|
Go to Page... |
Post Reply |
Tweet | Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() Met malem. Moga-moga thread ini ga repost yah, karena ane nulis sendiri, gan ![]() Ok, langsung aja, moga2 bermanfaat ![]() Di dalam kehidupan, manusia tidak pernah terlepas dari orang lain. Sesuai fitrahnya, dimana manusia adalah makhluk sosial. Hal yang fitrah ini merupakan hal yang tidak mungkin tidak membawa faedah bagi manusia. Itulah mengapa manusia saling bekerjasama. Nilai awalnya adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup; dalam hal ini secara materi, yaitu kebutuhan pangan. Dalam perkembangannya, manusia tidak hanya bekerjasama dalam memenuhi kebutuhan pangan, tetapi kebutuhan rohani juga. Di sinilah berbagai ketrampilan manusia disaksikan orang lain, diajarkan oleh orang lain, dan terjadi interaksi di berbagai segi pribadi manusia. Hal ini mendapat wadah dalam sebuah organisasi. Arti penting berorganisasi telah disampaikan sebelumnya di thread berikut. [/spoiler][spoiler=open this] for arti penting berorganisasi: http://ceriwis.us/showthread.php?t=8329394 Menurut pendapat TS, kunci keberhasilan sebuah organisasi selain kerjasama, rasa saling percaya, dan kekeluargaan adalah penghargaan. Bisa dikatakan penghargaan termasuk dalam beberapa kunci di atas, tetapi di sini ingin TS tekankan tentang arti penting sebuah penghargaan. Berangkat dari pengamatan TS di organisasi-organisasi yang ada di sekitar TS dimana personilnya banyak merasa bahwa dirinya telah melakukan sesuatu yang berharga bagi organisasinya sehingga ia dengan mudah mengatakan bahwa orang lain belum melakukan apa-apa, dan seenaknya menyerahkan tanggung jawab kepada orang lain dengan merasa bahwa apa yang ia lakukan sudah terlalu banyak, sudah cukup. Alhasil, terjadilah lempar-melempar tanggung jawab. Di sanalah uneg-uneg TS berawal. Personil tersebut sangatlah kurang menghargai orang lain. Personil yang kurang bisa menghargai apa yang telah orang lain lakukan, cenderung menganggap dirinya telah banyak menyumbangkan jerih payah di dalam organisasi. Lebih lanjut, hal ini menumbuhkan rasa yang sama di kalangan pengurus. Kecuali bagi orang yang benar-benar memahaminya ![]() Apabila dalam sebuah organisasi, dalam sebuah wadah sosial terdapat rasa saling menghargai, maka dapat terpupuk rasa tanggung jawab bersama. Hal itu dapat menumbuhkan lingkungan sosial yang kondusif untuk menyelesaikan permasalahan atau pun pekerjaan di dalamnya. Kondusivitas ini dapat menjadi katalis bagi progress kerja. Selain menjadi katalis, lingkungan yang kondusif juga dapat menimbulkan rasa nyaman selama bekerja. Kenyamanan dalam bekerja ini membuat aktivitas bekerja menjadi lebih optimal dan menelurkan hasil yang baik, karena dibuat dengan perasaan yang tulus, rasa senang selama melaksanakan pekerjaan. Maka dari itu, marilah kita hargai orang lain. Karena sebuah penghargaan dapat menjadi kunci dari kesinambungan kehidupan sosial. Toh tidak ada ruginya, kan? Oiya, dalam hal ini kita bisa merefleksikan juga pada diri kita. Bayangkan jika kita tidak dihargai, tidak enak bukan? Bisa saja kita menjadi terpacu, bisa pula kita menjadi putus asa (kalo ane sih cenderung putus asa kalo digituin ![]() Sekian thread dari ane. Maap yah, masih berantakan gini. Harap maklum, TS masih belajar nulis ![]() Kalo berkenan mohon di-rate ![]() ![]() Terkait:
|
Sponsored Links | |
Space available |
Post Reply |
|