Ceriwis  

Go Back   Ceriwis > DISKUSI > News > Nasional

Nasional Berita dalam negeri, informasi terupdate bisa kamu temukan disini

Reply
 
Thread Tools
  #1  
Old 7th June 2011
j3ndiel's Avatar
j3ndiel j3ndiel is offline
Enthusiast
 
Join Date: Jul 2010
Location: PIC & LEV #55
Posts: 2,382
Rep Power: 32
j3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important person
Default Demi On Time Performance, YLKI Dorong Kemenhub Tinjau Ulang Rute Lion

Demi On Time Performance, YLKI Dorong Kemenhub Tinjau Ulang Rute Lion




Quote:
Quote:
Jakarta - Beberapa hari terakhir banyak calon penumpang Lion Air yang mengeluhkan lamanya penundaan penerbangan. Bahkan mereka terpaksa 'menyandera' petugas maskapai. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun mendorong Kemenhub meninjau ulang rute Lion Air.

"Untuk menjaga on time performance, Kemenhub bisa memanggil Lion Air dan meminta penjelasan, bahkan mereview rute-rutenya. Kita duga jumlah rute Lion tidak sebanding dengan jumlah pesawat. Umumnya delayed terjadi pada sore dan malam hari kan, jadi saya kira review ulang bisa dilakukan," ujar pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo kepada detikcom, Selasa (7/6/2011).

Dia menambahkan, konsumen yang mengeluhkan keterlambatan pesawat Lion Air sudah banyak. YLKI tidak mentolerir kekerasan yang dilakukan calon penumpang karena kesal. Namun pihak maskapai harus menyadari, tidak adanya informasi yang memadai akan menjengkelkan konsumen.

"Ke depannya agar kasus seperti ini tak terulang, maka konsumen diberikan hak mendapat informasi, diberi kompensasi jika delayed karena masalah internal dan Kemenhub mereview ulang," tambah Daryatmo.

Sebelumnya, penumpang JT 770 rute Jakarta-Manado mengaku dibiarkan menginap selama 5 jam di ruang tunggu Bandara Hasanuddin, Makassar, pasa Sabtu (4/6) tengah malam hingga Minggu dini hari selama 5 jam.

Calon penumpang JT 095 rute Pekanbaru-Jakarta juga mengaku ditelantarkan pada Minggu (5/6). Pesawat yang seharusnya berangkat pukul 18.15 WIB, namun hingga 23.30 WIB tak kunjung terbang. Penumpang pun mengamuk dan hampir 'membajak' pesawat. Akhirnya para calon penumpang diterbangkan pukul 02.30 WIB.

Penumpang Lion Air tujuan Jakarta-Palu juga merasa berang. Menurut salah satu penumpang, Sam Purnama, seharusnya pesawat berangkat pada Minggu (5/6) pukul 17.00 WIB. Namun hingga pukul 22.00 WIB tak ada kepastian.

Akhirnya, para penumpang protes. Dua pilot pesawat dan empat kru yang melintas di bandara mereka 'sandera' pada Minggu malam. Drama 'penyanderaan' berakhir pada pukul 02.00 WIB. Para penumpang menuju Palu pun kini diterbangkan menggunakan pesawat Sriwijaya Air.

Peristiwa serupa terjadi lagi pada Senin (6/6) malam. Pesawat JT 564 rute Jakarta-Yogya yang seharusnya berangkat pukul 18.00 WIB baru diberangkatkan sekitar 22.30 WIB. Penumpang kesal karena tidak ada penjelasan dari maskapai dan tidak ada petugas di ruang boarding. Seorang petugas Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta 'disandera' sejumlah penumpang.

Pihak Lion Air mengklaim keterlambatan sejumlah penerbangan karena ketidaksinkronan sistem pengaturan kru. Namun perbaikan telah dilakukan. Lion Air melalui Direktur Umumnya, Edward Sirait, menyatakan tidak bermaksud menelantarkan penumpang.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti Singayudha Gumay menyatakan, kalau terbukti menelantarkan penumpang, Lion Air akan ditegur. Dirjen Perhubungan akan melakukan evaluasi jadwal penerbangan Lion Air yang disesuaikan dengan kemampuan maskapai yang bersangkutan. Selain itu akan dilihat juga keterkaitan jadwal penerbangan dengan jumlah kru yang dimiliki.



Spoiler for Sumber:
Sumber berita:Sumber




Reply With Quote
  #2  
Old 7th June 2011
j3ndiel's Avatar
j3ndiel j3ndiel is offline
Enthusiast
 
Join Date: Jul 2010
Location: PIC & LEV #55
Posts: 2,382
Rep Power: 32
j3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important personj3ndiel is very very important person
Default

YLKI nya fair juga dong...Operator penerbangan adalah konsumennya AP dan Kemenhub...gimana rute ga simpang siur kalo fasilitas bandara Indonesia masih mentok...dengan adanya kasus delay ini seharusnya semuanya yang bertanggung jawab...

Pemerintah urusin fasilitas penunjang yang ada...benahin dan upgrade sejalan dengan pertumbuhan airline yang cepat di Indonesia,

Operatornya juga berbenah dalam pelayanan terhadap masayrakat...baru deh hasilnya jempol....
Reply With Quote
Reply


Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


 


All times are GMT +7. The time now is 12:48 AM.


no new posts