Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Health

Health Mencegah lebih baik dari mengobati. Cari tahu dan tanya jawab tentang kesehatan, medis, dan info dokter disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 15th August 2010
younoob's Avatar
younoob younoob is offline
Moderator
 
Join Date: Jul 2010
Posts: 3,790
Rep Power: 28
younoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessedyounoob is blessed
Default 5 Faktor yang Bikin Karyawan Sehat




Tempat kerja sudah lama diduga menjadi sumber penyakit. Data Families and Work Institute (FWI) antara tahun 2002 hingga 2008 mencatat 34 persen penyakit yang diderita pegawai berasal dari tempat kerja itu sendiri.

Tapi menurut Eric Endlich, Ph.D, psikolog kesehatan pekerja di Massachusetts, setidaknya ada 5 faktor yang menentukan kesehatan fisik dan mental seorang pegawai di tempat bekerja, yaitu:

1. Punya kesempatan untuk belajar suatu hal dan juga tantangan
2. Keseimbangan antara urusan pekerjaan dan urusan pribadi
3. Memiliki atasan yang mendukung
4. Sikap saling hormat dan kejujuran sesama karyawan
5. Gaji yang mencukupi


"Lingkungan kerja seperti itulah yang akan membuat seorang pekerja sehat, karena ada unsur tantangan, penghargaan dan harapan," ujar Endlich seperti dikutip dari Health (28/10/2008).

Namun menurut Endlich, faktor yang paling penting diantara semua faktor yang menentukan kesehatan pegawai di tempat kerja adalah keseimbangan antara urusan pekerjaan dan kehidupan pribadi.

"Jika seseorang tidak punya satu unsur itu, pasti mudah sakit. Banyak pegawai yang memprioritaskan pekerjaan di atas segala-galanya. Tapi yang tidak boleh mereka lupakan adalah tidur cukup, belanja, berkumpul dengan teman dan keluarga, konsumsi makanan sehat dan juga olahraga," jelas Endlich.

Endlich menambahkan, stres akibat pekerjaan berhubungan erat dengan jabatan. "Semakin tinggi jabatan seseorang, semakin tinggi pula tekanan hidup dan risiko terkena penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan stres. Mereka harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga," ujar pendiri FWI, Ellen Galinsky.

Endlich pun menyarankan para manajer atau atasan untuk selalu mengingatkan pegawainya tentang pentingnya menjaga kesehatan, termasuk dengan cara tidak menuntut target pekerjaan dan memberikan fleksibilitas jam kerja.

"Sekali-kali membiarkan pegawainya pulang cepat bisa menguntungkan perusahaan. Pekerja dengan jam kerja yang tidak terlalu ketat akan membuat mereka jarang sakit atau stres. Dan itu akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Sekali-kali istirahat dan rileks itu penting," jelas Endlich.


sumber

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:47 AM.


no new posts