Belajar Membuat Stabilizer Aki [ACU] Motor Sendiri
[/quote]
Quote:
Quote:
Quote:
SEMOGA INI THREAD JADI HT PERTAMA ANE KARENA SIA-SIA KALO GK JADI HT SEDIKIT YANG TAU
Quote:
[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for BUKTI GK REPOST:
Spoiler for open this:
Quote:
MISI MOMOD,MIMIN, DAN AGAN-AGAN SEMUA ANE MAU MINTA IZIN BUAT THREAD.
MOHON MAAF KALO THREAD ANE JELEK TAPI TUJUAN ANE INSYA ALLAH MEMBANTU ENTE SEMUA DAN BERMANFAAT
Quote:
SEBELUM ENTE BACA MENDINGAN DAN :sup2 DAHULU THREAD ANE SUPAYA BANYAK YANG TAHU DAN BERBAGI ILMU
Quote:
Quote:
Di toko aksesoris mobil ada alat yang dapat membuat tegangan listrik pada sistem kelistrikan mobil menjadi stabil dan lebih baik. Alat itu sering disebut Voltage Stabilizer. Ada beberapa merek terkenal seperti Pivot, HKS, dan sebagainya dengan bandrol harga yang cukup mahal.
Umumnya mereka mengklaim dapat meningkatkan performa kendaraan (power dan torsi bertambah), lampu menjadi lebih terang, memperbaiki kualitas sound system, memperpanjang usia accu, hingga dapat menghemat bahan bakar.
Untuk membuktikan itu semua perlu pengujian khusus, dengan membandingkan beberapa produk dari beberapa merek, dilakukan dengan dynotest hingga uji jalan dengan rute dan kondisi lalu lintas yang sama, bila perlu di dalam suatu track khusus. Pada artikel ini, saya tidak membahas pembuktian performa alat tersebut, tetapi untuk sharing Bikin Sendiri Voltage Stabilizer.
Quote:
Komponennya pun mirip sekali dengan yang digunakan oleh merek-merek terkenal tadi. Tidak ada salahnya juga ingin membuatnya sendiri. Setelah dihitung-hitung, ternyata harga komponennya tidak lebih dari Rp 75.000,- saja.
Untuk PCB bisa dengan membuat sendiri (digambar dan di etsa) atau menggunakan PCB universal. Saya menggunakan PCB universal karena hanya untuk saya buat 1 unit saja.
INI SKEMANYA
Quote:
Komponen yang digunakan:
[FONT="Georgia]1) 4 x 3.300uF / 16volt
2) 4 x 4.700uF / 16volt
3) 5 x 1.000uF / 16volt
4) 8 x 4.7uF / 16volt
5) 1 x 10nF
6) 1 x LED
7) 1 x Resistor 1K ohm
8) PCB Universal
9) Terminal ring 2 set
10) Kabel-kabel yg tahan panas
Quote:
Prinsip Kerja:
Rangkaian ini bekerja sebagai peredam noise voltage, dimana setiap besaran kelompok capacitor meredam noise yang berbeda-beda. Itu sebabnya digunakan beberapa kelompok capacitor dengan besaran yang berbeda-beda. Semakin kecil nilai Capacitance nya, maka semakin tinggi frequency yang akan diredam dari sistem kelistrikan yang terpasang Voltage Stabilizer ini.
Umumnya cacat / noise voltage itu muncul dari Alternator/generator/magneto dan Sistem pengapian (CDI, dsb), ini yang perlu diperbaiki agar kualitas listriknya menjadi baik.
Voltage Stabilizer berbeda fungsi dengan Capacitor Bank yang biasa digunakan untuk Sistem Audio Mobil, Capacitor Bank berfungsi untuk memperdekat sumber tegangan (accu) supaya tidak drop saat terjadi kejutan daya yang besar secara tiba-tiba dari sound system. (akibat kabel telat menyalurkan daya dari accu).
[/font]
Quote:
[/
Quote:
Spoiler for open this:
]
Spoiler for open this:
Quote:
LANGSUNG KE TKP AJA GAN
Quote:
Quote:
Ini layout komponen pada PCB tampak atas:
Quote:
Ini Diagram PCB tampak belakang.
Jika menggunakan PCB universal, gunakan kawat yang cukup tebal untuk menyambung kaki antar komponen.
Quote:
Karena PCB Universal yang saya gunakan adalah PCB untuk komponen kecil (seperti IC), maka lubang-lubang yang ada harus diperbesar agar capacitor mudah dipasang.
Quote:
Mulai dengan penyolderan komponen dan hingga selesai penyolderan
Quote:
Penambahan kawat ring untuk pemasangan Terminal kabel.
pemasangan kabel tebal anti panas dan rangkaian sudah jadi
Quote:
bungkus dengan tempas yang rapi agar terhindar dari short
Quote:
Quote:
UJI COBA GAN
Quote:
Cara Pemasangan pada Kendaraan (mobil/motor), langsung di paralel dengan Accu.
Quote:
Pengujian dilakukan pada Sepeda Motor dengan sistem Injection (Yamaha V-ixion � 150cc Injection 09/2011).
Pada prinsipnya ECU memerlukan sumber listrik yang baik.
Quote:
Yamaha V-ixion Injection � TANPA VOLTAGE STABILIZER
Terlihat duri-duri tegangan pada kelistrikan standar
Quote:
Quote:
Quote:
Yamaha V-ixion Injection � DENGAN VOLTAGE STABILIZER
Terlihat duri-duri tegangan pada kelistrikan standar dapat diredam oleh Voltage Stabilizer
Quote:
Quote:
KESIMPULAN:
Voltage Stabilizer mampu meredam duri tegangan (spike) yang biasanya �noise� tersebut dihasilkan oleh Alternator maupun sistem pengapian.
Sebenarnya pada setiap ECU (engine control unit) di mesin injection, sudah ada rangkaian Voltage Stabilizer atau peredam Noise tegangan untuk mengamankan sistem ECU itu sendiri, jadi pemasangan Voltage Stabilizer ini tidak banyak pengaruhnya kepada ECU.
Voltage Stabilizer mampu meredam noise tegangan yang mengganggu Sistem Audio, seperti bunyi storing, denging, dsb.