Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > HOBI > Mobil & Motor

Mobil & Motor Diskusi antar pemilik mobil dan motor. Sharing tips dari mulai spareparts,kerusakan, hingga bengkel terbaik bisa didapat disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 18th February 2016
Gusnan's Avatar
Gusnan Gusnan is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2013
Posts: 27,623
Rep Power: 49
Gusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyak
Default Begini nih Cara Penggunaan Mobil Matic yang Benar Supaya Mobilmu Nggak Cepet 'Hancur'



Naik mobil matic tuh emang nyantai banget. Tinggal ganti posisi tuas transmisi aja, nggak perlu ribet injak kopling sambil lepas gas perlahan-lahan kayak mobil manual.

Eits, jangan salah. Pergantian gear/tuas transmisi matic yang keliru bisa menyebabkan gearbox mobil kesayanganmu cepat rusak. Dan harga gearbox itu mahal banget loh!

Nah supaya mobilmu bisa lebih awet dan tahan lama, langsung simak yang berikut ini yuk!

Jangan sekali-kali pindah ke gear "P" saat berhenti di lampu merah atau berhenti sesaat!

Cara yang benar saat berhenti di lampu merah adalah:

  1. Injak rem kaki
  2. Masuk ke gear N (tanpa menekan tombol pada gear, kalau ada. Cukup dorong tuas transmisi aja).
  3. Tarik rem tangan.
  4. Lepas rem kaki.
Saat akan mulai jalan:
  1. Injak rem.
  2. Masuk ke gear "D" (tanpa menekan tombol gear. tarik aja)
  3. Lepas rem tangan.
  4. Lepas rem kaki.
  5. Injak gas.
Penggunaan tombol pada tuas transmisi:


Tekan tombol saat pergantian:
  • P > R
  • R > P
  • R > N
  • N > R
  • D > L/D2
  • L/D2 > D
Jangan pernah menekan antara:
  • N > D
  • D > N
  • D > D3
  • D3 > D
Kenapa nggak boleh?


Untuk menghindari lonjakan transmisi. Kalo terlonjak, gearbox mobilmu bisa rusak. Misalnya dari gear D, kamu pengin menggantinya ke N. Kalo kamu nggak nekan tombol transmisi, kamu nggak bakal bisa mendorong lebih sebab gear tersekat di N. Tetapi kalo kamu tekan tombol transmisi, kamu bisa mendorong gear terus ke R.
Contohnya, sewaktu akan menghentikan mobil, kamu mendorong tuas transmisi ke gear N dari gear D. Karena kamu menekan tombol gear, kemungkinan tuas terdorong ke gear R akan lebih tinggi. Kalo mobil belum berhenti sepenuhnya, gearbox bisa rusak, akibat perpindahan tiba-tiba dari D ke R secara tak sengaja.
Berikut adalah susunan gear untuk gearbox mobil matic (NB: Susunan gear untuk tiap mobil matic berbeda-beda. Pastikan kamu selalu mengecek buku panduannya)


  • P - Parking, digunakan untuk memberhentikan mobil. Gear akan disekat. Jadi mobil nggak akan bergerak meski rem tangan nggak ditarik.
  • R - Reverse, untuk mundur.
  • N - Neutral, jika dalam posisi menunggu lampu merah atau terjebak macet, alihkan ke gear Neutral. bukan Parking. jika dirasa perlu, nggak perlu menekan tombol gear ketika mengubah posisi dari D ke N.
  • D - Drive, perpindahan secara otomatis dengan gear 1, 2 ,3, 4, dan seterusnya. Tombol gear akan menyekat untuk masuk ke gear 4. gear yang akan digunakan hanya 1,2 dan 3.
  • 3 - Setengah mobil matic tidak mempunyai overdrive namun mempunyai susunan gear 3 untuk menurunkan gear dari 4 ke 3.
  • 2 - Berfungsi membatasi sistem gearbox ke gear 2 dan nggak akan masuk ke gear selanjutnya. Dan akan berpindah ke gear 1 jika diperlukan.
  • L - Low gear, yaitu gear pertama.


Nah uda paham kan gimana cara yang bener? Masih banyak pemilik kendaraan matic yang belum tahu tentang hal ini loh, sehingga mereka bakal sering keluar uang banyak untuk mengganti gearbox yang harganya emang mahal banget..

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 09:16 PM.


no new posts