saat tulisan ini saya jadikan posting, jenis Helicopter yang dianggap berukuran terbesar di dunia adalah V-12. Helicopter ini buatan Mil dari Uni Sovyet pada dekade 1960an dan hanya diproduksi sebanyak dua unit saja.

Berbeda dengan Helicopter konvensional yang biasanya hanya memiliki satu rotor, V-12 memiliki dua rotor yang terpasang pada sayap di kanan dan kiri badan Helicopter. Kedua sayap itu lebih berfungsi sebagai fondasi rotor, bukan untuk menghasilkan gaya angkat. Setiap rotor memiliki diameter yang berukuran kurang lebih 67 meter. Pada saat take-off, V-12 memiliki gaya angkat hingga 105 ton.

Spoiler for tambahan:


Tapi meskipun selama bertahun-tahun memegang record sebagai Helicopter terbesar, Mil V-12 dianggap sebagai produk yang gagal. Helicopter ini dinilai sulit dikendalikan. Wajar jika hanya diproduksi dua unit saja. Hasil produksi yang pertama telah menjadi penghuni Russian Air Force Museum. Sedangkan produksi yang kedua tidak pernah keluar dari pabriknya yang berada di dekat kota Moskow.

Spoiler for edited:


Setelah gagal dengan konsep Helicopter V-12, Mil membuat helicopter besar yang lain dan disebut Mi-26. Helicopter ini bisa digunakan untuk kepentingan sipil dan militer. Dibandingkan dengan V-12, Mi-26 jauh lebih mudah dioperasikan. Produk ini dinilai berhasil dan pertama kali diuji coba terbang pada tanggal 14 Desember 1977. Kabarnya, diantara jenis helicopter yang berhasil diterbangkan, Mi-26 inilah yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Mempunyai daya angkat maksimum saat take-off sebesar 56 ton.

Rotornya yang memiliki delapan bilah baling-baling berdiameter 35 meter. Sudah lebih dari 200 unit Mi-26 yang dibuat oleh pabrik Mil. Sebagian digunakan sendiri oleh Rusia, dan sebagian lagi dieksport ke negara-negara sekutu Uni Sovyet. Untuk melihat kekuatannya, dapat dilihat pada gambar, helicopter Mi-26 sedang mengangkat sebuah helicopter jenis CH-47 Chinook buatan Boeing - AS yang juga masuk dalam kategori helicopter ukuran besar.

Spoiler for edited:


Mil sudah terlanjur terkenal sebagai pabrikan yang memproduksi helicopter berukuran raksasa. Dua jenis produknya sudah disebut sebelum, menempati peringkat pertama dan kedua helicopter terbesar. Lalu, peringkat ketiga dipegang oleh Mi-6 yang juga buatan Mil. Pada masa era perang dingin, kehadiran Mi-6 sempat menggetarkan para petinggi NATO.

Mi-6 mampu mengangkut 70 pasukan dengan persenjataan lengkap. Diameter rotornya masih sama seperti yang dimiliki Mi-26, 35 meter, dan digerakkan oleh mesin turboshaft Soloviev D-25V yang menghasilkan kemampuan maksimal take-off sebesar 44 ton. Mi-6 pertama kali diterbangkan pada bulan Juli 1957 dan langsung merajai dunia helicopter hingga kemunculan Mi-26 pada tahun 1977. Kabarnya helicopter jenis ini menjadi helicopter tempur pertama yang dioperasikan oleh TNI dan di tanah air lebih dikenal dengan nama Mi-35P Hind. Setelah dihasilkan sekitar 800 unit, M-6 tidak diproduksi lagi sejak tahun 1981 .

Spoiler for edited:


Mil masih punya produk raksasa lainnya, helicopter yang memegang ranking keempat terbesar. Namanya Mi-10 yang merupakan pengembangan dari Mi-6. Ada dua varian yang diproduksi. Mi10 K yang berkaki (tangkai roda) pendek dan M-10R yang berkaki panjang (seperti tampak pada gambar). Jika para pendahulunya lebih suka mengangkut cargo yang dimasukkan kedalam badan helicopter, M-10 lebih difungsikan untuk membawa cargo yang diletakkan dibawah badannya, terutama pada varian M-10R.

Diameter rotornya masih sama seperti yang dimiliki M-6 dan M-26. Mesin penggeraknya sama dengan yang digunakan pada type M-6, turboshaft Soloviev D-25V dengan daya maksimum take-off sebesar 38 ton. Pertama kali diterbangkan pada tanggal 15 Juni 1960. Hanya ada sekitar 55 unit M-10 yang diproduksi.



Setelah semua peringkat sebelumnya dipegang oleh helicopter buatan Rusia (Uni Sovyet), kini ranking kelima diduduki oleh helicopter buatan AS. Namanya mirip dengan nama pionir dunia helicopter yang juga jadi nama pabrikan pembuatnya, Sikorsky CH-53E. Helicopter ini merupakan modifikasi pada ukuran dan kekuatan dari jenis generasi sebelumnya, CH-53 Sea Stallion.

Spoiler for tambahan:


Keduanya diperuntukan sebagai sarana angkut kesatuan angkatan laut AS. Prototipe-nya yang pertama diterbangkan pada bulan Desember 1980. Diameter rotornya lebih kecil dibanding helicopter produksi Rusia yang sudah disebut tadi, yaitu hanya berukuran 24 meter yang digerakkan oleh mesin T64-GE-416 turboshaft yang menghasilkan maksimum take-off sebesar 33,3 ton. Sampai saat ini masih ada sekitar 100 unit Sikorsky CH-53E yang dioperasikan oleh angkatan laut AS. Menurut kabar type ini masih dikembangkan lagi dengan menggunakan nama Sikorsky CH-35K. Bagian yang diperbaharui adalah pada model bilah baling-baling dan mesin sehingga bisa menghasilkan maksimum take-off sebesar 38,42 ton, melebihi daya yang dimiliki M-10.



Produk helicopter berikutnya masih milik AS, Boeing Vertol MH-47E. Ini merupakan helicopter yang memiliki rotor ganda dan juga biasa disebut sebagai MH-47E Chinook. Bentuknya bisa dilihat pada gambar. Type ini diproduksi oleh Boeing. Masing-masing rotor MH-47E memiliki diameter selebar 18,3 meter dengan maksimum take-off sebesar 22,68 ton.

Spoiler for tambahan:


Helicopter ini pertama kali diterbangkan pada tanggal 21 September 1961. Helicopter jenis ini banyak terlibat dalam perang Vietnam. Sejak pertama kali dibuat, sudah ada lebih dari 1.179 unit MH-47E Chinook diproduksi. Selain AS sendiri, ada lebih dari 25 negara lain yang juga memiliki dan mengoperasikan MH-47E Chinook. Itu sesuai jika dilihat dari jumlah yang sudah diproduksi.

============ tambahan dari core ============
Spoiler for tambahan:
Spoiler for tambahan:
Hughes XH-17 : 50,000 lb (22,680 kg)

Massive rotor of the Hughes XH-17 Sky Crane



8. Sikorsky CH-54 : 47,000 lb (21,320 kg)


CH-54 Tarhe recovering a damaged F-4 Phantom II


























































Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 09:24 PM.


no new posts