Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 23rd April 2016
MAndurung8's Avatar
MAndurung8 MAndurung8 is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Posts: 371
Rep Power: 10
MAndurung8 mempunyai hidup yang Normal
Default Inilah Tarif iklan di tv


Pasti agan sering melihat iklan di tv yang seringtampil pas acara favorit kamu tayang nah apa agan pernah tahu sebenarnya berapa sih biyaya iklan yang agan lihat di tv sekali tayang?
Nah berikut adalah daftar dan kategori Harga

Iklan Di Televisi.

1. Karakteristik Stasiun Televisi

Stasiun televisi yang menyiarkan khusus berita,Olahraga, Musik, atau film akan lebihmenguntungkan advertiser, karena mereka bisa

memilih stasiun tv yang sesuai dengan market. Untuk stasiun yang ber-rating tinggi, maka mematok biaya iklan tv cukup besar, sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah per 15 hingga 30 detik penayangan. Beda lagi tarif untuk tv lokal, biaya iklan tv hanya berkisar 50 ribu hingga 300 ribu rupiah per spot atau sekali tayang dengan durasi sekitar 30 detik.



2. Rating Program Acara

Semakin tinggi sebuah rating acara, maka semakin mahal biaya yang dibandrol untuk iklan tv, contohnya acara Termehek-mehek di Trans TV mematok harga iklan Rp 5,5 juta per slot durasi 30 detik



3. Jenis Penyiaran Acara

Untuk acara yang disiarkan secara tunda atau langsung juga terdapat perbedaan dalam biaya iklan tv yang dipasang. Untuk siaran langsung, harga yang dipatok lebih mahal dibandingkan siaran tunda.



4. Jam Penayangan

Pada trafik penonton yang ramai akan dipasang biaya iklan tv yang lebih mahal dibandingkan jam tayang yang diperkirakan tidak ramai penonton. Seputar Indonesia Pagi RCTI mematok Rp 8 juta, untuk Petang Rp 16 juta, sementara malam hanya Rp 5 juta.



5. Peletakan Iklan

Letak antara iklan dan program acara juga mempengaruhi harga. Iklan yang diputar setelah program acara berlangsung akan dianggap

sebagai posisi pasang iklan yang paling strategis sehingga dipasang harga lebih mahal dibandingkan iklan yang dipasang di antara iklan

lain. Hal ini berkaitan dengan penonton yang suka mengganti chanel siaran ketika iklan berlangsung. Apabila dikalkulasikan, maka rata-rata tarif iklantv terbagi dalam dua jenis, tarif murah berkisar 50

ribu hingga 350 ribu rupiah per spot (durasi15-30 detik) dan tarif mahal berkisar 6 juta hingga 16 juta rupiah per spot (durasi 15-30

detik).


Nah itulah tadi sedikit mengenai informasi

seputar Harga Iklan Di Televisi , Semoga informasi

ini bisa menjadi sedikit menambah wawasan kita semua.



Berikut tentang biaya rata-rata beriklan di TV saat ini, berdasarkan kapan iklan ditayangkan

Jam 00.00-05.00, biayanya sekitar

Rp5.000.000,00 â?? Rp7.000.000,00 per 30 detik.


Jam 05.00-08.00, biayanya sekitar

Rp7.000.000,00 â?? Rp9.500.000,00 per 30 detik.

Jam 08.00-12.00, biayanya sekitar

Rp6.000.000,00 â?? Rp8.000.000,00 per 30 detik.


Jam 12.00-13.00, biayanya sekitar

Rp7.000.000,00 â?? Rp9.500.000,00 per 30 detik.

Jam 13.00-17.00, biayanya sekitar

Rp6.000.000,00 â?? Rp8.000.000,00 per 30 detik.


Jam 17.00-21.00, biayanya sekitar

Rp12.000.000,00 â?? Rp14.000.000,00 per 30

detik.

Jam 21.00-00.00, biayanya sekitar

Rp7.000.000,00 â?? Rp9.500.000,00per 30 detik.




Sekian trit dari ane, yg ternyata no ......



Boleh nya dongg.....

Atau juga boleh.....

minimal lah


Spoiler for Sumber.....:
http://log.palingseru.com/184/mau-tahu-berapa-tarif-iklan-di-tv/






======-UPDATE-======



Quote:Original Posted By KebanyakanNete
tiap TV beda2 gan..

karena ada klasifikasi TV sama klasifikasi segmen penonton. Namanya SES. klasifikasi berdasarkan sosial ekonomi dan status penonton.



Jadi harga tayang TV selain beda utk waktu, beda utk tiap tipe TV dan TERGANTUNG SITUASI KONDISI.



Liat aja ntr tarif iklan pas piala dunia iklan di antv.

ato ketika sahur bulan ramadhan



oiya..rate tiap bulan juga bisa berubah




Quote:Original Posted By AntonnyTan
Selain waktu tayang (Prime Time dan waktu sepi), lalu juga sudah ada yg bilang SES, ada juga jenis iklan. Jenis iklan menentukan tarif iklan.

Dari pengalaman ane di tempat kerja lama, ada beberapa jenis iklan yaitu:

1. TVC jeda acara: ini yg jeda abis acara, yg ini udah pada tau ya, juga udah dbahas di depan, positioning menentukan harga.

2. TVC built in: maksudnya built in, iklan dikemas dalam suatu program acara, namun biasanya tdk terang2n ngiklan. Misal; FTV pemain filmnya naik motor, merk motornya dsorot agak lama, nah itu built in.

3. Program Sponsor: ini yg biasanya "acara ini dipersembahkan oleh" nah inipun banyak jenisnya; title sponsor, main sponsor, side sponsor, dsb dgn tarif dan perbedaan jenis iklan.



Untuk program sponsor, banyak bentuk produk iklan yg dmiliki. Misal; sponsor rokok djarum di acara sepak bola.

Selain iklan jeda yg kita tau, ada jg bentuk lain yaitu;

Spinning Icon: ini yg ada logo djarum muter2 nongol di pojok atas TV

Trus yg layar mengecil dan muncul iklan, ini gua lupa namanya haha

Host Tag: ada logo produk sponsor saat muncul keterangan nama host

Juga berbagai jenis/bentuk lainnya.



Mungkin banyak yg bingung, kalau sponsor tau orang byk yg suka ganti channel saat iklan, knp masih byk yg beriklan, bahkan sampai iklannya lebih panjang dari jam tayang acara tsb?!

Jawabannya yaitu; bonus.

Di perusahaan saya dulu bekerja, kalau kita beli sponsor di acara2 yg rating tinggi, kita kadang2 dapat bonus misal; iklan di acara berita malam, iklan di box office movies (makanya film bioskop diulang2 knp masih ada iklannya), acara lain yg kurang rame, dsb, dan kita tidak bisa pilih positioning utk bonus, makanya byk iklan di acara jeda meski kita tau orang akan ganti channel, karena itu kebanyakan bonus.



Sekian dari ane, TS pajang di Page One biar lebih rame haha..




Quote:Original Posted By aiolian
ane pernah baca, katanya pas pertandingan Indonesia vs Korea di AFC U-19 harga iklan di break match selama pertandingan berlangsung 15 detiknya 500juta, running text iklan pas pertandingan 250 juta.

wow





pengalaman seorang ceriwisser.....



Quote:Original Posted By oo1
bener banget tuh dulu di perusahaan lama ane jg segitu waktu pasang iklan sekitar 15jt-an per 30detik kayaknya

tinggal dikalikan aja berapa kali muncul per hari, perminggu, per bulan.....



yg pasti banyak banget


</div></div></div>

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:22 AM.


no new posts