Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge > Gossip & Gallery

Gossip & Gallery Gossip, artist, images of unique and interesting all here.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 16th November 2011
yudho1's Avatar
yudho1 yudho1 is offline
Ceriwis Geek
 
Join Date: Nov 2011
Posts: 10,852
Rep Power: 28
yudho1 mempunyai hidup yang Normal
Default Kenali, Pahami dan Rawat, Biar Nggak Bikin Gawat

Ban bagi sepeda motor, tak ubahnya seperti kaki manusia. Perlu dijaga, dirawat dan diperhatikan. Mengenalinya lebih dalam, berarti menjaga usia pakainya lebih lama. Berikut beberapa tips untuk mengenali tabiat ban dan berkendara hingga cara mengantisipasinya. Lets share!



1. Suhu dan Cuaca



Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga mempengaruhi keawetan ban. Nah lo, apa-apaan ini? Betul mas bro. Kondisi jalan yang panas saat kemarau, menyebabkan usia ban bertambah lebih pendek dibandingkan musim hujan. Secara, panas bertemu dengan putaran ban yang juga panas, mengakibatkan ban cepat aus.



2. Tabiat Berkendara



Cara mengemudi juga mempengaruhi keawetan ban. Perhatikan deh saat mengerem mendadak. Secara otomatis traksi ban akan bekerja keras menahan laju motor. Akibatnya ban jadi cepat botak, dan mengakibatkan permukaan ban menjadi bergelombang.



3. Waspadai Ban Abnormal



Periksalah apakah tekanan ban sudah benar? Terutama jika telapak atau tread ban sudah aus. Sebab, kondisi ini menyebabkan ban akan mudah tertusuk benda-benda tajam alias mudah bocor. Untuk itu, tekanan ban harus disetel sesuai dengan berat beban



3. Jika Ban Berputar Tidak Teratur



Biasanya terjadi jika motor membawa muatan berat, dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Untuk itu, berhentilah sejenak. Kemudian periksalah putarannya apakah seimbang? Caranya periksa jari-jarinya (jika motor bradercis menggunakan jari-jari). Pastikan jari-jari kencang dan jari-jari tidak oblak (goyang).





4. Cek Tekanan Angin



Periksalah secara rutin tekanan angin (setiap hari), terutama saat udara dingin. Samakan tekanan angin ban depan-belakang. Karena jika tidak seimbang, sangat berbahaya berbahaya dikendarai, terutama untuk mengerem.





5. Ganti Ban



Gantilah ban setelah digunakan 10.000 km. Ini untuk menjaga kelancaran berkendara. Jangan paksakan dengan kondisi ban botak untuk bepergian jauh. Karena bukan hanya berbahaya bagi diri sendiri, tapi juga bagi pengguna jalan lain.





Kalau berkenan kasih dan no



Sumbernya http://www.motodream.net/content/rea...k-bikin-gawat/



Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 11:08 AM.


no new posts