Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Business > Dunia Kerja

Dunia Kerja Tips-tips dan cerita seputar dunia kerja

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 31st May 2013
faztrack faztrack is offline
Member
 
Join Date: May 2013
Posts: 71
Rep Power: 0
faztrack mempunyai hidup yang Normal
Default Prinsip Dasar Membangun Pelayanan Yang Berkualitas

Dalam bekerja, kita akan berhadapan dengan konsumen. Apapun profesi dan pekerjaan yang kita lakukan, sejatinya kita adalah pelayan bagi pelanggan kita, Oleh karenanya, adalah suatu keharusan untuk memperlakukan mereka dengan baik agar kepuasan dan kepercayaan pelanggan tetap dan terus meningkat. Tanpa adanya kepercayaan dari pelanggan tak mungkin suatu usaha dapat maju dan berkembang.

Citra diri atau nama baik diperoleh dari para pelanggan yang sudah merasakan kepuasan terhadap pelayanan kita. Maka dari itu memberikan pelayanan yang baik agar dapat membangun nama baik perusahaan harus menjadi budaya.

Pengertian pelayanan prima adalah kemampuan diri kita atau perusahaan dalam memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan standar yang telah di tetapkan. Kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang dimiliki. Untuk memenuhi standar pelayanan yang baik, dibutuhkan antara lain :

Karyawan yang berkualitas

Adanya pimpinan yang baik, sistem yang baik, manajemen yang baik tapi tanpa hadirnya karyawan yang berkualitas, maka organisasi tidak akan bisa memberikan pelayanan yang baik. Disinilah peran bimbingan ataupun motivasi dibutuhkan untuk melahirkan sumber daya karyawan yang berkualitas.

Sarana dan Prasarana Lengkap

Kelengkapan sarana dan prasarana yang baik akan sangat membantu karyawan dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

Bertanggung jawab kepada setiap pelanggan sejak awal hingga selesai

Kita harus memberikan pelayanan sepenuhnya kepada pelanggan tanpa mengabaikannya sedikitpun dan tetap berusaha memberikan perhatian penuh kepadanya dalam mengatasi keluhan. Jangan lupa satu hal, yaitu tidak meninggalkannya sebelum konsumen benar benar merasa tuntas.

Melayani secara cepat dan tepat

Melayani secara cepat saja tidak cukup. Ketepatan dalam melayani pelanggan juga penting. Meskipun pelayanan kita tepat sesuai keinginan pelanggan tapi jika kurang cepat, maka pelanggan akan kurang puas. Begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu pelanggan akan memberikan nilai lebih jika kita bisa melayaninya dengan cepat dan tepat.

Komunikasi Efektif

Kemampuan berkomunikasi dengan efektif kepada pelanggan mutlak dibutuhkan. Mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan baik dan ramah , menjawab keluhan pelanggan dan melakukan komunikasi transaksi yang sedang dilakukan dengan tepat.

Wawasan dan Pengetahuan Produk

Sudah jelas kita harus mempunyai pengetahuan sebanyak mungkin mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk/jasa dan pekerjaan atau bisnis yang kita jalankan. Hal ini agar kita bisa menjawab seluruh pertanyaan maupun menyelesaikan keluhan pelanggan.

Memahami kebutuhan pelanggan

Kita harus mampu memahami keluhan pelanggan, kebutuhan pelanggan dan selalu care kepada pelanggan agar kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi. Ketulusan dalam memahami dan melayani kebutuhan pelanggan akan memberi nilai lebih terhadap citra organisasi atau perusahaan.


From our site : http://gofaztrack.com/service-excell...g-berkualitas/

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 07:24 PM.


no new posts