Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > Lounge

Lounge Berita atau artikel yang unik, aneh, dan menambah wawasan semuanya ada disini dan bisa dishare disini.

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 28th January 2016
Gusnan's Avatar
Gusnan Gusnan is offline
Moderator
 
Join Date: Jun 2013
Posts: 27,623
Rep Power: 49
Gusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyakGusnan memiliki kawan yg banyak
Default Mengapa Jendela Pesawat Bentuknya Selalu Bulat? Ini Alasannya!


Ada yang pernah merhatiin jendela pesawat?
Kayaknya hampir nggak ada deh.

Tapi kalo pun ada yang merhatiin, pernah nggak kepikiran kenapa jendela pesawat itu bentuknya bulat? Apa itu cuma pilihan desain atau sekedar selera maskapai, atau ada penjelasan ilmiah di dalamnya?

Yup. Mengganti bentuk jendela pesawat dari kotak menjadi bulat adalah salah satu inovasi penting dunia penerbangan komersial, sama seperti lubang kecil yang ada di bagian bawah jendela pesawat.


Desain jendela yang bulat rupanya bisa mengurangi turbulensi atau guncangan ketika berada di atmosfer yang lebih rendah. Selain itu, desain jendela juga bisa lebih menghemat bahan bakar.
Ketika pesawat terbang semakin tinggi, akan ada perbedaan tekanan di bagian dalam dan luar. Dengan alasan inilah jendela berperan penting. Pada jendela yang sempurna bulat, tekanan akan mengalir melalui material, dan sedikit terganggu oleh adanya jendela. Jika jendela besawat berbentuk persegi panjang, maka tekanan akan bertumpu pada sudut-sudut jendela. Akibatnya, kaca jendela bisa retak.

Awalnya, pesawat memiliki jendela berbentuk persegi panjang, sama seperti jendela rumah kita.

Namun, terjadi banyak sekali kecelakaan saat pesawat sedang terbang. Kecelakaan yang terkenal adalah yang terjadi pada pesawat de Havilland DH.106 Comet 1 dengan nomor penerbangan 781 milik British Overseas Airways Corporation. Pesawat tersebut meledak di atas laut Mediterania tanggal 10 Januari 1954. Semua penumpang pesawat meninggal. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa disain jendela yang berbentuk segiempat sebagai penyebab terjadinya kecelakaan. Sejak saat itulah, model jendela pesawat terbang diganti menjadi bulat oval.



Pesawat de Havilland DH.106 Comet 1 dengan nomor penerbangan 781 milik British Overseas Airways Corporation.

Kalau jendela berbentuk oval, tekanan pada ketinggian bisa dibagi secara rata dan seimbang. Semua pesawat masa depan didesain dengan jendela bulat untuk merekayasa tekanan internal dan ekstrernal. Prinsip yang sama juga berlaku untuk pintu kabin.
<br><p><br></p>
Itulah tadi alasan kenapa jendela pesawat menggunakan disain bulat, bukan segiempat. Semoga hal ini dapat menambah wawasan kalian mengenai dunia penerbangan dan teknologi yang membuat kita semakin aman untuk terbang di udara.

Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 06:58 PM.


no new posts