
16th August 2010
|
 |
Super Moderator
|
|
Join Date: Jun 2010
Posts: 5,258
Rep Power: 114
|
|
SEO: Strategi Marketing di Era Internet
Di Indonesia, istilah SEO mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang pada umumnya. Mungkin hanya orang-orang tertentu seperti praktisi IT, blogger, dan pelaku bisnis internet marketing yang familiar dengan istilah ini. Pernah saya melakukan survey kecil-kecilan dengan menanyakan pengertian SEO kepada beberapa rekan, dan kebanyakan dari mereka bahkan tidak pernah mendengar istilah ini.
Pertama-tama, apakah SEO itu ? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Secara sederhana, SEO dapat diartikan sebagai teknik-teknik optimasi website yang digunakan untuk menaikkan ranking website Anda hingga halaman 1 Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya.
Menurut Danny Sullivan, seorang mantan wartawan LA Times yang aktif dalam perkembangan dunia teknologi mesin pencari, istilah SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet.
Kehadiran website-website mesin pencari (search engine) di internet, terutama Google sebagai �raja� dari search engine hingga saat ini, telah ikut merubah cara dan strategi banyak perusahaan dalam melakukan pemasaran dan promosi. Menurut Nielsen//NetRating, sebuah lembaga riset media internet, jumlah pengguna Google di tahun 2006 saja sudah mencapai hampir 2,5 milyar, dan angka ini pun terus bertambah drastis !
Artinya, jutaan orang setiap harinya di seluruh dunia menggunakan Google untuk mencari segala informasi yang mereka butuhkan di internet, termasuk mencari vendor atau supplier penyedia produk atau jasa yang sedang mereka butuhkan. Akan sangat disayangkan jika sebuah perusahaan tidak memanfaatkan momentum ini, padahal disitulah pelanggan potensial mereka berada.
Perkembangan SEO di Indonesia sendiri cukup menggembirakan, ditandai dengan bermunculannya konsultan SEO dan cukup banyak orang-orang yang sebenarnya ahli dalam SEO. Banyak perusahaan skala kecil hingga menengah yang menggunakan SEO sebagai strategi pemasaran mereka, karena dinilai lebih cost-efficient dibandingkan media promosi konvensional, sedangkan hasilnya sangat efektif. Bahkan, ada perusahaan yang bisa berkembang hanya berkat Google saja, tanpa usaha-usaha promosi lainnya. Luar biasa bukan ?
Jadi, di jaman web 2.0 seperti sekarang ini, dimana pengguna internet juga semakin membludak, Search Engine seperti Google, Yahoo dan Bing dapat Anda jadikan sebagai salah satu channel marketing dalam mendatangkan pelanggan-pelanggan baru Anda. Menggunakan jasa konsultan SEO dapat membantu Anda menghemat waktu dan menghindari kesalahan yang tidak diperlukan dalam menaikkan posisi website Anda hingga ke halaman 1 Google atau search engine lainnya.
Last edited by blue paradise; 16th August 2010 at 10:49 AM.
|