
8th January 2011
|
 |
Member Aktif
|
|
Join Date: Nov 2010
Posts: 227
Rep Power: 0
|
|
...Penjualan Sepeda Motor Honda Tetap Memimpin...

Quote:
MENGAKHIRI kiprahnya di tahun 2010, PT Astra Honda Motor (AHM) membukukan angka penjualan tertinggi dalam sejarah industri sepeda motor nasional. Pencapaian ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai produsen motor terbesar di Indonesia.
Tahun 2010, total penjualan AHM di pasar domestik tercatat 3.416.049 unit atau tumbuh sekitar 26,5% dibandingkan tahun 2009 yang hanya 2.701.278 unit. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pasar motor nasional yang hanya 26%. Dengan pencapaian ini, AHM berhasil mempertahankan kepemimpinannya dengan pangsa pasar 46,3%.
Penyumbang terbesar penjualan AHM adalah tipe motor bebek dengan total penjualan 1.694.706 unit. Rekor ini sekali sekaligus mengukuhkan predikat Honda sebagai raja motor bebek di Indonesia.
Honda Revo Series masih menjadi model sepeda motor bebek terlaris sepanjang tahun lalu dengan total penjualan 904.205 unit. Angka ini termasuk penjualan motor bebek otomatik pertama di Indonesia yaitu Honda Revo AT. Sisanya disumbangkan oleh Honda Blade dan Honda Supra Series. Bahkan, di segmen bebek 125 cc ke atas, Supra Series mendominasi pangsa pasar 57% dengan angka 634.126 unit.
Tipe skuter otomatik atau skutik Honda sepanjang tahun lalu juga mencatat kontribusi yang juga signifikan yaitu 1.551.383 unit. Bahkan tipe motor ini membukukan lonjakan pertumbuhan penjualan yang sangat fantastis, yaitu 80%. Pertumbuhan ini jauh melampaui pertumbuhan segmen skutik nasional yang hanya naik 52%.
Model skutik Honda terlaris adalah Vario Series dengan total penjualan 722.856 unit. Sementara skutik Honda terlaris berikutnya adalah Honda BeAT dengan angka penjualan 699.609 unit.
Pada tahun 2010, Honda mengeluarkan dua produk skutik fenomenal ketika mempelopori segmen skutik retro modern dengan merilis Honda Scoopy dan meluncurkan skutik premium Honda PCX. Keduanya mendapat sambutan hangat dari pecinta skutik dengan angka penjualan 114.040 unit Scoopy (hanya dalam kurun waktu 7 bulan) dan 2.483 unit PCX.
Di segmen sepeda motor sport, volume penjualan AHM juga sangat signifikan. Kehadiran Honda New MegaPro dengan mesin dan desain baru serta penambahan varian Honda Tiger dan perubahan striping Honda CS1 semakin memperkuat penetrasi AHM di segmen motor sport. Total penjualan Honda di segmen ini tercatat 169.960 unit.
"Tingginya pertumbuhan penjualan AHM di tahun 2010 ini menggambarkan adanya penerimaan yang semakin baik oleh masyarakat terhadap sepeda motor Honda. Apalagi hal ini terjadi di semua segmen," ujar Auddie Alexander Wiranata, yang baru bergabung dengan AHM sebagai Direktur Pemasaran mulai Januari tahun 2011.
|
Posted via Mobile Device
|