|
Post Reply |
Tweet | Thread Tools |
#1
|
||||
|
||||
![]() ![]() Bagi para komandan dan miss sekalian yang sudah pada kerja mungkin tidak asing lagi dengan kata "Job Description" .. tapi bagi ndan - ndan belum kerja atau bahkan yg masih sekolah istilah "job Description" ini mungkin agak asing .. ini ane coba memberikan sedikit penjelasan secara gampangnya (secara susahnya ane juga ndak tau soalnya ![]()
Quote:
Arti istilah Job description dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :
![]() ![]() ![]() Deskripsi tugas. Rincian yang menunjukkan posisi, tanggung jawab, wewenang, fungsi dan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh seorang personil di dalam suatu organisasi. Deskripsi tugas ini perlu dibuat supaya masing-masing personil mengerti kedudukannya di dalam organisasi / perusahaan nah .. udah mulai paham khan ndan and miss sekalian yg ane maksudkan .. ![]() jadi di dalam thread ۩۞۩ Kumpulan Job Description ۩۞۩ ini ane bermaksud membantu menjelaskan semua Job Descriptions dari semua posisi kerja (rencananya sih gitu ..) yang ada di Dunia Kerja saat ini, dengan Tujuan dan Niat semoga dapat membantu ndan dan miss yg perlu tahu tentang Job Description kerjaannya ataupun untuk ndan dan miss yang sedang mencari kerja yang sesuai dengan minat dan bakatnya .. ![]() Job Description yang ada di dalam thread ini adalah kumpulan dari berbagai macam literatur dunia HRD yang ane dapat temui .. sehingga untuk sumber - sumberrnya ane akan tulis langsung di thread awal ini langsung ya .. sehingga replyan tiap job descnya tidak lagi mencantumkan sumber ![]() Silahkan Komandan dan Miss melihat, menambahkan, mengomentari, atau mengkritik jika ada kesalahan .. T E R I M A K A S I H Referensi : - portal HR - total orid - indosdm Terkait:
__________________
![]() Last edited by blue paradise; 17th July 2010 at 09:38 AM. Reason: update referensi |
#2
|
||||
|
||||
![]() Account Executive IDENTITAS JABATAN Nama Jabatan : Account Executive Departemen : Sales & Marketing Atasan langsung : Account Supervisor TUJUAN JABATAN Mengembangkan business key account dan membina hubungan kerja secara rutin dengan store, buyer dan supervisor lapangan guna mencapai target penjualan yang telah ditentukan melalui monitoring penjualan dan program promosi yang telah direncanakan perusahaan. TANGGUNG JAWAB UTAMA 1. Memonitor aktifitas sales, untuk memastikan implementasi program berjalan berjalan sesuai rencana. 2. Mengupdate account profile, uintuk mengetahui profil yang di cover per tahun, sebagai informasi data. 3. Membuat sales plan dan pelaksanaannya untuk program penunjang penjualan 4. Membuat rencana program promosi, beserta implementasi dan evaluasi, untuk menunjang penjualan. 5. Membuat laporan harian dan bulanan yang berkaitan dengan penjualan (sesuai SOP) 6. Implementasi dan monitoring program promosi beserta pemasangan materi promosi, agar sesuai dengan program promosi. INDIKATOR HASIL KERJA 1. Target Penjualan / Sales Target 2. Jumlah Account 3. Efektivitas implementasi Program promosi 4. Ketepatan waktu pemberian Laporan harian & bulanan SPESIFIKASI JABATAN Latar belakang pendidikan dan pengalaman : Pendidikan minimal D3, pengalaman minimal 1 tahun (dalam bidang penjualan / sales) Keahlian dan pengetahuan :
STRUKTUR ORGANISASI ![]()
__________________
![]() Last edited by blue paradise; 17th July 2010 at 10:07 AM. |
#3
|
||||
|
||||
![]() Cashier IDENTITAS JABATAN Nama Jabatan : Payroll & Tax Staff Departemen : Finance Atasan langsung : Finance Supervisor TUJUAN JABATAN Melakukan pembayaran, penerimaan dana, verifikasi dokumen dan transaksi, pengurusan garansi dan referensi Bank, dan penyiapan dana untuk memastikan semua transaksi dilakukan sesuai dengan prosedur perusahaan dan memperlancar kegiatan operasional perusahaan. TANGGUNG JAWAB UTAMA 1. Melakukan verifikasi dan cross check dana yang disetor dan diterima dengan dokumen pendukung, untuk memastikan keakuratan dan kebenaran data. 2. Melakukan pembayaran kepada supplier, vendor dan pihak ketiga dan melakukan penerimaan dari customer (dalam bentuk cash) untuk memastikan semua transaksi berjalan dengan benar. 3. Melaksanakan pendistribusian dana sesuai dengan administrasi pendukung lainnya untuk pembayaran pajak, logistik, HRD & GA. 4. Melakukan pengurusan garansi & referensi Bank untuk mendukung keperluan dana perusahaan. INDIKATOR HASIL KERJA 1. Tingkat akurasi pembayaran dan penerimaan kas 2. Tingkat kelengkapan dokumen SPESIFIKASI JABATAN Latar belakang pendidikan dan pengalaman : D1 jurusan Akuntansi dengan pengalaman 2 tahun Keahlian dan pengetahuan : Komputer : Excel, Word, SAP STRUKTUR ORGANISASI ![]()
__________________
![]() |
#4
|
||||
|
||||
![]() IT Support Officer IDENTITAS JABATAN Nama Jabatan : IT Support Officer Departemen : IT Atasan langsung : IT Manager TUJUAN JABATAN Provide support and development in IT and communication areas, to ensure all IT systems and communications (hardware and software) are working properly in supporting Company�s operations. TANGGUNG JAWAB UTAMA 1. Monitor IT infrastructure support (hardware and equipment), including preventive maintenance (anti virus protection, warranty renewal), trouble shooting (PCs and LAN), servers and communication lines (PABX), in order to ensure IT infrastructures in all offices are working properly and effectively. 2. Monitor IT system support, including software installation, maintenance (licensed renewal) and trouble shooting, in order to ensure systems in all offices are working properly and effectively. 3. Monitor support on user management, filing and data management (user ID�s and passwords, data backup and protection), in order to ensure all systems and data are working within security standards. 4. Develop and maintain continuous relationship with hardware and software maintenance vendors, in order to ensure reliable supports in case of IT problems and maintenance. 5. Provide internal coaching, mentoring and training to all related users in Company regarding IT related matters, in order to ensure the transfer of IT knowledge to all users. INDIKATOR HASIL KERJA 1. Tingkat kepuasan pengguna (user) 2. Response time 3. Tingkat downtime SPESIFIKASI JABATAN Latar belakang pendidikan dan pengalaman :
STRUKTUR ORGANISASI ![]()
__________________
![]() |
#5
|
||||
|
||||
![]() Purchasing Staff IDENTITAS JABATAN Nama Jabatan : Purchasing Staff Departemen : Purchasing Atasan langsung : Purchasing Supervisor TUJUAN JABATAN Melakukan proses pembelian barang agar tersedianya barang sesuai dengan permintaan kebutuhan setiap departemen, agar operasional perusahaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan TANGGUNG JAWAB UTAMA 1. Membuat dan mencetak PO (Purchase Order) dan mengirimkannya ke Vendor, agar proses pembelian dapat berjalan dengan baik sesuai jadwal dan spesifikasi yang diinginkan. 2. Melakukan input biaya- biaya yang timbul untuk pengiriman barang yang dibebankan kepada penerima barang 3. Membuat laporan bulanan untuk pembelian dan outstanding PO, untuk menjadi bahan informasi bagi atasan dalam pengambilan keputusan. 4. Melakukan pengiriman sample, barang dagangan & document ke customer 5. Melakukan pembelian alat- alat , barang, seperti office supplies, agar tersedia sesuai dengan yang dibutuhkan oleh setiap departemen INDIKATOR HASIL KERJA 1. Cycle time dan ketepatan Purchase Order (PO) 2. Variance dan efisiensi biaya 3. Ketepatan penyampaian Laporan 4. Cycle time dan ketepatan Delivery Order (DO) 5. Ketersediaan Barang- barang/ alat-alat kebutuhan SPESIFIKASI JABATAN Latar belakang pendidikan dan pengalaman : D3 - semua jurusan, minimal pengalaman 1 tahun pada bidang yang sama Keahlian dan pengetahuan : Komputer (Excel, Word) STRUKTUR ORGANISASI ![]()
__________________
![]() |
#6
|
||||
|
||||
![]() Account Receivable Staff IDENTITAS JABATAN Nama Jabatan : Account Receivable Staff Departemen : Accounting Atasan langsung : Accounting Supervisor TUJUAN JABATAN Bertanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh dokumentasi yang berhubungan dengan Account Receivable yang mencakup, sales invoice, sales journal, AR journal, outstanding balance, AR aging report dan AR reconciliation untuk memastikan bahwa seluruh dokumen tersebut dilaporkan dengan akurat dan tepat waktu. TANGGUNG JAWAB UTAMA 1. Mempersiapkan sales invoice untuk penjualan kas dan kredit untuk memastikan bahwa sales invoice dibuat dengan benar dan sesuai dengan ketetapan yang ada. 2. Mempersiapkan sales journal dan AR collection journal untuk memberikan informasi yang akurat tentang sales dan outstanding AR pada periode tertentu, serta melakukan tindak lanjut terhadap pelanggan yang masih memiliki outstanding AR. 3. Menyiapkan daily outstanding balance (DO) untuk memberikan informasi yang akurat kepada manajemen mengenai posisi outstanding DO harian 4. Membuat AR Aging Report dan AR Reconciliation bulanan untuk konfirmasi dan pemeriksaan kesesuaiannya dengan laporan keuangan. 5. Mempersiapkan jurnal penjualan untuk mencatat penjualan bulanan INDIKATOR HASIL KERJA 1. Tingkat Outstanding AR 2. Tingkat Bad Debt 3. Akurasi data 4. Ketepatan waktu pemberian report/laporan SPESIFIKASI JABATAN Latar belakang pendidikan dan pengalaman : Minimal D3 jurusan Akuntansi dengan pengalaman minimal 2 tahun di posisi yang sama Keahlian dan pengetahuan : Dapat menggunakan computer (Microsoft Office dan Access). STRUKTUR ORGANISASI ![]()
__________________
![]() |
#7
|
||||
|
||||
![]() Recruitment Staff IDENTITAS JABATAN Nama Jabatan : Recruitment Staff Departemen : Human Resources Atasan langsung : Recruitment Supervisor TUJUAN JABATAN Melakukan pelaksanaan proses perekrutan pegawai dan penempatannya diperusahaan, sehingga mendapatkan pegawai dangan keahlian, kemampuan & kompetensi yang tepat agar bisnis perusahaan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan. TANGGUNG JAWAB UTAMA 1. Mengumpulkan rencana permintaan karyawan setiap tahun dan membuat status data karyawan dan turnover setiap bulan dari masing-masing divisi. 2. Memasang iklan lowongan kerja, melakukan sortir lamaran, melakukan tes psikologi dan interview awal untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai. 3. Merekomendasikan kandidat berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal, serta mengatur jadwal interview lanjutan (user, hrd, presdir), agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik sesuai rencana. 4. Menyiapkan semua dokumen administrasi dan dokumen fasilitas kantor (computer, tempat duduk, telepon, dll) yang dibutuhkan agar proses rekrutmen dapat berjalan dengan baik. 5. Menyiapkan perjanjian kerja dan kontrak kerja karyawan serta mengupdate masa berlakunya kontrak kerja 6. Menginput data karyawan ke SAP agar semua terdata dengan baik INDIKATOR HASIL KERJA 1. Keakuratan data kebutuhan karyawan setiap departemen 2. Jumlah kandidat dalam database 3. Cycle time penyediaan karyawan 4. Tingkat kelengkapan data SPESIFIKASI JABATAN Latar belakang pendidikan dan pengalaman :
STRUKTUR ORGANISASI ![]()
__________________
![]() |
#8
|
||||
|
||||
![]()
wow.., amazing..,
info ente sgt membantu ndan ![]() |
Sponsored Links | |
Space available |
Post Reply |
|