Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
RajaNgtrek's Avatar
RajaNgtrek RajaNgtrek is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 710
Rep Power: 13
RajaNgtrek mempunyai hidup yang Normal
Default naikin power motor standard

Untuk meningkatkan daya atau power mesin motor standart yang biasa disebut tune up, perlu diusahakan perubahan-perubahan pada beberapa hal :

1. Meningkatkan / menaikkan perbandingan kompresi.

2. Memperbaiki porting IN maupun EX supaya pemasukan bahan bakar menjadi lancar dan baik.

3. Merubah durasi, Lift noken as.

4. Mengubah pengapian (apabila dalam perlombaan diperbolehkan).

5. Mengubah rasio dengan Close Rasio.

6. Setting karburator.

KOMPRESI

Meningkatkan perbandingan kompresi (Compretion Ratio = CR) adalah cara awal yang ditempuh oleh para mekanik untuk meningkatkan power mesin. Namun demikian untuk meningkatkan perbandingan kompresi perlu diperhatikan beberapa faktor, antara lain :

1. Bahan bakar yang digunakan.

2. Kwalitas piston yang digunakan.

CARA MENAIKKAN KOMPRESI :

1. Mengganti piston dengan model racing.

2. Mendekatkan deck clearance.

3. Membubut Head.

4. Mengelas Head.

5. Membubut Blok dan Piston.

CARA MENURUNKAN KOMPRESI :

1. Merimer dome pada head.

2. Memperdalam coakan klep pada piston.

3. Membubut piston.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :

1. Power mesin meningkat.

2. Final gear menjadi berat.

3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.

KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :

1. Mesin menjadi cepat panas.

2. Engine break menjadi besar dan kasar.

3. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, sering terjadi detonasi.



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 07:51 PM.


no new posts