FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Programming Share, tanya jawab, saling bantu antar programmer dengan berbagai macam bahasa pemrograman. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
|||
|
|||
![]() Mari di share sesepuh, agan" master atau yg baru belajar contoh-contoh program JAVA ,Tips&Trik,Bahan Belajar di sinii. soal nya saya pernah baca buku tentang pemograman cara belajar yang mudah adalah "Belajar dari Contoh" "Belajar Dari Pengalaman".. jadi di share dong contoh2 program kalian dari awal sampe sekarang. tolong di bantu ya ![]() insyallah saya update nanti dan codingan punya saya yang baru belajar semoga dapat membantu.. Spoiler for Bacaan Java 1: [quote name='dexterinee' timestamp='1293666231' post='960094'] Eng ing eeeeng, . Saya disini mau sedikit share tentang bahasa pemrograman Java. sebener nya saya Copas.. Tapi lumayan Untuk Belajar... Oke, let's start!!! 1. Intro Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang bertipe modular. Java memecah komponen-komponennya menjadi objek-objek terpisah yang saling berinteraksi. Keuntungan pemrograman berorientasi objek antara lain: - RealWorld programming Layaknya dunia ini yang disusun oleh obyek-obyek yang saling berinteraksi, begitu pula Java dengan mudah dapat menyusun obyek-obyek - Reusability of code Class yang telah dibuat oleh suatu program OOP, dapat digunakan oleh program OOP lain secara langsung. Berbeda dengan pemrograman prosedural yang mengharuskan "tulis ulang" jika ingin melakukan hal yang sama tetapi pada program yang berbeda. - Resilence of change Karena berorientasi objek, maka akan banyak sekali terjadi perubahan secara dinamis. Sebuah aplikasi harus bisa menangani perubahan kedepannya tanpa harus merubah keseluruhasn program. - Information hiding Informasi yang terdapat pada suatu kelas dapat sebisa mungkin disembunyikan dari luar kelas tsb. Tujuannya adalah untuk mengamankan data agar hanya dapat diakses oleh fungsi yang ada pada kelas tsb yang dapat mengakses data tersebut. Tetapi disediakan sebuah cara/prosedur untuk mengakses data tsb secara tidak langsung. - Modularity of object Keuntungan utama dari OOP adalah modularitas. Sebuah objek dikelola secara terpisah dari objek lainnya meskipun berasal sari sebuah kelas yang sama. Modifikasi suatu objek dapat dilakukan tanpa mengubah fungsionalitas dari objek lain. 2. Class dan objek Sebuah kelas menentukan struktur dan behaviour sebuah objek. Objek adalah dasar dari OOP itu sendiri yang berupa individual. Kelas biasanya berisi Constructor, Instance variable, Method (fungsi atau prosedur), dan Main. Objek memiliki "property" yang mana berisi nilai-nilai tersendiri. 2.1 Pembuatan kelas di Java Attribut dan method dideklarasikan di dalam kelas. Semua statement diakhiri dengan tanda ";" (titik koma). Sintaks untuk mendeklarasikan kelas: Code: class { //isi kelas: constructor, instance variable, method, dan main } 2.2 Pembuatan objek di Java Objek merupakan instance class dan mempunyai identitas yang unik. Sintaks pendeklarasian: Code: = new (); 3. Access Specifiers Acces specifier mengatur akses data dari bagian kelas oleh objek lain. Access Specifiers di Java antara lain: - Public Dapat diakses secara bebas. - Private Akses sangat terbatas, hanya bisa diakses oleh anggota kelas itu sendiri. - Protected Digunakan jika anggota kelas dapat diakses oleh kelas turunan. - Friendly Merupakan default Access specifier milik Java. Hampir sama dengan Public, tetapi hanya dapat diakses dalam satu package. Jika suatu anggota kelas tidak diberikan Access Specifier, maka secara otomatis akan diberikan Access specifier friendly 4. Attribute dan Method 4.1 Mengakses attribut Attribut dapat diakses dari luar kelas dengan memanggil nama objek diikuti dengan tanda titik dan nama attribut. Sintaksnya: Code: . = 4.2 Mengakses method Method bisa dibilang prosedur atau fungsi, tergantung keperluan. Sintaks umum: Code: void () { //isi method } Sintaks diatas adalah prosedur, karena tidak mengembalikan nilai. Sintaks contoh dari fungsi: Code: () { //isi fungsi } 5. Method Main Hampir disemua bahasa pemrograman memiliki method main(). Method ini berfungsi untuk memanggil method-method yang ada di dalam kelas. Sintaks main(): Code: public static void main (String[] args) { //isi method main() } 6. Constructor Constructor adalah sebuah method yang biasanya dipakai untuk melahirkan sebuah objek. Constructor memiliki nama yang sama dengan nama kelas, tidak mengembalikan nilai (karena prosedur) dan tidak berbentuk static. Constructor ada yang hanya melahirkan objek tanpa memberi nilai kepada properti, ada juga yang memberikan nilai property secara langsung. Sintaks constructor: Code: () { } Constructor diatas tidak berisi apa-apa, hanya melahirkan objek saja. Berbeda dengan yang berikut ini: Code: () { = //.... //.... } Oke, lanjut lagi pembahasan kita. Part 2 ini masih membahas materi yang ringan2 aja, karena kalo yang udah rumit atau advance. Langsung aja cekidot!!! 1. Penggunaaan method set() dan get() 1.1 Method set() Method set() biasanya digunakan untuk menge-set atau memberikan atau mengganti nilai property (variabel) milik sebuah objek. Lalu apa bedanya dengan pengisian variabel langsung seperti: Code: variabel = isi_variabel; nah bedanya adalah kalau memakai cara diatas, jika variabel tsb di-set dengan access specifier private maka perintah tsb tidak akan bisa diberlakukan. Maka dibuatlah sebuah method untuk dapat mengakses perintah dan melakukan perubahan nilai variabel. kita ambil contoh dari kelas Mahasiswa aja yah biar gampang ![]() Sintaks: Code: public void setNama(String a){ nama = a; } pemanggilan dalam main(): Code: .setNama(); Penjelasan: Code: public void setNama(String a){ //membuat nama method setNama dengan parameter a sebagai penampung isi variabel baru nama = a; //mengisi variabel nama dengan variabel a } sederhana bukan? sederhana tapi sangat penting untuk dimengerti dan dipahami. Yang repot kalo variabel atau property yang dirubah ga cuman satu atau dua, cz harus bikin method set sejumlah property dan juga harus membuat method get() sejumlah sama juga. Ada teknik lain untuk pembuatan method set yang dijadikan satu, seperti contoh: Code: public void setAll(String a, String b, ... ){ nama = a; nim = b; ... ... } teknik ini memang mengirit penggunaan method set() dan get() serta sangat mengurangi redundansi perintah dan beberapa baris sintaks. Tapi metode ini memilik kekurangan, yaitu menjadi repot jika hanya satu atau beberapa variabel yang ingin diubah atau dipanggil. 1.2 Method get Hampir sama dengan method set, hanya saja method ini untuk memanggil nilai yang sudah ada. Biasanya dilakukan dalam penampilan di main() atau bisa juga di dalam sebuah method yang memerlukan property dari kelas lain. Sintaks: Code: public String getNama(){ return nama; } pemanggilan dalam main(): Code: .getNama(); Penjelasan: Code: public String getNama(){ //membuat method getNama tanpa parameter return nama; //me-return (mengembalikan) nilai isi dari variabel nama } method get() biasanya tidak memakai parameter, kenapa? Karena method ini berbentuk fungsi yang wajib memiliki nilai kembalian (return value). Tapi tidak menutup kemungkinan ada parameter-nya jika ada operasi khusus sebelum return value.. [/quote] Spoiler for Bacaan Java 2: buka aja klik link ini gan ~> http://www.indo*web*ster...web.id/sh...ad.php?t=81634 (no jebakan betmen pastinya) klo berguna ![]() tp VM ane dlu jg di timpuk dluan ![]() </div> |
![]() |
|
|