FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]()
Tune Up kendaraan, sebuah rutinitas yang biasa kita lakukan setiap bulan untuk mejaga kondisi mesin selalu dalam kondisi fit dan siap digunakan tanpa permasalahan yang berarti, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita mentune up kendaraan kita di bengkel karena jika kita tidak jeli akan berakibat fatal bagi kendaraan kita. Hal yang harus diperhatikan adalah : 1. Pergantian Oli yang benar dengan kompressor angin Seringkali saya perhatikan beberapa bengkel masih menggunakan angin kompressor untuk membersihkan oli yang ada diruang mesin, sebenarnya hal ini dapat merusak mesin karena didalam tabung kompressor angin banyak tersimpan uap air yang dapat masuk melalu saluran kompressor yang yang ditiup kedalam mesin kendaraan. Akibatnya mesin akan cepat berkarat dan rusak karena korosi akan terjadi terus menerus di dalam mesin. 2. Sering dan lama mengakselerasi mesin dengan kecepatan tinggi Selain pergatian oli yang salah, banyak juga mekanik yang melakukan akselerasi kecepatan mesin pada kecepatan tinggi selain sering dilakukan, terkadang sampai beberapa menit. Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan meskipun dengan alasan mengetest kondisi mesin, karena hal ini jika dilakukan terus menerus akan merusak mesin kendaraan mungkin sesekali tidak masalah tapi jika dilakukan sering dan lama akan mengakibatkan kendaraan menjadi tambah bermasalah 3. Sering Gonta Ganti Mekanik Sebenarnya ini bukan kesalahan tapi sedikit pemecahan masalah yang mungkin bisa kita lakukan karena bagaimanapun proses tune up tetap dilakukan seorang mekanik, Jangan terlalu sering ganti mekanik karena tehnik yang digunakan mekanik yang berbeda-beda meskipun di bengkel besar sekalipun dan sudah ada SOP. Dengan tidak sering ganti akan membuat kondisi lebih baik karena jika satu mekanik yang memegang service atau tune up kendaraan kita akan lebih tahu history kendaraan dan tentunya kita akan mengenal dan jika ada kesalahan diatas akan mudah untuk di ingatkan. Semoga TS nubie bermanfaat. Ane gak nolak kalo di kasih ![]() ![]() ![]() ![]() Komen agan-agan di thread ane: [/spoiler][spoiler=open this] for komeng: [/quote] Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Originally Posted by gapakecerita ![]() nambahin aja yh gan.... wa lupa namanya yg bisa ngebersihin kerak kerak yg ada di ruang bakar... klo nda salah SEC... caranya masukin SEC ke semua lubang busi... klo yg 4 cylinder 4 4nya di masukin... don't forger buka dulu businya ^^,klo dah dimasukin diemin 15 menitan... klo udah di buang dengan cara menstater mesin (jgn lupa di tutup pake kain ato apa lah biar ga berhamburan kemana mana cairanya,trus jgn sampe kena ma api dari kabel businya(biar kabel busi ga keluar api cabut aje FUSE EFI klo yg udah efi ![]() ![]() biz itu di semprot pake angin compresor... semprotin jg di throttlenya klo kotor biar bersih ^^ (KLO KAGA TW JGN DI LAKUIN,,COZ BISA BIKIN JEBOL MESIN LHO) tenaganya bakalan mantapz deh tuh mobil ^^ cuma itu yg ane tw gan ^^ SEMOGA BERMANFAAT... Nih thread ane yg lain: MANFAAT KACANG KEDELAI: http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6414037 12 JOKES SINGKAT: http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6413761 CEWE SOK TAU!!: http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6413695 TIPS MENINGKATKAN KAPASITAS OTAK: http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6413377 THE MIRACLE OF WATER: http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6404258 YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA MEN-TUNE UP MOBIL: http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6370459 CURHAT!: http://www.kaskus.co.id/editpost.php?do...st&p=339467921 Terkait:
|
![]() |
|
|