Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > News > Nasional

Nasional Berita dalam negeri, informasi terupdate bisa kamu temukan disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 7th June 2010
bawel's Avatar
bawel bawel is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2010
Location: wherever i want
Posts: 477
Rep Power: 17
bawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baik
Exclamation Garuda Indonesia Terbang Lagi ke Eropa



Quote:
Tepat pukul 20.48 pada tanggal 1 Juni 2010, pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-200 dengan nomor penerbangan GA 088 take off dari Bandara International Soekarno-Hatta, Cengkareng, untuk melakukan penerbangan perdana Jakarta � Amsterdam via Dubai setelah jalur ini dihentikan kurang lebih enam tahun lalu.

Pesawat yang di piloti oleh Direktur Operasi PT Garuda Indonesia (GA) ini mayoritas berisi para undangan GA, termasuk Menteri Negara BUMN, beberapa Pimpinan dan Anggota DPR � RI, Duta Besar Uni Eropa di Indonesia, Duta Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, para wartawan dalam dan luar negeri serta sejumlah undangan lainnya termasuk penulis.

Setelah terbang selama kurang lebih 13 jam ditambah transit di Bandara Dubai sekitar 1 jam, pukul 08.00 waktu Amsterdam pesawat GA 088 mendarat di bandara Schiphol Amsterdam dan disambut dengan guyuran air dari mobil pemadam kebakaran setempat sebagai ucapan selamat datang kembali penerbangan GA di Amsterdam.

Pesawat Airbus 330-200 cukup nyaman, hanya saja ada beberapa hal yang menurut saya harus dicermati oleh manajemen GA dalam menghadapi persaingan global dengan maskapai penerbangan lainnya yang mempunyai rute penerbangan yang sama dengan GA, Jakarta � Dubai - Amsterdam. Beberapa hal tersebut menyangkut masalah kenyamanan penumpang saat terbang dengan GA.

Kenyamanan Terbang


Penggunaan pesawat jenis A 330 � 200 untuk rute panjang Jakarta � Amsterdam atau kota-kota lain di Eropa yang akan segera dijangkau oleh GA, seperti Frankfurt, London dan Roma memang kurang nyaman dibandingkan dengan pesawat lainnya seperti Boeing 777-200/300, khususnya bagi penumpang di kelas Y atau kelas ekonomi. Kenyamanan kursi menjadi salah satu faktor utama kalau kita terbang lebih dari 5 jam. Semakin nyaman kursi di pesawat maka akan semakin cepat kita beraktivitas setelah mendarat.

Ketidaknyamanan duduk di kelas ekonomi A 330-200 GA 088 ini terletak pada daya rebah (reclining) dari kursi yang kurang nyaman sehingga begitu kita terbangun dari tidur, leher terasa pegal-pegal. Kontur kursipun kurang nyaman, sedangkan jarak satu tempat duduk dengan lainnya sudah cukup. Di kelas C atau bisnis, posisi kursi untuk duduk dan tidur sangat nyaman, karena bisa tidur secara vertikal layaknya di rumah.

Dari segi kenyamanan terbang saat terjadi turbulensi juga kurang nyaman mungkin karena tubuh pesawat A 330 � 200 relatif kecil untuk penerbangan jarak jauh. Berbeda jika kita terbang menggunakan pesawat A 380 atau B 777 atau B 747 seri apapun. Bagi penumpang yang cemas menghadapi kondisi turbulensi yang panjang, seperti saat penerbangan kembali dari Dubai � Jakarta, tentunya akan mengurangi kenyamanan dalam penerbangan.

Dari segi penyajian hiburan, menurut hemat saya sudah baik untuk kelas ekonomi maupun bisnis. Sajian hiburan melalui film-film dan musik terkini seperti yang disajikan oleh maskapai global lainnya sudah memadai. Hanya saja layar TV tidak menyajikan real time posisi pesawat, kondisi temperatur di tempat tujuan, sisa waktu tempuh dan lain-lain seperti yang disajikan oleh maskapai penerbangan global lainnya.

Awak kabin ramah dan enak dipandang dengan seragam barunya. Sedangkan menunya dibawah supervisi pakar kuliner Willem Wongso juga menyegarkan untuk lidah pribumi maupun asing, baik di kelas ekonomi maupun bisnis. Hanya saja sarapan paginya di kelas bisnis kurang bervariasi karena hanya disajikan teh/kopi, irisan buah dan keju serta aneka jenis roti. Sehingga penumpang di kelas bisnis banyak yang kaget ketika hanya itu menu sarapannya.

Pembenahan Wajib Demi Kompetisi

Dalam mengambil kembali penerbangan rute Eropa yang kompetitif, GA dalam enam bulan kedepan sebaiknya masih memberlakukan program promosi untuk menarik kembali minat konsumen lokal maupun mancanegara. Tarif harus kompetitif dengan maskapai lain yang mempunyai rute sama, yaitu Jakarta-Dubai-Amsterdam atau rute lain tetapi destinasi Amsterdam.

Saat ini meski masih dalam masa promosi namun kalau terbang sendirian, tiket GA Jakarta-Amsterdam-Jakarta masih mahal. Untuk kelas ekonomi USD 1.400 (pada masa promosi harga tersebut untuk 2 orang dengan menggunakan kartu kredit tertentu) dan kelas bisnis USD 4.000 (berdasarkan pembicaraan dengan beberapa personal GA). Jadi tiket GA masih mahal jika dibandingkan dengan Emirat atau Etihad yang hanya sekitar USD 3.500 untuk kelas bisnis dan USD 1.200 an untuk kelas ekonomi.

Dari segi waktu bagi pebisnis, semakin pagi tiba di tujuan akan semakin baik karena bisa langsung bekerja. GA sampai Amsterdam sekitar jam 08.00 sedangkan sampai di Jakarta juga sekitar jam 08.00. Jika dimungkinkan penerbangan GA harus bisa tiba lebih awal dari jadwal saat ini. Kemarin penerbangan kembali ke Jakarta mengalami keterlambatan kurang lebih 1 jam dikarenakan adanya inspeksi dari otoritas penerbangan Belanda di cockpit pesawat.

Selain itu tidak ada salahnya jika GA bisa mengganti pesawat yang digunakan dengan pesawat yang lebih besar atau memperbaiki kursi di kelas ekonomi, agar kenyamanan penumpang lebih baik. Selain itu menurut beberapa ahli penerbangan, untuk penerbangan jarak jauh kapasita penumpang minimal 250 tempat duduk dan 80% seats terisi agar ekonomis, sedangkan A 330-200 hanya mempunyai kapasitas 220 penumpang. Jadi saya khawatir kerugian yang harus ditanggung GA cukup besar jika tetap menggunakan A 330-200 untuk penerbangan ke Eropa.

Terlepas dari itu semua, kita berharap semoga GA bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Jangan hanya karena mau IPO dalam waktu dekat upaya besar-besaran diupayakan oleh manajemen, meski merugi. Pelayanan kepada konsumen harus optimal namun tariff kompetitif dan meraih laba. Dalam persaingan global yang keras ini, GA harus siap terus dan selalu muncul dengan inovasi kreatif yang bisa meningkatkan penjualan (sales), bukan memperbanyak hutang.



Last edited by azal azores; 8th June 2010 at 12:40 PM.
Reply With Quote
  #2  
Old 7th June 2010
jsdh's Avatar
jsdh jsdh is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2010
Location: ..antar nona dalam propinsi..
Posts: 766
Rep Power: 18
jsdh is a Good manjsdh is a Good manjsdh is a Good manjsdh is a Good man
Default

semoga selamat ampe tujuan dah ndan.....
miris kalo harus jatoh molooooooooooo
Reply With Quote
  #3  
Old 7th June 2010
bawel's Avatar
bawel bawel is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2010
Location: wherever i want
Posts: 477
Rep Power: 17
bawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baikbawel memiliki reputasi yang sangat baik
Default

garuda indonesia masi mendink kali ya ndan..tp ttp aja yg namanya kecelakaan kalo emg mau terjadi yaa ga bs dielakkan
Reply With Quote
  #4  
Old 8th June 2010
GILABOSS's Avatar
GILABOSS GILABOSS is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 511
Rep Power: 16
GILABOSS sebentar lagi akan terkenalGILABOSS sebentar lagi akan terkenal
Default

puji Tuhan...! brarti nama indonesia... sdh smakin baik d mata dunia ya ndan! :bravo: smoga pihak garuda mnjaga nama maskapainy... lebih teliti... ngecek pesawat, kru2 ny... biar jngn jatoh mulu.... sdh bayar mahal... s slamat ga dapat juga......
Reply With Quote
  #5  
Old 8th June 2010
Mcld's Avatar
Mcld Mcld is offline
Newbie
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 3
Rep Power: 0
Mcld mempunyai hidup yang Normal
Default

wowow ,,..
Reply With Quote
  #6  
Old 8th June 2010
tigerputih's Avatar
tigerputih tigerputih is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Jun 2010
Location: Kota Bunga
Posts: 451
Rep Power: 17
tigerputih memiliki kawan yg banyaktigerputih memiliki kawan yg banyaktigerputih memiliki kawan yg banyaktigerputih memiliki kawan yg banyak
Default

semoga makin dipertahankan supaya bisa langgeng...INDONESIA untung GARUDA INDONESIA untung
Reply With Quote
  #7  
Old 9th June 2010
henderagade henderagade is offline
Newborn
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 2
Rep Power: 0
henderagade mempunyai hidup yang Normal
Default

bagus lah,indonesia bisa memperbaiki citranya
Reply With Quote
  #8  
Old 9th June 2010
keonk's Avatar
keonk keonk is offline
Newbie
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 13
Rep Power: 0
keonk mempunyai hidup yang Normal
Default

Selamat buat GI...
semoga Indonesia jadi lebih Baik di mata internasional...
khusus nya Transfortasi udara...
Reply With Quote
  #9  
Old 9th June 2010
deejee's Avatar
deejee deejee is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: May 2010
Location: bersama TheLaknat & Para
Posts: 1,773
Rep Power: 19
deejee memiliki reputasi yang sangat baikdeejee memiliki reputasi yang sangat baikdeejee memiliki reputasi yang sangat baikdeejee memiliki reputasi yang sangat baikdeejee memiliki reputasi yang sangat baik
Default

memang paling terbaik di indonesia cuma garuda... :araara:
Reply With Quote
  #10  
Old 9th June 2010
mustafa mustafa is offline
Ceriwis Lover
 
Join Date: Apr 2010
Posts: 1,917
Rep Power: 18
mustafa mempunyai hidup yang Normal
Default

moga garuda indonesia tambah maju dan berjaya
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 06:30 AM.


no new posts