Ilustrasi mobil Honda Mobilio (Istimewa)
Jakarta - Dijadikannya Honda Mobilio sebagai armada taksi terbaru oleh Blue Bird rupanya cukup memengaruhi penjualan mobil
seken atau bekas berkapasitas tujuh penumpang tersebut. Padahal menurut Senior Manager Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, Mobilio sebetulnya punya potensi besar untuk mengalahkan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di pasar mobil bekas.
"Mobil
seken Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memang yang paling banyak dicari. Pelan-pelan juga mulai disusul Honda Mobilio. Tapi belakangan penjualannya agak turun sedikit setelah dijadikan taksi, sekitar 5-10 persen. Mungkin karena
image-nya ya," ujar Herjanto Kosasih, di Jakarta, Selasa (6/10).
Kondisi serupa menurutnya juga pernah terjadi saat Toyota Alphard dijadikan taksi premium. Namun bila berkaca dari pengalaman saat menjual Alphard
seken, Herjanto yakin penurunan penjualan Honda Mobilio
seken tidak akan berlangsung lama.
"Waktu Alphard dijadikan taksi, penjualan mobil
seken-nya juga turun. Tapi itu hanya di awal-awalnya saja, setelah itu (penjualannya) normal kembali. Untuk Mobillo, saya yakin akan seperti itu juga. Kalau memang bagus, pasti akan dicari konsumen," kata Herjanto.