Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Military

Military Pembahasan mengenai militer seperti tentara, atribut, alat perang hingga sejarah militer didiskusikan disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 14th July 2011
maximillianw's Avatar
maximillianw maximillianw is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: Mar 2011
Location: underground
Posts: 1,876
Rep Power: 39
maximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Gurumaximillianw is Ceriwis Guru
Default Sejarah Mobil Perang Jerman



Ada satu jenis kendaraan, yang identik dengan kendaraan perang. Di Indonesia, kendaraan ini dikenal dengan nama �Jip�. Sebutan �Jip� sendiri diambil dari kata �Jeep� yang merupakan salah satu kendaraan produksi Amerika Serikat.
Jika melihat sejarahnya, sesungguhnya Jeep bukanlah pelopor kendaraan khusus bagi keperluan militer. Tetapi justru nama ini yang nantinya terkenal sebagai kendaraan militer yang legendaris.
Era kendaraan tempur dimulai pada 1933, saat Angkatan Darat Jerman memerintahkan semua pabrik mobil membuat kendaraan yang ke-empat rodanya dapat bergerak bersama-sama, yang akan digunakan untuk keperluan perang. Sistem penggerak ini nantinya disebut sebagai system 4 x 4 atau 4 wheel drive.
Perusahaan pertama yang berhasil memenuhi permintaan ini adalah Mercedes Benz, pada tahun 1933. Mercedes Benz bisa dengan cepat memenuhi pesanan ini dengan cara melakukan modifikasi pada salah satu jenis kendaraan lintas alam (cross country) yang pernah diproduksi pada tahun 1926, yang diberi nama G-Class atau kependekan dari Gelaendewagen (= land cruiser, dalam bahasa inggris). G-Class versi awal ini adalah sebuah truk yang menggunakan 6 roda.
Hasil modifikasinya berupa jip long chassis yang masih menggunakan 6 roda. Baru pada pengembangan berikutnya yaitu tahun 1933, bentuknya berubah total seperti jip, menggunakan 4 roda dan diberi kode produksi G-5.
G5 menggunakan suspensi independen pada bagian depan dan belakang, serta dilengkapi dengan mesin 4 silinder segaris. Daya yang dapat dihasilkan mesin ini sebesar 48 PK (paardekracht = daya kuda).
Tidak lama setelah itu, pabrik mobil BMW memperkenalkan BMW 325, yang bentuk dan spesifikasinya mirip dengan G5. Perbedaannya hanya pada kapasitas mesin.
BMW 325 menggunakan mesin 6 silinder segaris yang sanggup menghasilkan daya 50 PK pada 4.000 putaran mesin per menit (rpm).
Kendaraan tempur hasil produksi kedua pabrik mobil ini kemudian langsung digunakan untuk memulai Perang Dunia II, dengan menyerbu Cekoslovakia pada tahun 1939. Karena perang ini menjadi besar, kebutuhan akan kendaraan perang meningkat secara drastis.
Untuk memenuhi kebutuhan ini Kanselir Jerman, Hitler, memerintahkan Ferdinand Porsche (yang pada tahun 1933 sukses membuat mobil rakyat) untuk membantu mendesain kendaraan tempur lainnya.
Ferdinand Porsche lalu memodifikasi KDF, prototipe mobil yang nantinya populer dengan nama Volkswagen Beetle, menjadi Kubelwagen atau Type 82. Oleh karena mengunakan basis Volkswagen Beetle, maka spesifikasinya sama persis yaitu : menggunakan mesin 1.131 cc, 4 silinder, berpendingin udara, dan diletakkan di bagian belakang mobil.

Perbedaan utama adalah ketinggian kendaraan dari permukaan tanah (ground clearance) dinaikkan, dan sisi kiri-kanan dibuat datar agar mudah diproduksi.
Berbeda dengan Mercedes Benz G5 dan BMW 325, penggerak 4 roda pada Kuebelwagen hanya berfungsi saat gigi persneling berada dalam posisi 1, selanjutnya menjadi 4 x 2.
Awalnya, Kubelwagen sempat diragukan kemampuannya oleh kalangan militer, karena tidak berpenggerak empat roda, mesinnya terletak di belakang dan kapasitasnya kecil. Tapi karena mudah dikendarai dan mampu menjelajahi segala medan, akhirnya Kubelwagen menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan (total produksinya adalah 52.018 unit) dan paling dikenal dalam perang dunia II
Semasa Jenderal Rommel memegang komando di Afrika, Kubelwagen membuktikan keandalan di padang pasir. Demikian juga, saat digunakan untuk melintasi medan berlumpur dan bersalju saat Jerman menyerbu Rusia. Bobotnya yang ringan menjadikan Kubelwagen tidak mudah kandas di medan berlumpur, kalaupun kandas hanya diperlukan dua orang untuk mengangkatnya.
Selain Kubelwagen, Ferdinand Porsche juga mendesain Schwimmwagen (14.276 unit), yaitu satu jenis kendaraan yang daapat digunakan di dua alam (amfibi) yaitu tipe 128 dan tipe 166. Mesinnya sanggup mengeluarkan daya 25 PK. Untuk bergerak di air, pada bagian belakang mobil dilengkapi dengan propeler yang bisa dilipat. Kecepatan begerak di air sekitar 6 kilometer per jam. Cara mengemudikan kendaraan ini di air sama dengan di darat yaitu dengan membelokkan roda depan ke kiri atau ke kanan

Reply With Quote
  #2  
Old 14th July 2011
Hoxhaist's Avatar
Hoxhaist Hoxhaist is offline
Member Aktif
 
Join Date: Dec 2010
Location: Rapat Partai dengan Aidit
Posts: 147
Rep Power: 0
Hoxhaist mempunyai hidup yang Normal
Default

I love KUBELWAGEN
Reply With Quote
  #3  
Old 5th November 2011
DreamWorld's Avatar
DreamWorld DreamWorld is offline
Ceriwis Geek
 
Join Date: Mar 2011
Location: Bandung
Posts: 19,160
Rep Power: 90
DreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis ProphetDreamWorld is Ceriwis Prophet
Default

sayang banget...

mobil2 yg kaya gini skrg udh g ada d jalan
Reply With Quote
  #4  
Old 6th November 2011
Roleyandi Roleyandi is offline
Member
 
Join Date: Aug 2010
Posts: 98
Rep Power: 0
Roleyandi mempunyai hidup yang Normal
Default

haha lucu ya bentuknya
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:26 PM.


no new posts