Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 18th September 2010
GadoGado's Avatar
GadoGado GadoGado is offline
Ceriwis Geek
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 13,165
Rep Power: 32
GadoGado memiliki kawan yg banyakGadoGado memiliki kawan yg banyakGadoGado memiliki kawan yg banyak
Default Tips Perawatan Mesin Pada Kendaraan ANda

Perawatan Rutin Menurut Jarak Tempuh Kendaraan

Pada kendaraan perlu dilakukan perawatan rutin meliputi sejumlah komponen penting. Apa saja dan pada kilometer berapakah komponen kendaraan anda perlu diperiksa ?

Sebaiknya anda baca tips berikut ini:

- Setiap 5.000 km. Filter oli mesin dirawat dengan mengganti oli mesin sintetis (pada mesin turbo).Setiap 10.000 km.
- Periksa system rem tangan dan setel ulang jika dianggap sudah terlalu tinggi (lebih dari 4 bunyi "klik").
- Periksa dan setel kembali system penghapus kaca dan lampu besar termasuk fungsi pencuci atau penyemprotan.
- Pastikan penghapus kaca lampu besar selalu berada pada posisi yang benar di atas stoppernya.
Jika tidak, dampaknya merusak motor penggeraknya.
- Berikan tambahan gemuk pada engsel pintu dan tutup mesin atau bagasi dengan menggunakan grease gun.
- Kencangkan baut-baut system kemudi dan suspensi depan.
- Periksa ban khususnya yang bersangkutan dengan masalah balancing.
- Periksa sepatu rem sekaligus system cakramnya barangkali sudah terjadi keausan yang tidak wajar.
- Ganti sepatu atau kanvas rem jika tingkat ketebalannya mencapai minimun 3 mm. Periksa girboks manual untuk mengecek
kemungkinan terjadinya kebocoran di samping jumlah oli yang ada di girboks.
- Cek knalpot anda, mungkin terjadi kerusakan pada pegangannya dan mungkin terjadi kebocoran.
- Kencangkan baut-baut suspensi belakang dan lakukan pemeriksaan final drive, mungkin terjadi kebocoran.
- Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kebocoran terjadinya kebocoran pada mesin, dan
bersihkan serta cuci mesinnya untuk memperoleh efek pendingin yang lebih baik serta umur mesin jadi lebih panjang.
- Ganti saringan oli mesin. Setiap 20.000 km.
- Periksa dan setel ulang pemilih gir apakah pergerakan tuas transmisi otomatisnya sesuai.
- Lakukan pemeriksaan rutin pada system kemudi dan suspensi depan.
- Periksa pipa-pipa rem dan redam kejut untuk menjaga kemungkinan terjadinya kebocoran.Kencangkan baut-baut suspensi
belakang setelah 10.000 km pengencangan pertama.
- Periksa apakah pada system rem dan saluran bahan bakar terjadi kebocoran jika perlu kencangkan klem-klemnya. Setiap
40.000 km.
- Periksa kemungkinan terjadi kerusakan pada system propeller shaft, bearing universal dan rubber joint. Merawat transmisi otomatis dengan cara mengganti oli transmisi .

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:07 AM.


no new posts