Login to Website

Login dengan Facebook

 

Post Reply
Thread Tools
  #1  
Old 15th April 2016
DemiDiaLho's Avatar
DemiDiaLho
Ceriwiser
 
Join Date: Apr 2016
Posts: 466
Rep Power: 10
DemiDiaLho mempunyai hidup yang Normal
Default 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Assalamu'alaikum. Selamat datang di Thread ane.


Spoiler for Cek Repost:





Spoiler for Mohon untuk dibaca terlebih dahulu:
Sebenernya banyak thread yang berjudul 'Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia' dan semuanya membahas tentang jalur menuju Balai Yasa Pengok,Yogyakarta. Tapi,di thread ini ane bakal ngesharetentang jalur terekstrim yang dilewati normal oleh kereta api baik itu kereta penumpang maupun kereta barang.





Beberapa waktu yang lalu,On The Spot Trans7 sempat membuat info tentang 7 Jalur Kereta Api Terekstrim di Dunia dan ternyata salah satu jalur kereta api di Indonesia masuk di dalamnya. Yaps, 'Argo Gede Railway' begitulah mereka menyebutnya. Jalur yang menghubungkan Jakarta - Bandung ini menurut mereka adalah jalur paling ekstrim di Indonesia,apakah itu benar ? Untuk mengetahuinya mari kita lihat 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia berikut ini.



Quote:Contoh cara membaca gradien :
  • 10 permil (Setiap 1 KM jalur KA naik/turun setinggi 10 Meter)
  • 26,5 permil (Setiap 1 KM jalur KA naik/turun setinggi 26,5 Meter)



<span class="post-quote" style="width: 100%; margin: auto;font-family:Roboto,Helvetica,Arial,Sans-serif;font-size:14px;font-style:normal;font-weight:normal;text-align:left;color: #484848; display:block;">Quote:
Apa itu rel gerigi ?Pict : Rofiq Alichwan
Jalur kereta ini menjadi jalur utama bagi kereta - kereta dari dan menuju Bandung atau Jakarta. Di jalur ini terdapat 2 terowongan kereta,yaitu Eka Bakti Karya dan Dwi Bakti Karya. Kedua terowongan ini dibangun oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1969 bersamaan dengan pembangunan Bendungan Ir.Sutami. Selain itu,di jalur ini juga terdapat Jembatan Lahor yang tentunya sudah sangat terkenal.</div></div></div>

Spoiler for Urutan ke - 9:
Prupuk - Purwokerto (10 - 15 permil) Daop 5 PurwokertoPict : Reza
Inilah jalur kereta api paling ekstrim di Daerah Operasional 8 Surabaya. Mengapa jalur ini disebut paling ekstrim di Daop 8 ? Karena dari Stasiun Bangil (9 MDPL) menuju Stasiun Lawang (484 MDPL) kereta api harus menanjak setinggi 475 meter dalam jarak 31 Km (buat kereta api ini udah nanjak banget).




Spoiler for Urutan ke - 7:
Purwakarta - Padalarang (16.5 - 25 permil) Daop 2 Bandung



Pict : Ane
Spoiler for Terowongan Sasaksaat:
Sreenshot video Aldie Aiman
Jalur yang menghubungkan Bandung menuju Tasikmalaya ini tidak kalah ekstrimnya dengan jalur menuju Jakarta. Saking ekstrimnya,jalur ini menjadi jalur untuk 'Meng-Ospek' lokomotif baru yang akan berdinas di pulau Jawa. Di jalur ini tidak ada kata istirahat bagi kereta yang sedang melaluinya (kecuali kalo berhenti di stasiun) karena sejak dari Stasiun Ciawi kereta api akan melalui Tanjakan terjal sampai Stasiun Cipeundeuy,kemudian turunan curam akan menghadang dari Stasiun Cipeundeuy sampai Stasiun Cibatu. Kemudian menanjak lagi sampai Stasiun Nagreg (Stasiun tertinggi di Indonesia yang masih aktif) dan akhrinya meluncur di turunan yang tak kalah curam sampai Stasiun Cicalengka. Kebayangkan sensasi ekstrimnya jalur ini ? Dari Tasikmalaya sampai Bandung masinis harus waspada salah sedikit kereta akan terguling dan masuk ke jurang atau menghantam punggung gunung Jika hujan sedang turun dapat dipastikan semua kereta yang lewat akan mengalami selip atau bahkan mogok

Quote:Buat yang penasaran dengan jalurnya bisa lihat video dari Om Bagus Widyanto ini






Spoiler for Urutan ke - 5:
Indarung - Bukit Putus (26,5 permil) Divre 2 Sumbar
Pict : Istimewa
Jika saja benar tahun 2017 jalur ini kembali diaktifkan,maka jalur inilah yang akan memegang rekor jalur kereta api non gerigi terekstrim di Indonesia mengalahkan Indarung - Bukit Putus. Jalur ekstrim yang menghubungkan 2 stasiun dengan jarak hanya 12 km namun memiliki tanjakan yang sangat terjal. Di jalur ini sering terjadi lokomotif selip bahkan mogok karena tidak kuat menanjak. Maklum,selain terjal,di ujung tanjakannya juga terdapat tikungan yang sangat tajam sehingga masinis kadang bingung antara harus mengurangi throttle atau menambahnya sehingga keputusan yang telat dapat mengakibatkan lokomotif selip atau mogok. Jalur legendaris ini adalah jalur kereta yang pertama kali menghubungkan Jakarta dengan Bandung.




<div class="spoiler">Spoiler for Urutan ke - 3:
<div id="bbcode_spoiler_content" style="margin: 0px; padding: 6px; border: 1px solid #CCC;background: #EEE;color:#000;"><div class="content_spoiler_5710582d64d00" id="bbcode_inside_spoiler" style="display: none;background: #EEE;">
Jambu - Bedono (40 - 65 permil) Daop 4 Semarang
<span style="display:block; text-align:center;">
Pict : Bapak Nova Prima
Siapkan sabuk pengaman anda kapten,saatnya kita ber-roller coaster ria

Akhirnya,inilah jalur kereta api paling ekstrim di Indonesia. Jalur yang terdapat di Divisi Regional 2 Sumatra Barat ini membelah kesejukan Lembah Anai Jalur ini sekarang sedang non aktif semenjak gempa Padang tahun 2009 silam. Untuk melibas jalur ini PT. Kereta Api mengoperasikan lokomotif khusus seri BB 204,salah satu lokomotif tercanggih dan termahal di Indonesia (ya iyalah wong bikinan Mercedes Benz ). Pernah ada kejadian dimana ada kereta yang gagal melakukan pengereman sehingga kereta api tersebut keluar rel dan masuk ke jurang Lembah Anai.

Sponsored Links
Space available
Post Reply




Switch to Mobile Mode

no new posts