asalamualaikum agan2/aganwati semua ,ane mau bikin thread yg lagi hangat nih.. seputar sukhoi yg jatuh di bogor,miris.. saat mau melakukan promosi malah menabrak gunung salak ,dan sampai sekarang korban masih terus dicari dan di evakuasi.. nah kenapa sukhoi bisa menabrak gunung salak? mari kita telusuri gan...
ok pertama,ternyata sang pilot yg berasal dari rusia yaitu Aleksandr Yablontsev sempat melakukan kontak.. bahkan sebanyak 3 kali terhitung dari take off..
[/spoiler]
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for sukhoi:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for melakukan kontak 3x:
Pilot Sukhoi Superjet 100 Aleksandr Yablontsev ternyata tiga kali melakukan kontak dengan Pemandu lalu-lintas atau Air Traffic Control (ATC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kontak pertama dilakukan saat Sukhoi Superjet akan take off dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
"Begitu take off kemudian naik 10.000 kaki, dizinkan ATC Halim setelah dapat izin apprach control office (APP) dari Soekarno hatta' kata Mulya Abdi, Deputi Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno Hatta sekaligus General Manager ATC saat ditemui Tempo di Kantornya, Jumat 11 Maret 2012. " Saat itu termasuk izin terbang menuju Bogor, area Atang Sanjaya"
Menurut Mulya, saat itu pesawat juga bisa melakukan manuver di atas area Atang Sanjaya karena aman. Bahkan saat menyebut dari Halim ke rute Pelabuhan Ratu juga clear dari gunung dan pesawat boleh melakukan manuver.
Kontak terakhir, dilakukan sang pilot ketika meminta izin turun dari 10.000 ke 6000 kaki, pilot juga minta izin orbit ke kanan. Menurut Mulya, ATC mengizinkan karena masih di dalam training area atau dalam pantauan ATC, masih di kawasan Atang Sanjaya dan aman dari gangguan gunung. "Jadi ketika minta turun dari 10.000 ke 6000 kaki masih berada di area aman Atang Sanjaya" ujarnya.
Permintaan turun ketinggian dan orbit ke kanan, kata Mulya, tercatat dalam data ATC itu terjadi sebelum hilang kontak. Sesuai prosedur begitu tidak ada komunikasi, ATC mencoba mencari karena lost kontak. " " Jika itu kemudian kecelakaan tehnis, itu sepenuhnya kami serahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi"
Mulya menegaskan, ATC sudah menjalankan prosedur dalam memandu penerbangan Sukhoi Super Jet-100. "Kami sudah sesuai standar operasional (SOP) petugas controler dan peralatan radar dalam kondisi prima dapat melayani penerbangan,"kata Mulya
sumber : TEMPO.co
lalu kenapa sang menara mengijinkan sukhoi untuk menurunkan ketinggian terbang? hm... ini menurut sang menara gan
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for menara ijinkan sukhoi bermanuver:
Spekulasi diizinkannya pesawat Sukhoi Superjet 100 menurunkan ketinggian dari 10 ribu ke 6.000 kaki terungkap. Mulya Abdi, Pelaksana Harian Manajer Umum Menara Pemandu Lalu Lintas Udara atau Air Traffic Control (ATC) Bandara Soekarno-Hatta, mengatakan bahwa Sukhoi diizinkan turun karena dinilai aman.
�Saat Sukhoi meminta izin turun ke 6.000 kaki, pesawat itu berada di kawasan Atang Sanjaya,� kata Mulya di kantornya kemarin. Itu wilayah aman untuk manuver. Jarak Atang Sanjaya dengan Gunung Salak sekitar 7 mil atau 12 kilometer.
Pesawat Sukhoi Superjet 100 menabrak tebing Gunung Salak saat melakukan demonstrasi penerbangan Rabu lalu. Sebanyak 45 orang berada dalam pesawat yang dikemudikan oleh pilot Aleksandr Yablontsev itu.
Mulya menjelaskan, pilot Sukhoi tiga kali melakukan kontak dengan ATC Soekarno-Hatta. Pertama, saat lepas landas dari Halim Perdanakusuma. Kedua, saat izin turun ke 6.000 kaki. Ketiga, saat izin melakukan orbit (memutar) ke kanan. "ATC mengizinkan karena masih di area aman penerbangan,� katanya. Dia menegaskan, pihaknya sudah menjalankan prosedur dalam memandu penerbangan Sukhoi Superjet 100.
Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi Tatang Kurniadi belum bisa menjelaskan penyebab kecelakaan Sukhoi. "Kami terus mencari kotak hitam pesawat Sukhoi
sumber : TEMPO.com
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for lokasi tempat sukhoi menabrak tebing:
dan lalu kenapa tim basarnas terkesan lambat dan lama? ternyata ini gan sebabnya
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for tim basarnas:
Posisi bangkai pesawat Sukhoi Superjet 100 ternyata berbeda dengan titik koordinat yang dirilis Badan SAR Nasional. Hal itu diketahui setelah tim Basarnas dan sejumlah wartawan tiba di Pos 3 Gunung Salak untuk melakukan evakuasi korban.
�Titik koordinat Basarnas tidak sesuai dengan yang kami dapati,� kata fotografer harian Seputar Indonesia, Yadis, setibanya kembali di Pos 1, Jumat, 11 Mei 2012.
Yadis menceritakan, ia dan belasan kawan fotografer beserta tim Basarnas mendapati bangkai Sukhoi ada di bukit yang berbeda. Ia memperkirakan jarak antara bukit tempat ia berada dengan bukit tempat bangkai Sukhoi sekitar empat kilometer.
Menurut Yadis, tim Basarnas memperkirakan jarak tempuh dari bukit tempat mereka berada ke bukit tempat bangkai Sukhoi sangat jauh. �Kata tim Basarnas di Pos 3, kalau muter ke sana, mungkin membutuhkan waktu tiga hari,� kata dia.
Ketua Bansarnas Jakarta I Ketut Purwa tak memungkiri kemungkinan titik koordinat yang kemarin dirilis pihaknya tidak sama dengan posisi bangkai Sukhoi. "Sepertinya beda dengan titik koordinat yang kami jadikan patokan kemarin," ujarnya.
Basarnas sebelumnya merilis bangkai Sukhoi yang jatuh pada Rabu sore, 9 Mei 2012, berada di ketinggian 5.100 kaki di atas permukaan laut dan di titik koordinat 06.43 menit 08 detik Lintang Selatan dan 106.43 menit 15 detik Bujur Timur.
Posisi itu, kata Ketua Basarnas, Marsekal Madya Sudaryatmo, sama dengan titik koordinat ketika pesawat hilang kontak pada 14.33 setelah mengudara 30 menit. "Lokasi tepatnya di Kampung Batu Tapak, Cidahu, perbatasan Kabupaten Bogor dan Sukabumi," ujar Sudaryatmo kemarin.
Semula direncanakan, jika tim penyelamat sudah bisa mencapai lokasi jatuhnya pesawat, langkah selanjutnya adalah evakuasi korban. Evakuasi dilakukan dengan sejumlah helikopter yang berukuran lebih kecil untuk mengangkut korban ke posko. Dari posko kemudian akan diterbangkan menuju Lanud Halim
sumber : TEMPO.co
nah kenapa sampe bisa misscontack atau apalah.. masi jadi misteri gan,hanya dengan blackbox kita dapat tahu kejelasannya.. mari kita berharap blackbox segera ditemukan dan diteliti,jadi semua tahu kejelasan yg pasti kenapa sukhoi bisa sampai menabrak gunung/tebing...
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for blacbox:
Menteri Perhubungan EE Mangindaan menegaskan bahwa apa pun yang terjadi dengan Black Box Sukhoi Superjet 100, benda tersebut akan diperiksa di Indonesia. Mangindaan mengatakan hal tersebut sudah peraturan.
"Apabila black box ditemukan, pemeriksaan harus dilakukan di Indonesia," ujar Mangindaan ketika jumpa pers di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jumat, 11 Mei 2012
Mangindaan menjelaskan lebih lanjut bahwa meskipun pemeriksaan dilakukan oleh pihak Indonesia, tidak tetutup kemungkinan pihak dari Rusia ikut terlibat. Bahkan, Mangindaan mengatakan bahwa Rusia pun bisa membawa black box tersebut untuk diperiksa apabila pihak Indonesia menemui kebuntuan dalam menindaklanjuti informasi dari black box.
"Kalau kami menemukan masalah, baru pihak Rusia boleh membawanya untuk diperiksa dan ditindaklanjuti," ujar Mangindaan sambil menambahkan bahwa black box belum ditemukan.
Mangindaan juga mengatakan bahwa tim ahli dari Rusia sudah di Indonesia. Tim ahli dari Rusia akan berperan sebagai support team, sedangkan ahli dari Indonesia akan menjadi leading team.
sumber : TEMPO.com
dan akhirnya para korban dapat ditemukan,walau dengan kondisi yg bukan harapan kita semua
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 12 jenazah ditemukan:
Informasi terakhir dari pihak Basarnas, sebanyak 12 jenazah sudah ditemukan di crash site Sukhoi Superjet 100, Gunung Salak, Bogor. Kedua belas jenazah tersebut saat ini masih tertahan di Gunung Salak karena kondisi cuaca dan alam tidak memungkinkan untuk melakukan evakuasi secepat mungkin
sumber : TEMPO.com
alhamdulilah akhirnya tim basarnas sampai kelokasi dan menemukan mereka gan
dan ini gambar2 yang ane dapatkan saat tim basarnas sampai ditempat dan melakukan evakuasi gan
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for for:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 1:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 2:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 3:
Spoiler for open this:
Spoiler for open this:
for 4:
[spoiler=open this] for 5:
sumber gambar : TEMPO.co
mari kita doakan para korban agar tenang disana nanti,dan keluarga diberi ketabahan gan
sekian dari ane gan,akan ane update kalau ada perkembangan..