Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor > Motor

Motor Wadah berkumpulnya pecinta, hobby, pemilik Motor.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 12th October 2010
logite's Avatar
logite logite is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Location: Room OTO & all ...
Posts: 2,679
Rep Power: 53
logite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophet
Default bikin kenceng MIO mu....

mau kenceng, tetep tergantung budget kumandan...hehehe...
ok langsung ke intinya aja yah kumandan...

step 1>> ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...
(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi
bertambah).estimasi biaya :

knalpotHRP) kisaran 200rb
(AHM)kisaran 350-400rb
(yy pang) kisaran 250-350 rb
(endurance) kisaran 500-600rb
(DBS) kisaran 1,2-1,4 jt
(TDR) kisaran 800 rb...dsb msh bnyk lg...
*masing-masing knalpot punya spek sendiri..enak di rpm bwh,
medium, atau high, atau gabungan diantaranya..

roller
: satu buah paling 9rb atu 10 rb..
pakai kombinasi 9gr-11gr, atau 10gr-10,8gr(std)... (yg paling umum
utk mtr std), atau terserah anda..tergantung di rpm berapa anda
ingin bermain..

per cvt: ada merk lhk,cld,kitaco,barra,dsb...kisaran 80-110rb..
per cvt yang merah untuk 2000rpm,yang putih 1500rpm..

step 2>> papas head 0,5-0,8 mm,noken as racing,per klep racing, koil
racing,CDI racing unlimiter...(nah di tahap ini mulai serius karena ada
beberapa part std yang kena bubut, dan mesin mulai dibongkar-bongkar..)

Papas head: 0.5-0,8 mm..kisaran paling 25 rb..tergantung
bengkel bubutnya, dan ongkos bongkar head cyllinder
+ skir klep..kisaran 50rb,75rb tergantung bengkel
noken as racing: beragam merk CLD,LHK,KAWAHARA,
kisaran harga
sekitar 300rb-450rb..
*masing-masing noken as punya spek sendiri ada
yang korek harian atau kompetisi, dibedakan atas
derajatnya..misal-280drajat,sampe 330 drajat
*jika mengganti noken as dgn yg racing, maka per
klep jg hrs diganti yg lebih keras(racing) untuk
menghindari klep floating pada putaran atas.
merk beragam sama spt diatas..
*tenaga pada mesin 4 tak (4 stroke) yg besar,
berasal dari modifikasi head (utk kompresi), dan
durasi noken as !!

koil racing: ada beberapa merk: XP andrion,blue thunder,nology,
CLD,kitaco,,,dsb harga kisaran 150rb-250rb..
*koil akan bekerja maksimal jika juga dilakukan
perubahan pada CDI.
CDI racing : Ada beberapa merk: XP,black hawk,kitti,shindengen,BRT,
kitaco,rextor,dsb...kisaran 250-1jt..
*beberapa CDI racing ada yang yang bisa diprogram
(programmable), dan ada yang dual band..

*masing-masing CDI tsb mempunyai spek derajat
pengapian yang berbeda..(tanya penjual)
* NOTE: produk yang baik pasti akan menyertakan
spek nya pada kemasan..

step 3>>membesarkan CC alias Bore UP!!!!
ini adalah step yang paling sangat serius walaupun masih dapat
digunakan untuk harian.banyak part yang harus diganti untuk mengimbangi
besarnya tenaga..dan agar tenaga yang besar tsb dapat maksimal..
banyak merk di pasaran untuk blok bore up:
merk eon (diameter 58,5mm) kisaran 600-750 rb (yg ceramic)
merk RRGS (diameter 58,5) kisaran 700-850 rb
merk posh..(hilang di pasaran)...dsb

jika piston diganti dengan ukuran 58,5 mm maka mio/nouvo akan bengkak
menjadi 155cc (dengan stroke std)..
untuk merk RRGS juga terdapat hingga diameter 73mm (kalo ga salah)..tapi
yang pasti diatas 58,5 mm maka crankcase harus dibubut...
untuk paket yang lebih murah, jg terdapat piston merk HI-speed dengan
uk.69mm ke atas (tanpa blok)..bisa didapat di harapan motor
(cineng)kebon jeruk III, atau MC racing..
atau untuk pembesaran hingga 125 cc dapat digunakan piston daytona
khusus untuk mio/nouvo.. bisa didapat di daytona ciledug (sebelah raja
motor).

setelah pembesaran diameter piston maka selanjutnya adalah pembesaran
diameter klep,bisa memakai klep sonic atau shogun atau dapat dibeli paket
yang langsung plek beserta head cylinder..
bisa didapat di matic shop ciledug, JP racing, Raja motor ciledug,matic
corner cinere,dsb....harga kisaran 1,2-1,8 jt..
jika anda memodifikasi sendiri head cylinder, harap diperhatikan Squish yang
diaplikasi...

untuk mengimbangi tenaga yang besar, maka belt harus kuat (kevlar) walau
untuk harian belt std jg msh dapat diandalkan. juga rumah roller (variator)
harus diganti dgn yg lebih besar (kitaco,RRGS,TDR,...dsb)...
setelah itu adalah penyaluran tenaga yaitu gigi rasio...
penggantian rasio tergantung dengan trek (harian, drag, atau road
race)...tapi untuk herian yang kadabg-kadang dipakai berboncengan gigi
rasio std nouvo udh lmyn panjang...

kemudian hal yang vital yang harus diganti adalah karburator..
biasanya memakai keihin PE 28,krn harganya lmyn terjangkau...kisaran
450-550rb...dan selanjutnya adalah setting spuyer (main jet-pilot jet)...

modifikasi diatas biasa dilakukan pada motor mio/nouvo...
semuanya tergantung mekanik atau bengkel yang menjadi bidan motor
anda...
untuk step 2 dam step 3 yang pasti top speed bertambah tergantung
ubahan yang dilakukan dan keberanian anda....

SELAMAT MEMODIFIKASI!!!


tread by LOGITE

Reply With Quote
  #2  
Old 14th October 2010
Kenthung's Avatar
Kenthung Kenthung is offline
Member Aktif
 
Join Date: Oct 2010
Location: jakarta
Posts: 287
Rep Power: 16
Kenthung is a Good manKenthung is a Good manKenthung is a Good manKenthung is a Good man
Default

motor kecil gitu mo d bikin kenceng kek apa sih ndan
setandard aja dah enak and boros juga lagi..
Reply With Quote
  #3  
Old 16th October 2010
stadiumalexis's Avatar
stadiumalexis stadiumalexis is offline
Super Moderator
 
Join Date: May 2010
Location: anywhere
Posts: 1,261
Rep Power: 21
stadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessed
Default

koreksi sedikit.
lebih baik knalpot itu diganti belakangan.
jangan pernah main knalpot diawal.
knalpot freeflow yang g di imbangin sama mesin yang berisi cuma bisa bikin ngempos karna pembuangan yang terlalu besar.


Quote:
Originally Posted by Kenthung View Post
motor kecil gitu mo d bikin kenceng kek apa sih ndan
setandard aja dah enak and boros juga lagi..
jangan jangan mandan g tau lagi mio yang drag di harapan indah kemaren tembus kecepatan berapa
jangan spelein motor kecil macem mio loh ndan


mau kenceng tapi irit ?
boreup mio cukup dengan 58 mm.
dan g usah ganti knalpot (standart aja)
cukup bikin si mio ngaaaaacir + irit.
walaupun diatasnya nanti g ngegigit
Reply With Quote
  #4  
Old 18th October 2010
logite's Avatar
logite logite is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Location: Room OTO & all ...
Posts: 2,679
Rep Power: 53
logite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophet
Default

Quote:
Originally Posted by stadium.alexis View Post
koreksi sedikit.
lebih baik knalpot itu diganti belakangan.
jangan pernah main knalpot diawal.
knalpot freeflow yang g di imbangin sama mesin yang berisi cuma bisa bikin ngempos karna pembuangan yang terlalu besar.




jangan jangan mandan g tau lagi mio yang drag di harapan indah kemaren tembus kecepatan berapa
jangan spelein motor kecil macem mio loh ndan


mau kenceng tapi irit ?
boreup mio cukup dengan 58 mm.
dan g usah ganti knalpot (standart aja)
cukup bikin si mio ngaaaaacir + irit.
walaupun diatasnya nanti g ngegigit
thank's ndan atas koreksinya ...
ayuh sapa lagi kasih saran yg puna mio......
Reply With Quote
  #5  
Old 23rd October 2010
andreano21's Avatar
andreano21 andreano21 is offline
Newbie
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 4
Rep Power: 0
andreano21 mempunyai hidup yang Normal
Default

mantep,, bisa di coba tuh,,

Reply With Quote
  #6  
Old 8th December 2010
dith99 dith99 is offline
Newbie
 
Join Date: May 2010
Posts: 3
Rep Power: 0
dith99 mempunyai hidup yang Normal
Default

kalo vario bagus nya spec cdi yg bgus yg mana?
Reply With Quote
  #7  
Old 8th December 2010
stadiumalexis's Avatar
stadiumalexis stadiumalexis is offline
Super Moderator
 
Join Date: May 2010
Location: anywhere
Posts: 1,261
Rep Power: 21
stadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessedstadiumalexis is blessed
Default

Quote:
Originally Posted by stadium.alexis View Post
koreksi sedikit.
lebih baik knalpot itu diganti belakangan.
jangan pernah main knalpot diawal.
knalpot freeflow yang g di imbangin sama mesin yang berisi cuma bisa bikin ngempos karna pembuangan yang terlalu besar.




jangan jangan mandan g tau lagi mio yang drag di harapan indah kemaren tembus kecepatan berapa
jangan spelein motor kecil macem mio loh ndan


mau kenceng tapi irit ?
boreup mio cukup dengan 58 mm.
dan g usah ganti knalpot (standart aja)
cukup bikin si mio ngaaaaacir + irit.
walaupun diatasnya nanti g ngegigit
koreksi sedikit lagi ya
bagi yang mau irit,
gunakan knalpot satria freeflow namun ga terlalu besar. gaya dapet + di atas agak menggigit
Reply With Quote
  #8  
Old 8th December 2010
logite's Avatar
logite logite is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2010
Location: Room OTO & all ...
Posts: 2,679
Rep Power: 53
logite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophetlogite is Ceriwis Prophet
Default

Quote:
Originally Posted by dith99 View Post
kalo vario bagus nya spec cdi yg bgus yg mana?
tergantung kondisi motor kumendan juga sih
mo buat apa nantinya kalau u/ harian tapi larinya
lumayan and ga rewel coba pakai yg shindengen deh ndan
ini masih masuk walau mesin ga d oprak .....
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 04:45 AM.


no new posts