FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() Quote: </span>Alhamdulillah HT ![]() ![]() ![]() ![]() Quote:Meneyetir mobil merupaka salah satu keahlian yang akan sangat berguna untuk kehidupan kita sendiri, namun untuk dapat menyetir mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Maka dari itu saya ingin share tentang Cara Menyetir Mobil Untuk Pemula berdasarkan pengalaman saya . Persiapan !! Quote: 1. Mental Pada saat ingin belajar mengendarai mobil, kamu harus siap mental terlebih dahulu, karena mengendarai mobil (terutama belajar) membutuhkan mental dan fokus yang besar. Quote: 2. Guru Setelah kamu merasa siap, Carilah guru yang akan mengajarimu dan harus orang yang benar benar sudah menguasai menyetir mobil, jadi dia bisa membantu kamu atau menjawab semua pertanyaanmu. Quote: 3. Kenali Mobil Kamu harus tau dan paham terlebih dahulu mengenai teori mobil itu sendiri, berupa apa saja hal pertama yang kamu lakukan saat naik mobil, apa fungsi alat-alat yang ada di dashboard, menghafal pedal gas-rem-kopling (PENTING)!! Quote: 4. Watch And Learn! Nah, jika kamu sudah menguasai tentang teori mobilnya , maka kamu bisa langsung mulai belajar. Sebaiknya dijalan sepi atau lapangan, dan selama perjalanan kesana (tempat latihan) kamu harus perhatikan baik baik bagaimana cara 'guru'mu menyetir mobil, dan jangan malas bertanya! Mulai !! ![]()
Quote: Stir
Quote: Sabar
Quote: Tekun Dalam belajar mengendai mobil, kita tidak bisa sekali latihan langsung membawa mobil sendiri. Perlu adanya latihan yang konsisten dan niat belajar yang tinggi sehingga akan terbentuk sebuah jam terbang yang yang secara alami akan melatih Feeling kamu dalam mengendarai mobil Quote: Saran TS Saran saya gunakan jasa sekolah / kursus mengendarai, karena selain orang yang lebih kompeten, kita juga akan diarahkan langsung di Jalan raya sehingga kita akan lebih cepat paham bagaimana menghadapi situasi jalan raya yang tentu akan sangat berbeda dengan lapangan atau jalan sepi. Dilengkapi mobil yang sudah dimodif jadi proses belajarpun akan lebih cepat dan aman. Tapi tentu saja harga yang harus dibayar lumayan mahal. SUMBER !!! Niatnya buat UPDATE tapi sudah ada yang nanya kalu begitu sekalian aja ![]() Quote: Pertanyaan ceriwisser Quote: Quote:Original Posted By thegreatsaiya ► Tips di tanjakan gmn gans? mau injek gas kan lepas rem, eh malah mundur. Untuk menghindari mobil mundur saat nanjak : - Pada saat tanjakan dan macet hal yang harus dilakukan adalah injak rem dan kopling - Atur Persneling pada posisi gigi 1 - Saat akan jalan, angkat pedal kopling setengahnya sambil tetap menahan rem SAMPAI terasa getaran dimobil ( itu artinya kopling sudah memiliki cukup tenaga untuk tidak mundur) - Jika sudah terasa getaran, pindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas sambil tetap menahan posisi kopling - Injak gas untuk memberi tenaga sambil tetap menahan posisi kopling setengah. - Rem jika mobil didepan berenti. - Lakukan hal yang sama jika berentinya masih ditanjakan Jika kedaan macet ditanjakan mengharuskan kendaraan kamu berhenti, sebaiknya gunakan REM TANGAN. NB: Makasih yang sudah pada ngingetin. ![]() Semoga membantu ^^ Baca juga Biar Mobil Gak Mati Saat Diam Quote: Quote:Original Posted By idung.pesek ► Makasih ya gan tipsnya ane jg blm bisa setir mobil msh bingung utk penggunaan kopling, rem & gas saat jln menanjak & menurun. Oiya gan saat mobil bergerak pd posisi gigi 1-3 apa kopling msh diinjak berbarengan dgn gas? Penahanan Kopling yang berbarengan dengan gas itu hanya kalau mobil pelan atau keadaan jalan macet, fungsinya agar mobil tidak mental. tapi kalo jalan sudah lega dan sudah bs masuk gigi tiga, penggunakaan kopling hanya untuk pergantian gigi setelah ter-oper lepaskan kopling secara perlahan. Justru akan menyebabkan kerusakan pada kopling jika terus-terusan diinjak saat jalan normal . CMIWW ![]() Quote: Quote:Original Posted By k1iler ► Mau tany nih gan, misal kita lg di posisi gigi 3 trus tau-tau di depan ada kemacetan, kan jd kita harus ikut berhenti. Nah itu kita ngoper giginya bertahap 3-2-1-N apa bisa langsung ke N? Maap gan kalo pertanyaannya konyol, ane jg lg mau belajar nyetir soalnya ![]() Bisa gan , langsung aja di netralin (N(Tengah)) , jadi gk perlu nurunin 1per 1 dulu ![]() Tambahan Quote:Original Posted By flankerbomber ► bisa lgsg ke N gan. tp saran saya kl di posisi gigi 3 injek dulu rem nya sampai kecepatan nya 20-30km/h baru di injek kopling atau di N.. use your engine brake, kl lgsg di N bakal cepat habis kampas rem dan kl pas turunan bisa bahaya gan, laju mobil bisa ga ketahan. Quote: Quote:Original Posted By indry87 ► Mantap gan.... Pernah belajar sekali dan bingung koordinasi antara rem n gas. Secara 1kaki buat 2 pedal :-D . Akhirnya sering mati dah mesinnya. Bisa dijelasin secara detail gan cara nya ngerem? hehehehe.... Kakinya itu lho yang saya bingung. Untuk cara nge-Rem : Dalam keadaan mobil sedang kencang, jika kendaraan didepan masih jauh jangan langsung menginjak rem Lepaskan dahulu gas biarkan berjalan sendiri sampai cukup jarak lalu injak rem perlahan lahan Lepaskan rem lalu injak lagi sampai kecepatan menurun secara teratur Fungsingnya mengindari mobil berhenti mendadak dan mati. Jika sudah dekat dan semakin melambat, jangan lupa injak pedal kopling Oper gigi ke yang lebih rendah. Jika ingin berenti langsung netralkan gigi saja. Jika kendaraan didepan tiba tiba rem mendadak dan tidak ada waktu untuk melambatkan kendaraan, sebaiknya kamu langsung menginjak pedal rem. Tetapi jangan langsung dihabiskan, usahakan tetap berkala (Injak-Lepas-Injak) sambil menginjak pedal kopling. Bisa juga menggunakan rem tangan. Lihat Sumbernya gan DISINI Semoga membantu ^^ Quote: Quote:Original Posted By yudith989 ► mau tanya juga dong, agan2 disini kalo pindah gigi ngeliat rpm atau sesuai perasaan? kalo liat rpm, pas rpm berapa gan? makasih Kalo saya pake perasaan aja gan ![]() ![]() Tambahan PENTING! Quote: Quote: Quote:Original Posted By fanzen ► jgn lupa belajar parkir pararel sama mundur, ente blm bisa nyetir kalo blm bisa parkir ![]() saran aja, kalo ditanjakan mending pake rem tangan. jangan keseringan setengah kopling Tunggu update-an nya ya ![]() Quote: Quote:Original Posted By khiarshop ► maaf nih gan ente belajar mobil jadul apa baru Mobil baru gak usah injak gas pas awal jalan. angkat kopling pelan2 juga udah maju kok. Pokoknya kalo mau injak gas fikir 2 kali perlu apa nggak, kalo mau irit bahan bakar apalagi pas kecepatan rendah mendingan mainin kopling sama gigi. injak gas dikit2 aja. nambahin info: Mobil kekinian udah ada indikator naik atau turun gigi biar lebih irit. indikator eco juga bisa dijadikan patokan saatnya naikin gigi atau turunin gigi trus pas di tanjakan mendingan pake rem tangan biar lebih aman dan mencegah mundur. Dari rem sama kopling ente tarik rem tangan, rem angkat aja. main di kopling sama gas sampe mobil udah sedikit maju, pas udah maju lepas rem tangan kalo gantian rem sama gas risiko mundur nya gede. ane udah coba berkali2 mendingan pake kombinasi rem tangan-gas-kopling soalnya feeling pindah dari rem ke gas nya agak susah Ya memang untuk setelan kopling berbeda-beda gan sesuai mobil itu sendiri , disini ane share berdasarkan pengalaman ane ![]() Nice Info Gan ![]() Quote: Quote:Original Posted By irwanshohibi ► Tambahan aja sih Udah bisa nyetir, sekarang ltihan kalo mogok krna efek accu yg rendah dayanya. Posisikan kontak ke posisi "on". Pertama injak kopling dan tahan, oper ke gigi 3 Suruh orang dorong yg kuat dan kenceng jika udah 5-10 meter lepas kopling (jgn full), dan injak gas digeber geber. Jika mobil tdk bs nyala, lakukan lagi. Jika tetap tdk bs, serahkan ke yg ahlinya. Pejwan bray ![]() Quote: Quote:Original Posted By beyourself11 ► pertama kali belajar mobil tahun 2011 gue waktu itu masih berumur 14 taon, dan langsung bawa dump truk dyna ![]() Yang ini arahnya kebalikannya. Kira kira system persenelingnya kaya gini : Kiri - Kebelakang = Gigi 1 Kiri - Kedepan = Gigi 2 Tengah - Kebelakang = Gigi 3 Tengah - Kedepan = Gigi 4 Kanan - Kebelakang = Gigi 5 Kanan - Kedepan = R atau Mundur. Gua juga pernah nyoba nyoba bawa Truk besar atau Lohan bak panjang (HINO). System persenelingnya sama kaya dump truk tadi cuma giginya 6 dan untuk gigi mundurnya kanan-kanan-kebelakang, setelah gigi 6. Kopling dilepas setengah baru di gas, supaya gak loncat, kalo mau oper gigi harus di injek full koplingnya terus oper gigi, baru dilepas lagi koplingnya, sampe ada bunyi anginnya "cessss" kalo gak gitu gak bisa ngoper gigi ![]() ![]() Ngerem di prioritaskan pake rem angin supaya kampas gak aus, (rem mesin kaga begitu nahan) Jadi ngeremnya gak bisa spontan, para drivers yang lain jangan pernah ngerem mendadak didepan truk truk besar apalagi jaraknya berdekatan! BAHAYA! Seret pejwan plisss, ane kasih melon nehh Nice share gan untuk pengetahuan seputar 'Mobil Monster' ![]() Quote: Quote:Original Posted By alibaba123 ► Bro mau koreksi teknik rem yg di page 1 Teknik "injak-lepas-injak…dst" berlaku buat mobil2 jadul yg belum punya fitur ABS Klo mobil yg uda ada fitur ABS, wajib injak terus pedal remnya. Karena proses "injak-lepas" dikerjakan oleh ABS. Klo tetep maksa make injak lepas yg ada bakalan nyeruduk Jadi kenalilah kendaraan sebelum berkendara Yup karena ini 'menurut saya' dan maka dari itu salah satu persiapan penting adalah 'KENALI MOBIL' makasih gan koreksinya ![]() Quote: Quote:Original Posted By zaro.zaro ► Ane tambahain sedikit tips gan.. ![]() Jangan sekali kali menginjak rem dengan kaki kiri pada saat kecepatan tinggi atau rendah, karena tekanan yang kita rasakan saat menginjak rem pada kaki kiri akan berbeda dengan kaki kanan, kaki kanan akan bisa menginjak rem dengan perlahan sedangkan dengan kaki kiri akan menyebabkan rem yang diinjak akan langsung habis yang menyebabkan mobil berhenti mendadak, hal ini akan menyebabkan bahaya tabrakan beruntun. tips ini berlaku untuk mobil automatic maupun manual Mantap Gan ![]() Quote: Quote:Original Posted By superusercloth ► nambahin gan. moga belum repsol. yang gak kalah penting sebelum menyalakan mobil adalah: pastikan posisi gigi netral. karena kalau ternyata masuk gigi satu misalnya, meskipun rem tangan aktif, mobil bakal melompat ke depan ketika di-starter. taro pejwan kalo berkenan Makasih gan ![]() UPDATE!!! <span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:<span style="width: 95%;margin:auto;border: 1px solid #CCC; background: #EEE; padding: 5px; color: #484848; display:block;"> Cara Parkir Paralel : <span style="display:block; text-align:center;"> |
![]() |
|
|