FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Perawatan Rutin Menurut Jarak Tempuh Kendaraan
Pada kendaraan perlu dilakukan perawatan rutin meliputi sejumlah komponen penting. Apa saja dan pada kilometer berapakah komponen kendaraan anda perlu diperiksa ? Sebaiknya anda baca tips berikut ini: - Setiap 5.000 km. Filter oli mesin dirawat dengan mengganti oli mesin sintetis (pada mesin turbo).Setiap 10.000 km. - Periksa system rem tangan dan setel ulang jika dianggap sudah terlalu tinggi (lebih dari 4 bunyi "klik"). - Periksa dan setel kembali system penghapus kaca dan lampu besar termasuk fungsi pencuci atau penyemprotan. - Pastikan penghapus kaca lampu besar selalu berada pada posisi yang benar di atas stoppernya. Jika tidak, dampaknya merusak motor penggeraknya. - Berikan tambahan gemuk pada engsel pintu dan tutup mesin atau bagasi dengan menggunakan grease gun. - Kencangkan baut-baut system kemudi dan suspensi depan. - Periksa ban khususnya yang bersangkutan dengan masalah balancing. - Periksa sepatu rem sekaligus system cakramnya barangkali sudah terjadi keausan yang tidak wajar. - Ganti sepatu atau kanvas rem jika tingkat ketebalannya mencapai minimun 3 mm. Periksa girboks manual untuk mengecek kemungkinan terjadinya kebocoran di samping jumlah oli yang ada di girboks. - Cek knalpot anda, mungkin terjadi kerusakan pada pegangannya dan mungkin terjadi kebocoran. - Kencangkan baut-baut suspensi belakang dan lakukan pemeriksaan final drive, mungkin terjadi kebocoran. - Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kebocoran terjadinya kebocoran pada mesin, dan bersihkan serta cuci mesinnya untuk memperoleh efek pendingin yang lebih baik serta umur mesin jadi lebih panjang. - Ganti saringan oli mesin. Setiap 20.000 km. - Periksa dan setel ulang pemilih gir apakah pergerakan tuas transmisi otomatisnya sesuai. - Lakukan pemeriksaan rutin pada system kemudi dan suspensi depan. - Periksa pipa-pipa rem dan redam kejut untuk menjaga kemungkinan terjadinya kebocoran.Kencangkan baut-baut suspensi belakang setelah 10.000 km pengencangan pertama. - Periksa apakah pada system rem dan saluran bahan bakar terjadi kebocoran jika perlu kencangkan klem-klemnya. Setiap 40.000 km. - Periksa kemungkinan terjadi kerusakan pada system propeller shaft, bearing universal dan rubber joint. Merawat transmisi otomatis dengan cara mengganti oli transmisi . |
![]() |
|
|