JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan lalu diumumkan, ada tambahan investasi 350 juta dollar Amerika atau Rp3,14 triliun yang dilakukan pihak Mazda dan Ford di pabrik AutoAlliance Thailand (ATT). Ternyata langkah ini menuai hasil peluncuran produk baru tahun depan, tak hanya Ford tapi juga Mazda.
Nah, PT Mazda Motor Indonesia (MMI), ATPM Mazda di Indonesia menyatakan, pihaknya punya rencana meluncurkan All New BT-50 tahun depan. Produk ini merupakan hasil pengembangan dengan Ford Ranger yang juga bakal dipasarkan 2011 di Tanah Air.
"Rencananya seperti itu (tahun depan). Tapi kapan pastinya kami masih belum bisa disclose, karena investasi di Thailand itu baru efektif mulai tahun depan," ujar Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Widjana.
Sementara itu, pada Agustus lalu, total penjualan ritel Mazda di pasar domestik dikabarkan kembali mencatatkan rekor baru mencapai 680 unit dari Juli 2010 hanya 674 unit. Sedang penjualan wholesales justru menurun dari 737 menjadi hanya 607 unit.
Seperti diprediksi, produk terbaru Mazda2 tetap menjadi primadona sekaligus penyumbang penjualan terbanyak. Komposisinya, jelas Astrid, Mazda2 hatchback rata-rata per bulan 350 unit, sedangkan tipe sedan 50-60an unit.
Pihak MMI tetap mengejar target 6.000 unit sampai akhir tahun ini. Meski berat, Yoshiya Horigome, Presiden Direktur MMI mengaku tetap optimis akan mencapai target yang ditentukan. "Sampai Agustus penjualan kami memang baru 3.800-an unit, untuk itu dalam empat bulan terakhir ini (2010) harus digenjot penjualannya," jelas Horigome.
Sumber:
TeKaPe