Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
Gorillaks's Avatar
Gorillaks Gorillaks is offline
Ceriwis Pro
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 2,011
Rep Power: 15
Gorillaks mempunyai hidup yang Normal
Default Yang Harus Diperhatikan Ketika Men-TuneUp Kendaraan Di Bengkel

Tune Up kendaraan, sebuah rutinitas yang biasa kita lakukan setiap bulan untuk mejaga kondisi mesin selalu dalam kondisi fit dan siap digunakan tanpa permasalahan yang berarti, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita mentune up kendaraan kita di bengkel karena jika kita tidak jeli akan berakibat fatal bagi kendaraan kita.



Hal yang harus diperhatikan adalah :



1. Pergantian Oli yang benar dengan kompressor angin



Seringkali saya perhatikan beberapa bengkel masih menggunakan angin kompressor untuk membersihkan oli yang ada diruang mesin, sebenarnya hal ini dapat merusak mesin karena didalam tabung kompressor angin banyak tersimpan uap air yang dapat masuk melalu saluran kompressor yang yang ditiup kedalam mesin kendaraan. Akibatnya mesin akan cepat berkarat dan rusak karena korosi akan terjadi terus menerus di dalam mesin.



2. Sering dan lama mengakselerasi mesin dengan kecepatan tinggi



Selain pergatian oli yang salah, banyak juga mekanik yang melakukan akselerasi kecepatan mesin pada kecepatan tinggi selain sering dilakukan, terkadang sampai beberapa menit.



Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan meskipun dengan alasan mengetest kondisi mesin, karena hal ini jika dilakukan terus menerus akan merusak mesin kendaraan mungkin sesekali tidak masalah tapi jika dilakukan sering dan lama akan mengakibatkan kendaraan menjadi tambah bermasalah




3. Sering Gonta Ganti Mekanik



Sebenarnya ini bukan kesalahan tapi sedikit pemecahan masalah yang mungkin bisa kita lakukan karena bagaimanapun proses tune up tetap dilakukan seorang mekanik, Jangan terlalu sering ganti mekanik karena tehnik yang digunakan mekanik yang berbeda-beda meskipun di bengkel besar sekalipun dan sudah ada SOP.



Dengan tidak sering ganti akan membuat kondisi lebih baik karena jika satu mekanik yang memegang service atau tune up kendaraan kita akan lebih tahu history kendaraan dan tentunya kita akan mengenal dan jika ada kesalahan diatas akan mudah untuk di ingatkan.



Semoga TS nubie bermanfaat.



Ane gak nolak kalo di kasih tapi jangan ane gan. Tapi kalo belum ISO, ane rela di gan....



Komen agan-agan di thread ane:


[/spoiler][spoiler=open this] for komeng:







[/quote]
Quote:






Originally Posted by yogi1303



klo ane pas tune up di bengkel, biasanya nongkrong di samping kap mesin...

lihatin caranya trus sambil tanya ini itu







Quote:






Originally Posted by Eric_123



Tambahan:

1. Ganti olie 3 X usahakan pakai egine flush, biar mesin bersih dan yahud...kalau tdk pakai egine flush kuras bilas dng olie baru yg murahan.

2. 2 x ganti olie harus ganti filter olie, usahakan yg ori







Quote:






Originally Posted by reymons



nais info gan

ane ganti oli ndri, tanpa compresor.

caranya di diemin aj semaleman netes2, kira2 cara ntu bagus gak gan?







Quote:






Originally Posted by Aliahsan



like dis...

ayo donk sharing lg pengalamannya, biar yg blm pengalaman jd tw...







Quote:






Originally Posted by old brother



Nice tips Gan........


Keep Posting gan..

thanks for share!!










Quote:






Originally Posted by umarmoreno



nice shareee..ane baruu pahaammm..hehehee








[quote]






Originally Posted by gapakecerita



nambahin aja yh gan....



wa lupa namanya yg bisa ngebersihin kerak kerak yg ada di ruang bakar...

klo nda salah SEC...



caranya masukin SEC ke semua lubang busi...

klo yg 4 cylinder 4 4nya di masukin... don't forger buka dulu businya ^^,klo dah dimasukin diemin 15 menitan... klo udah di buang dengan cara menstater mesin (jgn lupa di tutup pake kain ato apa lah biar ga berhamburan kemana mana cairanya,trus jgn sampe kena ma api dari kabel businya(biar kabel busi ga keluar api cabut aje FUSE EFI klo yg udah efi ) klo kaga bakalan kebakar..klo banyak masukin nya max 5x stater lah durasi 5 detikan(hati hati ACCU ga kuat stater ) ...

biz itu di semprot pake angin compresor...



semprotin jg di throttlenya klo kotor biar bersih ^^

(KLO KAGA TW JGN DI LAKUIN,,COZ BISA BIKIN JEBOL MESIN LHO)



tenaganya bakalan mantapz deh tuh mobil ^^

cuma itu yg ane tw gan ^^





SEMOGA BERMANFAAT...

















Nih thread ane yg lain:



MANFAAT KACANG KEDELAI:

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6414037



12 JOKES SINGKAT:

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6413761



CEWE SOK TAU!!:

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6413695



TIPS MENINGKATKAN KAPASITAS OTAK:

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6413377



THE MIRACLE OF WATER:

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6404258



YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA MEN-TUNE UP MOBIL:

http://www.ceriwis.us/showthread.php?t=6370459



CURHAT!:

http://www.kaskus.co.id/editpost.php?do...st&p=339467921





Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 10:11 PM.


no new posts