Ane mau nanya, pernah ngeliat kerumunan pengendara motor dan mobil suka tiba-tiba berhenti atau melambatkan laju kendaraan mereka karena lagi merhatiin sesuatu? Pastinya jalanan pun langsung macet. Nah, kalau agan sekalian nemuin kejadian kayak gini, apa yang bakal agan lakuin? Ikutan berhenti, bergabung dalam ke-kepo-an itu, atau tetep lanjut jalan?
Sebetulnya kepo tuh pada dasarnya udah jadi sifat alamiah manusia kok. Udah bawaan manusia sejak lahir. Selain sifat dasar lain kayak ramah, baik, jahat, pelit dan lain-lain. Tapi, ada beberapa tolok ukur yang bisa nunjukin kalau kadar kepo udah menjurus ke arah kebangetan
‘KEKELUARGAAN’ DAN KEPO, BEDA TIPIS
Quote:Di Indonesia, udah biasa kan kalo kita ditanya kayak gini sama seseorang? “Kalo udah gede, kamu mau jadi apa? Mau sekolah di mana? Ambil jurusan apa?” Lah, kalo dipikir-pikir, ngapain juga dia tau kita kalo udah gede mau jadi apa?! Terus, kalo kita jawab, “Mau jadi seniman”, eh... yang nanya malah protes. “Ngapain kamu jadi seniman?! Kan gak ada duitnya.” Lah? Emangnya dia yang kasih makan kita? Mau jadi insinyur kek, mau jadi presiden kek, mau jadi seniman apa kek, itu kan pilihan kita yah. Kenapa dia yang ribet?
Lucunya, pas kita udah gede dan jadi seniman, nanti kita ditanya lagi, “Sekarang tinggal di mana? Kerjanya apa? Udah nikah belum? Anaknya berapa?” Nah, pertanyaan-pertanyaan kayak gini nih yang bikin kita males dateng ke kondangan atau arisan keluarga. Pasti deh harus nyiapin jawaban template. “Tinggal di Tangerang, kerja di Jakarta, udah nikah, anak satu (sambil siapin template senyum manis tapi sebel).”
Kesannya keluarga besar atau teman dan sahabat perhatian banget sama kita. Padahal, kalo dipikir-pikir, sebenernya itu karena kekeluargaan atau KEPO??? Emangnya penting banget ya, mereka harus tau semua hal itu dari kita?
Quote:Nah, kaya video tadi gan. Rasa ingin tahu memang memancing orang untuk bertanya. Bahkan ketika ada kejadian di jalan, orang akan bela-belain berhenti buat sekadar nanya, “Ada apa sih? .... kenapa sih?.. Ada kecelakaan yah? ... Ada yang mati gak?” Nah, coba bayangin kalo semua pengguna jalan bela-belain berhenti cuma buat nanya hal itu sama orang di sebelahnya. Padahal orang yang ditanya juga baru berhenti dan nanya sama orang di depannya. Bikin macet kan?! Lagian, penting banget ya, nanya ada yang mati apa nggak? Kalau mau bantu, ya langsung aja bantuin. Nggak perlu nanya lebih dulu, ada yang mati apa kagak.
<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;">Nah ini dia nih yang bikin kita jadi super kepo. Kita kebanyakan ngurusin hal yang gak penting daripada hal substansial. Coba tanya sama diri sendiri, berapa banyak waktu yang kita habiskan dalam sehari buat nonton tayangan infotainment. Kita nonton karena kita pengen banget kepo sama hidup public figure atau artis. Padahal Komisi Penyiaran Indonesia udah menyatakan tayangan infotainment itu gak mutu. Sedihnya, tayangan-tayangan kayak gini ratingnya malah tinggi. Terus kenapa kita masih nonton? Yak arena kita kurang kerjaan! Dan sekali lagi: emangnya segitu pentingnya kita tau kenapa seleb itu batal kimpoi, selingkuh, punya bini muda, dll? Sodara juga bukan dan kenal juga kagak.
<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;">Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode kedua (Mei-Juni 2015) yang digelar oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) dan 9 (Sembilan) perguruan tinggi negeri di 9 (sembilan) kota di Indonesia salah satunya menyimpulkan, program infotainment dinilai rendah oleh responden.
Indikator penilaian ini berdasarkan aspek penghormatan terhadap kehidupan pribadi, melindungi orang atau kelompok masyarakat tertentu, melindungi kepentingan publik dan hiburan yang sehat. Untuk keempat indikator tersebut, semua program infotainment yang diteliti mendapatkan nilai indeks di bawah 2,5.