FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() Jakarta - Miliaran SMS diproyeksikan bakal lalu lalang melewati jaringan telekomunikasi lintas operator yang menghubungkan lebih dari 180 juta nomor telepon seluler dan fixed wireless access (FWA) saat Lebaran nanti. Indonesia saat ini memiliki 11 operator yang memegang lisensi telepon nirkabel bergerak seluler dan telepon nirkabel mobilitas terbatas FWA, yakni Telkomsel (Simpati, As, Halo), Indosat (Mentari, IM3, Matrix, StarOne), dan XL Axiata (Bebas, Xplor). Serta, Natrindo Telepon Seluler (Axis), Hutchison CP Telecom (Tri), Mobile-8 Telecom (Fren, Hepi), Smart Telecom (Smart, Smartfren), Bakrie Telecom (Esia), Telkom (Flexi), Sampoerna Telecom Indonesia (Ceria), dan Batam Bintan Telecom (BBT). Komposisi pelanggan terbesar masih dikuasai Telkomsel dengan 91 juta, Indosat 37,7 juta, XL 35,2 juta, Flexi 16,2 juta, Esia 11 juta, Axis 7,5 juta, Tri 7,5 juta, Mobile-8 2,5 juta, Smart 3 juta, dan sisanya Ceria dan BBT. XL yang punya lisensi seluler, misalnya, memperkirakan pengiriman pesan pendek SMS saat lebaran nanti masih tinggi. Operator yang tergabung dalam grup Axiata ini memproyeksikan pengiriman bisa mencapai satu miliar per hari oleh 35,2 juta pelanggannya. "Kami perkirakan pengiriman SMS bisa mencapai satu miliar walau di hari-hari Ramadan baru mencapai ratusan juta SMS. Untuk itu disiapkan kapasitas hingga 3,7 miliar SMS," ungkap GM Network Operation XL Jabodetabek Region, Agus Nelwan di Menara Prima, Jakarta, Rabu (1/9/2010). Berdasarkan catatan XL pada hari normal, trafik panggilan suara (voice) per hari mencapai 510 juta menit, SMS mencapai 470 juta, dan data terpakai mencapai 8,6 Terabytes. Sedangkan pada H-1 Ramadan, trafik suara meningkat 4%, SMS naik 28%, dan data meningkat 1,2%. "Hingga minggu kedua Ramadan kami mencatat kenaikan trafik suara mencapai 18%, SMS 32%, dan data 29%," lanjut dia. Tak Ada Kendala Ramadan Diungkapkan Agus, selama Ramadan, jaringan di area Jabodetabek tidak mengalami kendala berarti. Hal itu terlihat dari hasil drive test yang dilakukan belum lama ini dengan menggunakan perangkat Test for Mobile System (TEMS) yang harganya mencapai US$ 50 ribu per unit. "Pengetesan kami lakukan di jam sibuk di mana aktivitas serta mobilitas pelanggan tinggi. Uji coba jaringan ini untuk menjamin kenyamanan pelanggan XL," katanya. Dari hasil pengukuran yang dilakukan oleh International Vendor Equipment Provider & Services diperoleh hasil layanan voice XL memiliki tingkat kesuksesan panggilan 99%, delay sambungan 4-5 detik, dan kualitas suara 3,7 Mean Opinion Score (MOS). Sementara untuk layanan data yang diakses menggunakan perangkat bergerak, tingkat kesuksesannya mencapai 100% dengan kecepatan rata-rata 1103,95 Kbps. Terakhir untuk layanan SMS, 100% sampai ke penerima dalam waktu kurang dari 3 menit. Sedangkan pengujian voice dilakukan dengan random calling melalui jumlah sampel 260 panggilan. "Sampai akhir Juni 2010 pelangg an XL di Jabodetabek sekitar 9,7 juta pelanggan. Didukung 6.500 BTS yang terdiri dari 5.000 BTS 2G (GSM&DCS) dan 1.500 BTS (HSDPA) untuk pengguna data," katanya. Khusus untuk layanan SMS lintas operator selama masa puncak lebaran nanti, diingatkan oleh VP Network Quality XL Robert Deddy, kesuksesan pengiriman pesan (originasi) tergantung juga kepada kondisi jaringan operator penerima (terminasi). "Jika untuk pengiriman ke sesama XL tidak ada masalah. Kalau lintas operator itu butuh interkoneksi. Kami memiliki prosedur jika dalam pengiriman pertama gagal, akan diulang secara otomatis hingga empat kali," pungkasnya. Terkait:
|
#2
|
||||
|
||||
![]()
sms? hmm prefer pake three..yang lain sering nyangkut,,,
atau sesuai judul...lalu lalang aja ..alias ga nyampe :nyahaha: Posted via Mobile Device |
![]() |
|
|