FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() Welcome to My Thread Quote:Director atau lebih dikenal juga sebagai sutradara, umumnya dalam suatu film mereka lah yang bertanggung jawab atas semua aspek selama produksi film tersebut seperti mengarahkan karakter desain, latar belakang, alur cerita dll. Begitu pula dalam film dan serial animasi, Namun dalam animasi terdapat Sutradara film animasi dan Sutradara animasi. Bedanya, Sutradara animasi yang menangani aspek teknis dari animasi tersebut sedangkan sutradara film animasi yang mengatur segala suatu dalam papan cerita (kata wiki sih gitu tapi nyatanya kadang yang digabung juga ada). Dan pastinya dari banyak sutradara yang menginspirasi sutradara yang lainnya dan memiliki pengaruh untuk dunia industrinya. Tidak hanya sutradara film, sutradara anime (作画監督,Sakuga Kantoku or "Sakkan") pun demikian,. Berikut list sutradara2nya : </span>Quote:1. Osamu Tezuka ![]() Director, Script, Producer, Character Design dll. Lahir 3 November 1928, di Prefektur Osaka, Jepang. Quote:Spoiler for op: <ul style="margin-left:1.5em;list-style:disc;">Tezuka merupakan salah satu pionir dari Anime dan Manga sebab kebanyakan gambarnya memiliki ciri khas mata yang besar dan dari teknik ini lah yang membuat Walt Disney dan Max Fleischer terpengaruh untuk menggunakan teknik yang sama (the Betty Boop, Koko the Clown, Popeye, and Superman cartoons). Tezuka juga dikenal sebagai "Godfather of Anime" Jumlah karyanya hingga 700 volume (lebih dari 150.000 lembar). Dan kebanyakan cerita dan stylenya berasal dari literatur, novel dan film-film barat yang di Jepangkan. ![]() ![]() Quote:3. Satoshi Kon ![]() Director, Animator, Screenwriter dan mangaka Lahir 12 Oktober, 1963 di Koshiro, Hokkaido, Jepang. Quote:Spoiler for bio: <ul style="margin-left:1.5em;list-style:disc;">Lulusan Musashino Art Universoty, jurusan Desain Grafis.(1982) Saat kuliah Kon memulai debut sebagai mangaka dengan mendapatkan juara runner-up di Tetsuya Chiba Awards yang diadakan Young Magazine (Kodansha) dengan manga pendeknya Toriko (1984) (btw ceritanya ga ada hubungannya sama buatan Mitsutoshi Shimabukuro.) Setelah lulus Kon menjadi asisten dari Katsuhiro Otomo (pembuat Akira). Dan menjadi penulis script dari film World Apartment Horror, Pada tahun 1991 Kon bekerja sebagai animator dan layouter untuk anime Roujin Z dan pada tahun 1994 ia menjadi supervisor untuk film anime Patlabor 2 : The Movie, (buatan Mamoru Oshii) Pada tahun 1995 Kon menjadi penulis script, layouter dan art director untuk film anime Magnetic Rose (1 dari 3 film pendek Memories buatan Katsuhiro). Dari situlah karya2 kon selanjutnya bertemakan campuran antara fantasi dan realita. Perfect Blue (berdasarkan novel buatan Yoshikazu Takeuchi dengan judul yang sama) adalah film pertama Kon sebagai Sutradara. Kabarnya Black Swan terinspirasi dari Perfect Blue baik dari cerita maupun adegan2nya. Film kedua Kon adalah Millenium Actress (2002).Meski dengan budget yang sama film ini lebih sukses dari film sebelumnya. Dengan teknik yang sama dengan Perfect Blue dimana ilusi dan kenyataan saling terhubung (kata wiki kayak buat film Trompe-l'œil ). Setelah sukses dengan film ketiga yang bertemakan natal yang ga biasa (Tokyo Godfathers(2003)). Pada tahun 2004 Kon menyutradarai anime series Paranoia Agent, anime yang katanya banyak kotroversi bahkan openingnya pun punya makna tersendiri (penasaran ? cari sendiri). Pada tahun 2006, Paprika menjadi film terakhir Kon. Film yang berdasarkan novel buatan Yoshikazu Takeuchi dengan judul yang sama ini sebenarnya rencananya akan dibuat setelah Perfect Blue namun karena adanya masalah finansial (studio yang buat Perfect Blue bangkrut) akhirnya film tersebut dapat dirilis. Paprika juga menjadi film Kon yang sukses baik di Jepang maupun diluar. Bahkan Cristopher Nolan banyak mendapat inspirasi dari ini (terlihat pada beberapa adegan di filmnya seperti Inception). ![]() ![]() <span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;">4. Shinichiro Watanabe ![]() Director,Screenwriter, dan produser Lahir 24 Mei 1965 di Kyoto, Jepang Quote:Spoiler for bio: <span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;"><div class="spoiler">Spoiler for trendmark:
![]() ![]() Ghost in The Shell (1995) bisa dibilang salah satu karya Oshii yang sangat mencerminkan seluruh karyanya. Film anime yang betemakan Cyberpunk ini merupakan video anime pertama yang dapat memuncaki US Billboard video chart (1996). Berdasarkan Andy Wachowskis sang sutradara Film The Matrix, The Matrix terinspirasi dari Ghost in the Shell Selain itu juga ada James Cameron yang menyukai karya2 Oshii seperti Avalon dan Ghost in the Shell. Setelah 5 tahun hiatus ,Oshii kembali dengan menyutradarai film live-action Jepang-Polandia, Avalon (2001). <div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_57184df373312" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">Saat masih pelajar, Oshii sering menonton film2 eropa yang dibuat oleh Federico Fellini, Ingmar Bergman, Michelangelo Antonioni, dan Jean-Pierre Melville sebagai pelarian dari masalahnya. Dan dari film2 itulah salah satu inspirasi film2 Oshii berasal. Motivasi utama Oshii dalam membuat film adalah untuk membuat dunia yang berbeda dari yang kita punya. Dan kebanyakan filmnya dimulai dengan aksi. Selain itu atmosfir gelap/suram dan philosophically-oriented storytelling ketimbang pengembangan karakter dan plotnya juga ciri khas karya-karyanya. ![]() |
![]() |
|
|