FAQ |
Calendar |
![]() |
|
Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini. |
![]() |
|
Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() Selamat datang di Thread ane gan ![]() Spoiler for Hot Thread: ![]() Selamat siang agan - agan, di jumat berkah kali ini ane dapet inspirasi kembali, masih di seputar tema kereta api yang pasti gan hehe ![]() langsung cek dibawah aja ya gan, langsung shift + X aja gan ![]() Quote:PK/Pusat kendali, bahasa Inggrisnya Operational Control/OC, Tugas dari PK adalah memonitoring pergerakan kereta api dalam wilayahnya, dalam keadaan luar biasa, PK bisa memberikan masukan kepada PPKA (Pemimpin Perjalanan Kereta Api) untuk pengaturan perjalanan kereta api (perka) untuk kelancaran, dan perintah yang diberikan oleh PK di catat oleh PPKA. Di samping itu PK juga menjadi mediator antara Masinis dengan PPKA dalam komunikasi yaitu jika terjadi rintang jalan (rinja), gangguan persignalan, batas kecepatan / taspat, perjalanan sepur salah, atau jika masinis mengalami permasalahan terhadap lokomotif atau rangkaianya yang mengakibatkan rinja pada petak jalan. PK juga bertugas membuat grafik perjalanan sebuah kereta, dimulai dari awal kereta tersebut hingga keluar dari wilayah pemantauanya, dan itu menjadi dasar untuk pembuatan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api), untuk DAOP I, letak PK ada di Manggarai dekat dengan stasiun ada bangunan berlantai 4, dan wilayah kerjanya di bagi menjadi PK Selatan, PK Barat, PK Timur dan PK Jabotabek. Komunikasi dari PK sebagai mediator dan pengatur kepada PPKA dan Masinis sangatlah penting, dalam hal ini, PPKA dan Masinis harus mematuhi semua peraturan dan himbauan dari PK, semua semboyan tidak boleh dilanggar, jika tidak mentaatinya, keselamatan penumpang bisa terancam. Selain itu, bukan hanya PPKA yang mengatur wesel, namun PK juga andil dalam hal ini, contohnya seperti di stasiun besar seperti Manggarai, Tanah Abang, Jakarta Kota, dan Jatinegara yang wilayahnya sudah mengalami sistem sinyal blok.</div></div></div> Spoiler for PK - OC: Ini adalah wilayah pantauan PK - OC Manggarai untuk wilayah Daop 1 Jakarta, terbentang dari Merak hingga Cikampek, dan meluas hingga Sukabumi, cukup luas kan gan? Spoiler for PK - OC: ![]() Di dalam kabin KRL pun juga tersedia TOKA untuk penunjang komunikasi dengan PK, PK pun berhak untuk menghimbau masinis yang melanggar semboyan, melanggar sinyal, atau pun melanggar batas kecepatan, beberapa waktu lalu salah satu masinis KRL rute Bekasi - Jakarta kota melanggar sinyal blok di daerah Cipinang, saat itu juga PK langsung menindak dan mengganti masinis tersebut. Masinis yang melanggar akan diberikan sanksi yang berat, karna melanggar 1 sinyal saja bisa mengalami tubrukan KA dan mengancam keselamatan penumpang. Spoiler for PK - OC: Agan sekalian pernah mengalami gangguan atau antrian sinyal saat naik Kereta Api/Commuter Line? jaringan PK bisa terganggu saat hujan lebat, tersambar petir, atau pun sinyal blank error. Saat terjadi hal seperti itu dampaknya membuat perjalanan terganggu, kereta tidak bisa di berangkatkan karna tidak aman. Biasanya saat gangguan sinyal, PK akan me-restart ulang program dan sistemnya, biasanya memakan waktu 2 hingga 5 menit, namun untuk waktu seperti itu jika dilintas manggarai dan jalur layang Cikini - Jayakarta lumayan terasa lama. Spoiler for PK - OC: ![]() ini foto ruangan pusat kendali gardu LAA gan. kebetulan ane kerja di bagian LAA ![]() nanti deh kapan2 ane bikin thread tentang PK OC gardu LAA hehe </div></div></div> |
![]() |
|
|