Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Mobil

Mobil Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Mobil.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 20th October 2012
AnakIlangs's Avatar
AnakIlangs AnakIlangs is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: Oct 2012
Posts: 1,931
Rep Power: 15
AnakIlangs mempunyai hidup yang Normal
Default Mengatasi Ban Botak (suzuki APV)

Tips Mengatasi Ban Botak (suzuki APV)




Membahas kelemahan kendaraan jenis APV, untuk kendaraan baru biasanya pada kilometer 20.000 akan menjumpai ban depan kanan dibawah supir mengalami kebotakan di bagian dalam. Tingkat keausan antara mobil Apv yang satu dengan yang lainnya tidak seragam tetapi berbeda-beda antara mobil yang satu dengan mobil yang lainnya tergantung derajat kemiringan. Kebotakan bagian dalam ini disebabkan karena adanya kemiringan camber menuju ke negatif. Bedasakan informasi dari bengkel spooring didapatkan informasi bahwa Hal ini memang bawaan alami dari mobil Suzuki Apv, sehingga masalah kebotakan ban depan kanan telah terjadi pada mobil apv baru, terlebih lagi untuk mobil apv yang lama.



Apabila derajat kemiringan ini tidak dikoreksi maka akan menimbulkan ketidaknyamanan suspensi, dan ban yang cepat aus. Masalah kemiringan ban depan apabila tidak segera diatasi ini akan merembet ke ball join atau peralatan kaki kaki mobil yang lain. Berikut ini digambarkan apa yang menyebabkan ban depan kanan dibawah sopir cepat botak .







Silakan lihat gambar disamping kanan, apabila chamber negatif maka ban bagian dalam miring ke dalam sehingga yang cepat aus bagian dalam, apabila chamber positip maka ban bagian luarlah yang cepat aus.



Penyetalan camber mobil semacam apv tidak mudah karena memang tidak ada bagian yang dapat digeser kearah luar ataupun kearah dalam, sehingga apabila ban miring kedalam atau keluar maka selamanya akan miring, padahal nilai kemiringan ban 1 mm pada poros ban akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan aus ban semakin besar derajat kemiringan maka akan semakin cepat.



Untuk mengatasi problem camber, cara yang paling sederhana bengkel spooring mengganti baut chamber yang atas, dengan baut khusus yang dapat digunakan untuk mengkoreksi derajat kemiringan ban. Dengan mengganti baut asli mobil apv ternyata polos (gambar bawah), dengan baut yang berbentuk seperti nokken as (gambar atas) yang terdapat tonjolan yang apabila baut diputar maka tonjolan akan mendorong ban dari posisi derajat negatif menuju posisi derajat positip yang diinginkan sehingga untuk sementara dapat dikoreksi, sehingga masalah kebotakan ban dibagian dalam dapat diatasi. Baut seperti ini dapat diaplikasikan untuk mobil yang lain seperti Toyota Avanza dan lainnya.




[/spoiler][spoiler=open this] for gambar:
















maaf klo salah kamar...



ane cuma mengharapkan segar



sumber : Harga Suzuki Mobil



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 09:29 PM.


no new posts