Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Business > Dunia Kerja

Dunia Kerja Tips-tips dan cerita seputar dunia kerja

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 22nd May 2013
faztrack faztrack is offline
Member
 
Join Date: May 2013
Posts: 71
Rep Power: 0
faztrack mempunyai hidup yang Normal
Default Budaya 3A Membangun Service Excellence

Service Excellence adalah standar pelayanan yang diberikan seseorang kepada orang lain yang sesuai atau lebih dari standar pelayanan yang telah ditetapkan. Setiap usaha atau industri yang bergerak pada bidang jasa pelayanan harus benar-benar memperhatikan standar pelayanan tersebut. Dalam mewujudkan service excellence, setidaknya terdapat tiga hal yang perlu dibudayakan oleh sebuah industri jasa pelayanan.

A. Sikap (Attitude)
Semua orang yang terlibat dalam sebuah bisnis industri jasa pelayanan akan sangat menentukan kesuksesan dari industri yang dijalankan. Maka diharapkan para karyawan memiliki sikap yang baik, terutama dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.

Memiliki sikap yang baik dapat terlihat dari bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan tutur kata yang santun dalam menerima dan melayani tamu atau konsumen.

Kesan pertama yang baik, yang diberikan kepada konsumen, akan dijadikan sebuah penilaian seberapa baik industri yang sedang kita jalankan.
Beberapa sikap yang diharapkan hadir dalam diri para karyawan ketika menjalankan sebuah konsep pelayanan prima adalah:
1) Menjaga nama baik perusahaan.
2) Memiliki loyalitas terhadap perusahaan.
3) Bangga terhadap pekerjaan yang sedang digelutinya.
4) Memberikan yang terbaik untuk perusahaannya.


B. Perhatian (Attention)
Karyawan dalam sebuah bidang industri yang bergerak dalam jasa pelayanan harus cermat dalam memperhatikan keinginan dari setiap konsumen. Konsumen akan merasa puas, apabila kita segera memberikan pelayanan dengan menawarkan bantuan untuk dapat memenuhi keinginannya.
Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam memberikan perhatian yang maksimal adalah sebagai berikut:
1) Mengucapkan salam dan menawarkan bantuan, �Selamat sore, Ibu�, ada yang bisa saya bantu?�
2) Memberikan pelayanan berdasarkan keinginan konsumen.
3) Mendengarkan dan mencermati setiap keinginan konsumen.
4) Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan cepat, tepat, dan ramah.
5) Mengutamakan kepentingan konsumen.


C. Tindakan (Action)
Konsumen telah memutuskan sebuah pilihan untuk menggunakan jasa pelayanan yang ditawarkan. Pada bagian ini terjadilah sebuah transaksi jual-beli.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1) Mencatat pemesanan konsumen.
2) Membacakan kembali pemesanan konsumen untuk memastikan bahwa pilihan tersebut sudah benar-benar tepat.
3) Melakukan transaksi pembayaran sesuai pilihan konsumen.
4) Mengucapkan terimakasih diiringi senyum hangat dan ucapan; �Selamat datang kembali��


Apabila budaya 3A dalam service excellence ini dapat terwujud secara optimal dalam kinerja keseharian kita, maka citra perusahaan akan baik serta positif di mata klien yang pada gilirannya nanti akan berdampak kepada kesejahteraan dan kenyamanan seluruh anggota perusahaan

From our site : http://gofaztrack.com/service-excell...ce-excellence/

Reply With Quote
  #2  
Old 2nd May 2014
jengnuri123's Avatar
jengnuri123 jengnuri123 is offline
Member Aktif
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 253
Rep Power: 14
jengnuri123 mempunyai hidup yang Normal
Default

tips nya berguna nih untuk para pekerja profesional, mantap infonya, makasih ya
Reply With Quote
  #3  
Old 14th September 2017
indah75's Avatar
indah75 indah75 is offline
Senior Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Location: Klaten
Posts: 5,189
Rep Power: 16
indah75 mempunyai hidup yang Normal
Default

Sikap sikap itulahyang akan membawa pengaruh positif bagi diri sendiri dan tempat kerjakita.
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 06:58 PM.


no new posts