Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
KabelBusi's Avatar
KabelBusi KabelBusi is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 956
Rep Power: 14
KabelBusi mempunyai hidup yang Normal
Default Mengapa Shogun 110 + generator hidrogen

sumber logo shogun: jerren http://malaysianbikers.com.my/forum/...c,63029.0.html

Disini ane akan coba bahas mengapa Shogun 110 R (Shogun Kebo) bisa mencapai kecepatan 130 Km/Jam. jadi agan-agan mungkin bisa menerapkan kharakteristik tersebut di motor agan sendiri. Tidak Bermaksud menggurui, hanya berbagi.

Pertama

Shogun punye per klep doble gan di setiap klepnya, hal ini memberikan reaksi buka tutup klep yang bagus sehingga kuat di RPM tinggi.

per klep



Uploaded with ImageShack.us


[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for per klep 2:






Uploaded with ImageShack.us







Nah, bagi agan yang pengen punya per klep bagus hendaknya cari : Buat honda-per sonic OK tuh, atau per "toyota camry" atau per-per yang lain yang sekiranya punya track record yang bagus, ga tau deh kalau yang aftermarket kayak merek CLD dan semacamnya.

Kedua

Shogun Kebo memakai noken as berdurasi tinggi, dan yang ane liat durasi untuk tongolan exhaust-nya lebih besar dibanding intake-nya profil seperti ini didukung dengan lubang exhaust yang "pipih" di silinder head dan knalpot bawaan tipe "cyclone" bukan "free flow" pastinya
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for noken as:

















Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for noken ori n takayama:












kalau pengen seperti ini, tinggal bubut noken as atau beli aftermarket tipe racing

Ketiga

Shogun punya karburator yang terbilang "Oke" dengan nilai kpresisian main dan pilot jet yang cukup tinggi. dan dibandingkan karburator yang banyak di pakai di motor baru yang "tipe vakum" punya shogun jauh lebih baik. Motor agan yang pake karburator "tipe vakum" hendaknya diganti dengan "tipe konvensional" untuk pembakaran yang lebih bagus dan mengakomodasi hasrat speed lover


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for karburator:












untuk ini ane rekomendasikan karburator raider 125

Ketiga

Konon shogun kebo punye piston n klep yang terbuat dari material yang ringan tapi kuat (banyak diincar mekanik balap)




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for piston:








Uploaded with ImageShack.us








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for klep:








Uploaded with ImageShack.us







rekomendasi: per sonic atawa per Camry

keempat

shogun 110 memiliki profil stroke 48.8mm seperti satria FU, profil seperti ini adalah tipe mesin yang mengandalkan RPM atas atau power baru keluar di zona high end RPM, profil sperti ini bisa dimaksimalkan sampai batas 14.000-an RPM


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for stroke:












rekomendasi: ganti kruk as (serius ente, janganlah kalau ga ngebet2 amat ama speed, masih bisa dimaksimalin kruk as standar)

kelima

Shogun kebo punya CDI unlimiter, hal ini membuat mesin bebas bergerak sampai batas dari kemampuan mesin sendiri. Bagi agan yang belom tau, CDI ini adalah pengatur detak elektrik yang mengatur kapan busi menyala, sayangnya untuk motor2 baru CDI memiliki pembatas/limiter yaitu pada RPM tertentu dia berhenti memberikan progress

rekomendasi: beli CDI yang unlimiter, beli yang PLUG N PLAY aja, biasanya lebih presisi

Keenam

Konon Shogun kebo memiliki plat kopling yang bagus (pantesan mahal per satuan plat) dan per kopling yang responsif. Nah, bagi agan yang speed lover cukup mengganti per koplingnya aja kalau pengen kenceng mengingat susahnya mencari plat kopling yang handal tapi presisi

oya, jangan lupa "porting polish" ini bagus untuk membuat fluida lebih lancar masuk mesin


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for porting sederhana:






Uploaded with ImageShack.us







motor ane udah tua gan, kompresinya udah turun, jadi untuk mengembalikan tenaga mudanya biasanya ane pasang "GENERATOR HIDROGEN" buatan sendiri pake gelas plastik n sendok stainless


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for Generator hidrogen:




nanti aja ane upload videonya

Uploaded with ImageShack.us








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for spek shogun:




sumber: http://www.minimotors.pk/page/sprint...1711014828.jpg.









OKe mungkin segini aja dari ane, smoga bermanfaat


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for info tambahan(DESMODROMIK):




kali ini ane pengen nyampein info2 seputar desmodromik berdasarkan pengertian ane gan

Desmodromik lahir dari dunia balap MotoGP, teknologi ini muncul karena adanya kebutuhan gerakan buka tutup katup/klep/valve yang cepat seiring dengan maraknya penggunaan mesin ber-stroke pendek dalam ajang balapan ini.

Mengapa teknologi lama dengan klep/katup/valve yang menggunakan per/pegas/spring ditinggalkan, ialah karena mesin dengan stroke pendek mampu menghasilkan putaran mesin (rpm) yang sangat tinggi (sampai kisaran 18-20ribu rpm), sehingga dengan menggunakan per/pegas/spring ada kelemahan yakni ada kalanya katup/klep/valve tidak kembali ke posisi semula karena saking cepatnya putaran mesin. hal tersebut menyebabkan power yang dihasilkan menurun saat high end rpm, padahal putaran puncak sangat berguna untuk menyalip rival...

desmodromic



lebih jelas lagi untuk desmo



begitu juga dengan katub pnumatik, alasannya pun sama mengapa sistem ini dipakai

sistem ini ada sistem hidroulik udara seperti yang dipakai pada pintu KRL

gerakan katup/klep/valve digerakkan oleh sistem hidraulik ini...

pnumatik



teknologi desmodromik ada yang tersedia untuk motor2 single silinder


Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for desmodromik [url:




http://www.takegawa.co.jp/2008_takegawa/flash/newitem/img/1103_img/image_j/desmo_main_image.jpg][/url]







beberapa motor di dunia otomotif indonesia yang berkarakteristik stroke pendek, antara lain

Suzuki : Shogun 110, smash generasi pertama, satria FU, Thunder 125

Honda : CS 1, CBR 150

Kawazaki: Ninja 250

Yamaha : stau ane ga ada, RX king iya-tapi toh dia ga pake katup/klep/valve








Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for info tambahan (MENGHITUNG TEKANAN TURBO):




dapet dari forum sebelah itungan untuk menentukan tekanan turbo berdasarkan kompresi mesin. Coba ane kasih ulasan sendiri

Rumusnya

E = C((B / 14.7) + 1)

E= Effective Compression B= boost psi, and C= Static compression

Contoh

Shogun punya kompresi 9.5:1 diberi tekanan boost 1 Psi

maka E=10.1462585

atau E adalah 10:1 bila diberi Boost 1 Psi

masalahnya ada gak super charger/ turbo yang boostnya 1 Psi???

makanya kompresi harus di turunin jadi 8:1, coba ya contoh Shelbi Super Car Ultimate Aero

Shelbi SC Ultimate Aero C = (8.975:1) boost 8 psi (versi SSC pertama),

maka E=13.85935374

jadi kompresi=13.8:1 setelah diberi boost

boost seri berikutnya 14 psi,

Maka E=17.52261905

jadi kompresi=17.5:1 setelah boost

dan mereka mengklaim bisa pake gasoline oktan 91

(mungkin) setingan pengapiannya diatur sedemikian rupa biar gak knocking

kita coba supra X C=9:1 boost 2.5 psi Maka E=10.53061224 dan kompresinya menjadi sama dengan vixion yaitu 10.5:1

coba kalo kita turunin kompresi semua motor jadi 8:1, brapa boost yang boleh dipakai agar tetep bisa minum pertamax dan gak usah mengubah setingan CDI . Coba boost 4 Psi, maka

E=10.17687075 maka C=10.2 : 1 boostnya 4 psi

4 psi atau sama dengan

0.2757902912 BAR atau

0.27218382826 ATM [standard]

0.28122783132 ATM [technical]

ini info kebutuhan bahan bakar berdasarkan nilai kompresi

Kompresi 7:1 � 9:1 cukup pekai Premium (Oktan 88)

Kompresi 9:1 � 10:1 sebaiknya mengunakan Pertamax (Oktan 92)

Kompresi 10:1 � 11:1 pakai Pertamax Plus (Oktan 95) saja

smoga infonya berguna gan







Kalau suka jangan lupa ngasih melon

Kalau agan Benci, jangan di- BATA ya




Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
[spoiler=open this] for catatan:




"yang mau nekat pakai aja ini http://i806.photobucket.com/albums/y...C07745KP35.jpg "









Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 01:57 PM.


no new posts