(03/07/2007) - Toyota Astra Motor (TAM) menerbitkan surat undangan pemeriksaan dan perbaikan rear axle Kijang Innova per 12 Juni 2007 untuk pemilik Kijang Innova yang dibeli 2005. Dalam surat itu disebutkan, TAM menengarai adanya ketidaksempurnaan pada penggerak roda belakang (rear axle) yang bisa berakibat berkurangnya umur pakai komponen tersebut. Untuk itu Toyota mengadakan pemeriksaan dan penggantian komponen tersebut secara cuma-cuma pada Kijang Innova yang dibeli antara Januari - Agustus 2005 (diproduksi Januari - Juli 2005) pada mobil dengan nomor rangka tertentu.
Tindakan TAM ini kontan menimbulkan dugaan recall diam-diam. Hal itu langsung dibantah oleh Widyawati Deputy Division Head Marketing Planning & Customer Relations TAM. Menurutnya, pemanggilan melalui surat itu semata-mata untuk kenyamanan konsumen. "Karena keterbatasan kapasitas bengkel, bila diumumkan secara terbuka, maka pemilik Innova akan datang bersamaan, padahal tidak semua Innova bermasalah," jelasnya. Selain itu, Sistem di Toyota mampu mendeteksi rear axle yang kemungkinan bermasalah itu dipakai oleh engine number tertentu dan disana sudah ada nama customernya.
Yang bermasalah adalah Innova buatan Mei - Juli 2005 dan dengan nomor rangka tertentu. Tahun lalu, Toyota menemukan indikasi as roda belakang pada Innova nomor rangka tertentu bisa muncul goresan halus. Indikasi itu kemudian diuji oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan nyatanya tidak terbukti muncul scratch. Juga tidak ditemukan scratch pada pemeriksaan maupun keluhan tentang hal itu dari konsumen.
"Namun standar quality control yang ketat dari Toyota tetap mengharuskan pemeriksaan dan penggantian komponen," katanya. Oleh karena itu TAM mengirimkan surat ke pemilik Kijang Innova pada September 2006. Menurut catatannya, melalui surat itu, sekitar 83.5% dari Innova yang terindikasi bermasalah sudah diganti komponennya. Unit yang terindikasi bermasalah sekitar 5% dari total produksi Mei-Juli 2005 atau sekitar 16,000 unit. "Tetapi untuk lebih save, kita advance ke produksi Jan - April 2005," katanya. Maka dikirimlah surat kedua bulan lalu itu.
Proses pemeriksaan dan penggantian membutuhkan waktu sekitar 1.5 - 2 jam. Bila merasa mobil anda termasuk yang terindikasi bermasalah, tapi belum menerima surat, bisa menghubungi bengkel Toyota terdekat untuk mengatur waktu pemeriksaan. Ini khususnya bagi Innova yang sudah ganti pemilik.
info lengkap:
http://www.mobilku.com/cgi-bin/index.cgi?p=6003&id=7064