Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Business > Dunia Kerja

Dunia Kerja Tips-tips dan cerita seputar dunia kerja

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 6th May 2011
blueparadise's Avatar
blueparadise blueparadise is offline
Super Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 5,258
Rep Power: 114
blueparadise has disabled reputation
Default Tips Agar Meeting dengan Klien Berjalan Sukses

Meeting dan bertemu klien merupakan bagian dari dunia kerja. Suksesnya sebuah meeting ditentukan dari sikap dan kemampuan Anda menarik perhatian si klien. Lalu bagaimana agar meeting dapat berjalan lancar ?

Seperti dikutip dari eHow, enam tips dasar berikut ini bisa Anda terapkan di dunia profesional.



Tepat waktu

Jika Anda terlambat, poin ketertarikan klien kepada Anda akan berkurang. Norma ketepatan waktu masih dijunjung tinggi di banyak perusahaan. Jadi, apapun alasannya, jangan biarkan orang lain menunggu Anda. Jika Anda terlambat, Anda pun menjadi panik, sehingga memecahkan konsentrasi Anda.

Kesan pertama

Anda harus datang dengan kepercayaan diri yang tinggi. Apalagi jika Anda melakukan meeting untuk pertama kalinya. Hal lain yang perlu dilakukan adalah berjabat tangan dan salam hangat untuk menunjukkan sikap profesional. Jangan lupa juga untuk mengenakan gaya busana profesional untuk membuat Anda tampak lebih smart.

Tunjukkan kemampuan Anda

Pastikan Anda menyiapkan bahan-bahan meeting dan menguasai isu yang ingin Anda sampaikan kepada klien, serta komunikasikanlah secara jelas. Pastikan juga jangan sampai data-data Anda kurang atau tidak bisa dibuka saat sedang pertemuan. Back-up data Anda untuk mencegah hal buruk terjadi.

Presentasi

Jika Anda harus presentasi, siapkan power point yang berisi data-data singkat. Dalam power point, hindarilah data yang terlalu detail karena dapat membuat presentasi Anda menjadi kurang menarik. Untuk apa Anda jelaskan kembali, jika semua informasi sudah Anda masukkan dalam power point.

Komunikasi dua arah

Meskipun Anda yang memiliki tujuan untuk menjelaskan sesuatu kepada klien. Bukan berarti, klien tidak bisa terlibat. Libatkan klien dalam presentasi Anda. Mempersilahkan klien untuk bertanya akan membuat klien merasa lebih dihargai.

Follow-up

Beberapa hari setelah meeting, kembali follow-up klien Anda. Tanyakan kepadanya apakah meeting yang lalu sudah jelas. Anda juga bisa mengajak klien untuk makan siang untuk mempererat hubungan


Sumber : wolipop.com

__________________



Reply With Quote
  #2  
Old 20th December 2018
indah75's Avatar
indah75 indah75 is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Location: Klaten
Posts: 5,189
Rep Power: 16
indah75 mempunyai hidup yang Normal
Default

Yang pasti harus bersikap sopan dan menghargai klien....bagaimanapun kita tetap membutuhkan suatu kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:22 PM.


no new posts