Sepintas, tak ada yang istimewa dari motor NSU Bison 2000 ini kecuali tampangnya yang buluk. Meski begitu, jangan anggap remeh. Karena motor ini memiliki kapasitas mesin bervolume 2000cc. Dan diklaim sebagai motor bersilinder tunggal dengan kapasitas mesin terbesar di dunia. Mantab kan! (mantap gan

)
Proyek gila ini dikerjakan oleh Fritz Langer yang ingin membuat motor silinder tunggal dengan kapasitas raksasa. Uniknya, Fritz membangun NSU Bison 2000cc ini dengan basis motor NSU Konsul buatan tahun 50-an. (asli

tuh orang)
Modifikasi mesin yang dilakukan Fritz cukup ekstrim, yakni dengan mengganti silinder blok dan piston original NSU Konsul yang standarnya hanya berkapasitas 500cc dengan mesin pesawat radial berkapasitas 2000cc. Sayangnya, besarnya tenaga yang dihasilkan motor ini masih belum diketahui. (yang pasti bisa ngasepin Mio bore-up

)
Salah satu kendala yang dihadapi dalam membangun motor ini adalah bobot piston yang cukup berat yakni, 3,3 kg. Fritz pun mengakalinya dengan memakai piston Mahle yang bobotnya lebih ringan, hanya 1,6 kg. Belum lagi masalah pendinginan karena mesin ini masih menggunakan pendingin udara. Solusinya, kisi-kisi udara mesin ini diperlebar. (dijamin gosong tuh kaki klo motornya lagi dibawa jalan

)
Sayangnya faktor kenyamanan sama sekali tidak diperhatikan pada motor ini. Selain bersasis rigid dan suspensi depan springer yang membuat badan pegal. Apalagi Fritz pun tidak membuat peredam getaran mesin pada motor ini. Jangankan 2000cc, motor 500cc satu silinder pun sudah memiliki getaran cukup besar. (Motor kan bukan vibratorrrr....

)
Suara motor ini dijamin akan memekakan telinga karena knalpot berbahan stainless steel berdiameter 3 inci ini tidak dilengkapi peredam suara. Belum lagi, dibutuhkan tenaga ekstra untuk menghidupkan mesin ini, karena NSU Bison 2000 hanya menggunakan kick starter. (ntar klo kena tendangan balik mesinnya bisa2 mental yang ngengkolnya

)
Anda berani mencoba??
(ane mah ngeliat dari jauh aja ahh... __________

)
Disadur dari: otomotifnet.com