Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor

Mobil & Motor Diskusi antar pemilik mobil dan motor. Sharing tips dari mulai spareparts,kerusakan, hingga bengkel terbaik bisa didapat disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 29th January 2011
kidtian's Avatar
kidtian kidtian is offline
Enthusiast
 
Join Date: Sep 2010
Location: barmel ? silahk
Posts: 3,786
Rep Power: 33
kidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important personkidtian is very very important person
Default Ditemukan elektrolit untuk menjaga suhu sel li-ion tidak tinggi!!

maaf sebelumnya klo repost..ne dia..

Spoiler for buka:

Mercedes-Benz
Modul baterai lithium-ion yang digunakan Mercedes-Benz pada mobil listrik



WUHAN, KOMPAS.com � Satu tim riset dari Universitas Sain dan Teknologi Huazhong, China, menagaku telah berhasil menemukan material elektrolit canggih yang disebut LiFNFSI untuk menjanga suhu baterai lithium-ion. Tim tersebut telah melakukan beberapa tes terhadap material pengganti elektrolit konvensional seperti LiPF6. Hongbo Han, seorang anggota dari tim riset tersebut, kunci dari penemuan adalah stabilitas panas baterai dengan menggunakan LiFNFSI.
Elektrolit tersebut mempunyai 1,0 M LiFNFSI dalam campuran karbonat etil (ethyl carbonate) dan kabon metil etil (ethyl mthyl carbonate) dengan daya hantar tinggi dibandingkan dengan LiClO4, punya stabilitas elektrokimia yang baik dan tidak menyebakan korosi terhadap aluminiun.
Pada suhu ruang 25 derajat celcius dan kemudian dinaik sampai 60 derajat celciud, sel grafit/LiCoO2 dengan LiFNFSI memperlihatkansiklus kerja lebih baik dibandingkan LiPF6. Terutama pada suhu 60 derajat Celcius. Penurunan sel elektrolit yang menggunakan bahan dasar LiFNFSI tanpa aditif, hanya 37 persen setelah bekerja dengan 100 siklus. Sedangkan sel dengan LiPF6 yang digunakan baterai lithium-ion, mengalami penurunan kemampuan cepat pada suhu tersebut.
Brerdasarkan tes materail elektrolit LiFNFSI, diperlihatkan kemamampuan untuk meningkatkan kinerja baterai yang bekerja pada suhu tinggi. Pada aplikasi otomotif, kemampuan bahan mencegah terjadinya panas tersebut sangat menguntungkan. Produsen mobil tidak perlu lagi menggunakan teknik pendingin cairan untuk mencegah suhu baterai tinggi, terutama pada mobil listrik dah hibrida plug-in.

Reply With Quote
  #2  
Old 10th April 2011
aix's Avatar
aix aix is offline
Ceriwiser
 
Join Date: Jul 2010
Posts: 815
Rep Power: 30
aix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important personaix is very very important person
Default

nice infoh ndan... keep posting ndan
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 03:37 PM.


no new posts