FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lowongan kerja Lagi cari pekerjaan? atau anda seorang employer? masuk sini |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
|||
|
|||
![]()
Mengapa belum dapat kerja? Pertanyaan ini sering di ajukan oleh fresh graduated, hal ini bisa terjadi disebabkan oleh berbagai hal. Antara lain : 1. Hanya melamar kerja yang di koran dan internet. Sebaiknya jangan terpaku dengan iklan yang ada di koran dan internet saja. Tapi yang terutama carilah info dari teman atau sahabat yang juragan kenal. Tanya nama perusahaan mereka bekerja dan melamar disana. Tanpa perlu sebutkan sumbernya dari mereka. 2. Membeli koran hanya hari Sabtu dan Minggu. Juragan yang baik, jika perusahaan segera membutuhkan karyawan maka tidak akan menunggu sampai hari sabtu atau minggu baru memasang iklan. Mereka akan pasang pada hari biasa juga. Kalau yang pasang hari sabtu dan minggu berarti belum urgent dan pastinya prosedurnya berbelit belit. Bacalah koran pada hari biasa juga. 3. Melamar hanya 10 lowongan 1 hari. Juragan yang baik harusnya dalam 1 hari usahakan melamar di 20 perusahaan dan jangan pernah berhenti sebelum berhasil. Apalagi jika lamaran lewat internet. Usahakan setiap hari pasti ada melamar posisi yang sekiranya juragan mampu lakukan. 4. Surat lamaran dan riwayat hidup yang belepotan. Ada yang sudah semangat 45 tapi isi surat lamaran masih berlepotan masih model jaman dinosaurus. Antara lain contoh kalimat pembukanya masih pakai : "Dengan hormat dengan ini saya ingin melamar pekerjaan di perusahaan bapak/ ibu pimpin". kemudiaan diakhiri dengan kalimat jaman dinosaurus "besar harapan saya agar bisa di terima kerja di perusahaan bapak/ibu pimpin". Kalau ini juragan lakukan berarti juragan benar benar manusia dinosaurus juga. Bukankah juragan mengetahui rute dari penerimaan karyawan? belum di interview sudah minta di terima. Harus nya juragan mengajukan diri untuk mendapat kesempatan interview terlebih dahulu. 5. Surat lamaran dan riwayat hidup tiru persis dari internet. Jika juragan bisa ambil Surat lamaran dan riwayat hidup gratis dari internet pastinya HRD tahu juga bukan link yang juragan ambil? saya pernah mendapati surat lamaran yang bentuknya sama persis sekitar 100 buah. Tidak perlu waktu membaca langsung saja dijadikan kertas buram. Tidak kreatif sama sekali. boleh tiru asalkan hanya font times new roman size 12 nya aja gan ![]() 6. Terlalu menghiba hiba dalam surat lamaran. biasanya dengan kalimat " besar harapan saya bisa kerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin". "saya fresh gratuated tidak ada pengalaman kerja". Ini membuat juragan jadi minus tidak percaya diri sama sekali. 7. Terlalu pasrah dengan keadaan. Saya pernah melihat seorang kandidat yang luar biasa hebat. Kandidat ini browsing perusahaan yang ada di daerah nya lalu dikirimkan lamaran lewat internet jika ada web jika ada alamat saja maka lewat pos. Dengan satu kondisi perusahaan itu harus jarang pasang iklan lowongan. hasilnya dia mendapat panggilan yang jauh lebih banyak daripada yang melamar lewat koran. Dan tidak berbelit belit prosesnya. 8. Files yang dikirim terlalu besar. Kirim lah surat lamaran dan cv dengan files yg berukuran kecil, sekitar 70 sampai 120 kb saja. Tidak perlu tambahkan hasil scan, ijazah, transkrip nilai dll yg berukuran besar, karna hasilnya sama saja. 9. Tambahkan photo terbaru. Ini menurut saya penting karna photo menunjukkan penampilan seseorang, lebih baik gunakan jasa photo atau klo tdk ada pke hp dgn resolusi tinggi. Diatas 2 mega pixel mgkn bisa, asalkan hasilnya tdk buram. Kompres photo sampai ukuran 50 kb, dan masukkan langsung pada cv. 10. Jangan gunakan nama email yg masih kekanakan. Pakai nama panggilan saja, contoh nama Romi@gm**l.com agar email anda tidak dicurigai yg tdk" oleh hrd dan juragan tidak dinilai kekanak-kananakan. 11. Email Account Yang Mana? Tentu saja sedapat mungkin Anda harus menggunakan email account pribadi agan. Alamat email gratis atau berbayar sama saja. Yang paling penting, jangan sekali-kali menggunakan alamat email kantor untuk mengirimkan email lamaran Anda. Selain tidak etis bagi tempat kerja Anda, ini juga mungkin akan menimbulkan pertanyaan yang tidak perlu dari perusahaan yang akan menyeleksi lamaran Anda. 12. Judul Email. Judul email Anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email Anda. Karena itu tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, juragan dapat menuliskannya sebagai berikut "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran". Catatan: Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta Anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email Anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan. 13. Dimana Surat Lamaran Ditulis? Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskannya di badan email atau di file tersendiri. Anda dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) Anda di badan email. Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran Anda dengan baik. Pengalaman saya, tidak pernah ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya dituliskan di badan email. 14. Bagaimana dengan Resume (CV)? Jangan menulis resume (CV) Anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda. 15. Jangan menggunakan format yang terlalu keren jika tidak dipinta. Walaupun suatu kantor yang akan juragan lamar itu keren. Belum tentu komputer di ruangan hrd juga ikutan canggih. masih ada perusahaan yang menganak tirikan HRD. jadi asal ada komputer dan internet sudah cukup. belum tentu softwarenya canggih semua. terutama yang pakai word terbaru. usahakan kirim format dimana yang masih pakai word lama masih buka. Karena kalau tidak bisa terbaca maka HRD tidak mungkin mau repot repot membukanya di tempat lain. Kirim kan sesuai dengan permintaan. Apakah di anjurkan pakai pdf atau tidak. Jika tidak jangan gunakan. Saran saya adalah pakai word 1997-2003 agar bisa dibaca, kalau buat agan yang sudah terlanjur buat dalam format word terbaru tinggal save as ke 2003. 16.Kirimkan email pada waktu jam kerja. Agar terkesan professional. Juragan bisa kirim email kapan saja. Akan tetapi email yang di kirim setelah office hour tidak akan di baca sampai besoknya. Jika besoknya perusahaan menerima email application letter yang lain maka email juragan jadi terlewatkan. Usahakan kirim email jam kantor. pagi hari sebaiknya. Karena pihak HRD juga masih rajin lihat email 17. Email Signature Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Signature ini bisa Anda program sendiri, atau bagian dari iklan untuk penyedia jasa email tersebut. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional pada lamaran Anda. Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan signature ini secara otomatis pada semua email yang mereka kirim. Sedangkan Gmail tidak. Inilah alasan pertama saya memilih Gmail untuk mengirimkan lamaran-lamaran saya. 18. Test Kirim Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, juragan juga perlu melakukan test pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran juragan, lengkap dengan attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang Anda tuju. Kirim ke alamat email lain yang Anda punya. Jika Anda hanya mempunyai satu alamat email, Anda bisa membuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau Hotmail. 19. Cek kembali email Setelah email yang juragan kirimkan, di cek kembali apakah sudah terkirim atau tidak. Jika tidak terkirim maka juragan bisa kirim ulang lagi. 20. Berdoa! Wajib nih, biar bisa cepet kerja. Ada usaha kan harus ada doa juga ![]() P.S: Jangan malu bertanya kepada teman, keluarga, tetangga atau saudara mengenai lowongan pekerjaan ![]() Semoga bermanfaat ![]() by: Lovenow(kaskus) dengan sedikit penambahan oleh saya oia buat semua yang punya twitter follow @kaskusloker aja biar cepet dapet info setiap hari maaf jika ane repost ![]() ![]() Terkait:
|
![]() |
|
|